Sponsors Link

Pengertian Penyakit Paru-paru dan Gejalanya yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Selain jantung dan otak, manusia juga memiliki organ vital lainnya yaitu paru-paru. Bagaimana tidak, oksigen yang kita hirup setiap harinya diproses di dalam paru-paru untuk kemudian disebarkan ke seluruh tubuh guna mendukung kinerja tubuh dengan baik.

ads

Kalian pasti sudah paham bukan jika keberadaan paru-paru di dalam tubuh mengalami gangguan atau kelainan. Lalu bagaimana bisa paru-paru mengalami gangguan atau kelainan. Sebelumnya mari kita cari tahu pengertian penyakit paru-paru terlebih dahulu.

Penyakit paru-paru sendiri merupakan salah satu keadaan di mana seseorang mengalami gangguan pada sebagian atau keseluruhan organ paru-parunya sehingga menyulitkan penderita bernafas. Tak jarang kesulitan nafas yang dialami oleh penderita sering kali menyebabkannya mengalami ciri-ciri orang sesak nafas dan bahkan kematian. Penyakit paru-paru sendiri umumnya disebabkan karena adanya infeksi virus atau bakteri yang disebabkan karena paparan polusi dan juga gaya hidup tak sehat.

Gejala Penyakit Paru-paru

Kalian sudah tahukan pengertian penyakit paru, sekarang mari simak apa saja gejala penyakit paru. Gejala penyakit paru-paru umumnya sama dengan orang yang menderita ciri-ciri paru-paru tidak sehat. Gejala penyakit paru-paru bisa muncul karena diakibatkan oleh adanya organ atau bagian paru-paru yang mengalami kerusakan sehingga muncul tanda-tanda yang seolah memberitahu bahwa paru-paru tengah mengalami masalah. Berikut ini kami berikan gejala penyakit paru-paru yang umum dirasakan oleh penderita.

  • Sesak nafas
  • Nafas pendek
  • Nyeri pada dada
  • Batuk yang disertai darah atau lendir
  • Penurunan berat badan
  • Cepat lelah
  • Mudah berkeringat

Macam-macam Penyakit Paru-paru

  1. Kanker paru-paru

Apakah kanker paru-paru bisa menular?, mungkin itulah pertanyaan yang sering banyak diajukkan mengingat bahayanya penyakit kanker paru-paru. Kanker paru-paru tidaklah karena kanker paru-paru kebanyakan disebabkan karena kebiasaan merokok si penderita dalam waktu yang cukup lama.

  1. Asma

Asma adalah sebuah gangguan pada saluran pernafasan seseorang yang dikarenakan adanya peradangan yang disertai adanya penyempitan pada saluran pernafasan. Hal inilah yang sering menyebabkan penderita asma mengalami sesak nafas dan juga nafas yang tersengal-sengal.

Adapun beberapa tanda-tanda sesak nafas yaitu rasa nyeri pada dada, batuk-batuk, dan juga mengi. Pada beberapa orang, asma bisa kambuh yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti keturunan ataupun karena lingkungan tempat tinggal yang kurang bersih. Namun kalian tidak perku khawatir karena asma bukan merupakan penyakit menular.

Sponsors Link

  1. Pneumonia

Pengertian penyakit paru basah yaitu salah satu infeksi yang dapat menimbulkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua bagian paru-paru. Penyakit paru basah sendiri dalam kehidupan sehari-hari sering disebut dengan pneumonia dan kondisi ini sangat berbahaya sekali jika tidak segera ditangani karena dapat menyebabkan kematian.

  1. Bronkitis

Orang yang menderita penyakit bronkitis umumnya akan mengalami batuk yang berkepanjangan dalam waktu lama yang disertai dengan adanya penumpukan lendir yang berwarna atau bahkan disertai darah. Pada orang yang mengalami komplikasi bronkitis, gejala yang dirasakan bukan hanya saja berupa batuk yang disertai lendir, namun juga disertai gejala demam, sesak nafas dan dada yang sakit.

Dari informasi di atas kalian sudah tahu bukan pengertian penyakit paru-paru dan juga gejala beserta macam-macam penyakit paru. Sebenarnya penyakit itu semua tergantung dari faktor resiko yang mungkin bisa terjadi dan juga gaya hidup kalian. Untuk itu alangkah lebih baik jika kalian senantiasa menjaga kesehatan paru-paru kalian dan juga rutin melakukan check up kesehatan agar mengetahui tingkat kesehatan tubuh kalian.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru