7 Cara Mengobati Infeksi Paru-paru Secara Alami

Pneumonia, Bronkitis, TBC dan penyakit gangguan paru-paru lainnya merupakan dampak dari infeksi paru-paru. Infeksi paru-paru ini merupakan bentuk peradangan yang disebabkan oleh kerusakan yang dilakukan mikroorganisme jahat, seperti jamur, virus, bakteri, parasit dan lain-lain. Infeksi pada paru-paru dapat dialami semua umur terutama yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Pola hidup dan asupan yang buruk juga dapat membuat daya tahan tubuh kurang dan mudah terkena infeksi paru-paru. Infeksi paru-paru dapat berdampak buruk bagi penderita.

Beberapa dari penyakit infeksi paru-paru ini dapat menular. Sehingga perlu diketahui caranya, seperti cara penularan tbc paru, dan hal yang menyebabkan tbc menular pada anak. Oleh sebab itu, penderita maupun yang berada disekitar penderita harus lebih berhati-hati. Pelajari cara mencegahnya, salah satunya cara mencegah pneumonia pada anak karena anak masih lemah kekebalan tubuhnya. Jangan lupa gunakan masker hidung ketika berada dikeramaian, cuci tangan dengan sabun sebelum makan, jangan berbagi alat makan dengan penderita dan lain sebagainya. Sangat tidak nyaman memang hidup dalam kondisi seperti itu.

Namun, selalu ada cara untuk penyembuhannya terutama yang saat ini lebih menjadi pilihan masyarakat karena takut dengan efek negatif obat-obatan kimia terhadap tubuh. Misalnya, cara mengobati tbc secara alami, atau pengobatan pneumonia secara alami dan lain-lain. Ada beberapa Cara Mengobati Infeksi Paru-paru Secara Alami, namun tidak semua dibahas di sini.

1. Mengonsumsi buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Tidak jarang penderita suatu penyakit lebih memilih untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan yang memiliki khasiat melawan penyakit yang dideritanya. Rajin mengonsumsi buah-buahan ini setiap hari akan menjadi salah satu Cara Mengobati Infeksi Paru-paru Secara Alami. Untuk kasus infeksi paru-paru, buah yang cocok untuk dikonsumsi adalah:

• Buah berry, yaitu strawberi, blueberi, raspeberi karena mengandung antioksidan, polifenol antosianin, beta-karoten, zeasastin, dan lutein yang melindungi paru-paru dari radikal bebas dan menjaga fungsi paru-paru.
  • Buah apel dan anggur, mengandung flavonoid, berbagai vitamin dan anti oksidan yang tinggi yang mampu membersihkan virus dan bakteri dari paru-paru.
  • Buah lemon, sangat tinggi mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menjadi anti-inflamasi bagi paru-paru yang terinfeksi.
  1. Mengkonsumsi sayuran

Beberapa sayuran juga dipercaya dapat mengobati infeksi paru-paru, namun mengonsumsinya sebaiknya dengan mengukus atau sacara mentah agar khasiatnya tidak hilang. Beberapa sayuran itu, antara lain:

• Bawang putih, bersifat antibiotik yang dapat membunuh virus di dalam paru-paru.
  • Brokoli, mengandung vitamin C, glukorafanin, kalsium, vitamin K dan senyawa isotiosianat yang dapat membantu menyehatkan kembali paru-paru yang terinfeksi.
  • Kunyit dan jahe, kedua bahan makanan ini memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan imun tubuh dan bersifat antikanker sehingga berkhasiat dalam mengobati infeksi paru-paru.
  1. Minum teh hijau

Teh Hijau sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Teh hijau mengandung sedikit kafein. Namun kaya akan anti oksidan, pelifenol, vitamin C, flavonoid dan lain-lain. Dengan mengonsumsi teh hijau alami setiap harinya akan membantu melawan virus, meningkatkan imunitas tubuh, menyembuhkan infeksi dan mencegah pertumbuhan kanker.

1. Rutin Berolahraga

Berolahraga penting bagi kesehatan tubuh dan meningkatnya daya tahan tubuh dengan membuang racun melalui keringat. Meningkatnya kekebalan tubuh dengan berolahraga dapat mengurangi resiko infeksi paru-paru.

1. Tidak bergadang

Berusaha memenuhi waktu istirahat yang ideal adalah salah satu cara untuk pemulihan suatu penyakit. Terutama menghentikan kebiasaan bergadang yang malah melemahkan kondisi jantung dan imunitas tubuh. Oleh sebab itu, memiliki waktu istirahat yang cukup yaitu 7 jam sehari dapat kembali meningkatkan vitalitas tubuh.

1. Terapi pijat refleksi

Melakukan terapi pijat refleksi merupakan salah satu Cara Mengobati Infeksi Paru-paru Secara Alami karena melalui pijatan, dapat mengatur saraf dan memperbaiki kerjanya sehingga tubuh dapat melawan penyebab infeksi pada tubuh. Rutin memijat titik saraf yang berkaitan dengan saluran pernapasan dapat membantu meringankan infeksi paru-paru. Pijat refleksi ini juga merupakan pertolongan pertama pada asma tanpa obat.

1. Terapi udara

Coba untuk tinggal beberapa waktu di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang bersih dan segar untuk dapat memulihkan kembali kondisi paru-paru Anda. Masuknya udara yang sehat dalam membantu membuang racun yang berada di dalam paru-paru dan menggantinya dengan yang lebih baik.

Cara Mengobati Infeksi Paru-paru Secara Alami di atas dapat dijadikan referensi ketika Anda ingin sembuh tanpa melalui jalan operasi atau pemakaian obat kimia.

, ,
Kategori : Pengobatan