Sponsors Link

5 Cara Pengobatan Efusi Pleura Paling Tepat dan Efektif

Sponsors Link

Pengobatan efusi pleura adalah bentuk tindakan yang dilakukan untuk mengantisipasi berbagai gejala efusi pleura yang dialami penderitanya. Selain untuk mengantisipasi gejalanya, pengobatan juga dilakukan untuk menghentikan penyakit tersebut menyiksa kesehatan anda. Sebelumnya, sudahkah anda tahu apa itu penyakit efusi pleura? Efusi pleura adalah penyakit yang mengakibatkan adanya penumpukan cairan pada jarak di antara lapisan pleura.

ads

Kondisi ini sebenarnya tidak masalah, jika cairan yang dihasilkan tidak terlalu banyak jumlahnya. Pleura pada paru paru adalah sebuah membran yang melapisan dinding dada bagian dalam dengan paru paru. Jadi memang dibutuhkan cairan untuk menjadi pelumas.

Cairan yang ada di lapisan pleura ini akan sangat membantu saat anda bernapas dan paru paru bergerak ke lapisan dalam dada. Gerakannya menjadi lebih ringan dan mudah dilakukan. Namun apapun itu jenisnya, tidak banyak jika ada dalam jumlah yang berlebihan. Begitu juga cairan di pleura ini, tidak baik jika terjadi penumpukkan cairan.

Penumpukan cairan ini akan membuat gangguan dalam sistem pernapasan anda. Gangguan ini dikenal juga sebagai gejala efusi pleura yang harus anda obati. Bagaimana cara mengobatinya? Jika sudah terobati bagaimana pencegahan penyakit paru paru yang satu ini.

Cara Pengobatan Efusi Pleura yang Dapat Dilakukan

Jika anda belum mengetahui bagaimana cara untuk mengobati penyakit efusi pleura ini, maka anda sebaiknya segera menyimak penjelasannya berikut ini. Penting untuk anda tahu bagaimana dan apa saja yang dapat anda lakukan untuk memastikan bahwa penyakit efusi pleura yang diderita dapat ditangani dengan tepat. Berdasarkan beberapa sumber, berikut ini ada 5 cara pengobatan yang perlu anda pelajari.

  1. Teknik Pemasangan Kateter

Seperti diketahui, efusi pleura adalah kondisi di mana ditemukan penumpukan cairan di lapisan antara dada bagian dalam dengan paru-paru. Kondisi ini tentu harus diobati dengan mengurangi penumpukan cairan tersebut. Namun anda tidak bisa mengeluarkan cairan dengan cara-cara sembarangan. Salah satu cara yang dapat anda manfaatkan untuk mengurangi produksi cairan di pleura ini dapat dilakukan dengan pemasangan kateter.

Kateter yang dipasang di dada anda akan menjadi saluran keluarnya cairan berlebih di pleura. Kateter yang dipasang adalah kateter jangka panjang yang diletakkan di ruang pleura. Jadi kelebihan cairan dapat diatasi dengan tepat dan gejala paru paru berair ini dapat diatasi dengan mudah.

  1. Teknik Pemasangan Selang Plastik

Selain menggunakan kateter, upaya untuk mengurangi produksi cairan yang menumpuk di pleura paru adalah dengan melakukan pemasangan selang plastik. Selang plastik ini tidak sembarangan yang anda pilih. Anda harus melakukan pemasangan selang plastik khusus untuk bagian dada anda yang dikenal dengan nama chest tube.

Selang dada ini akan dipasang hingga masuk ke dalam rongga pleura. Apa proses yang perlu anda lalui untuk memasukkan selang ke rongga pleura? Prosesnya dinamakan sebagai torakotomi yang menyebabkan dilakukan pembedahan pada torak anda. Setelah terpasang selang plastik, maka kelebihan cairan dapat dikendalikan.

Sponsors Link

  1. Teknik Pengangkatan Jaringan Tidak Sehat

Waspadai juga jika kondisi efusi pleura anda sudah memasuki tahapan yang lebih parah, hingga menyebabkan dampak kerusakan. Efusi pleura memang dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan-jaringan di sekitarnya. Tentu untuk mengurangi efek dari gejala pleuritis ini selanjutnya anda harus melakukan pengangkatan jaringan. Jaringan yang tidak sehat akan diangkat dengan proses pembedahan bernama torakoskopi.

Bedah ini adalah jenis bedah yang dilakukan tanpa membuka rongga dada seperti pembedahan sebelumnya. Akan dimasukkan alat bedah beserta kamera untuk proses pengangkatan jaringan dilakukan. Namun bisa juga anda memilih beda biasa dengan pembukaan rongga dada (torakotomi) sebagai pilihan lain.

  1. Teknik Penyuntikan Zat Pemicu Iritasi

Agar efusi pleura tidak mengakibatkan kerusakan jaringan yang meluas, anda dapat melakukan penyuntikan zat pemicu iritasi. Penyuntikan ini dilakukan guna mendapatkan reaksi pleura yang tertutup. Apa zat pemicu iritasi yang disuntikan? Ada beberapa jenisnya yang berbeda, yaitu talk, doxycycline, dan bleomycin. Zat tersebut akan disuntikkan ke bagian rongga pleura.

Namun teknik ini dapat dilakukan jika sebelumnya sudah ada selang khusus yang dilakukan pada tahapan sebelumnya. Efek dari dilakukannya teknik ini cukup baik, yaitu jumlah produksi cairan di lapisan pleura akan menurun dan tidak kambuh lagi.

Sponsors Link

  1. Teknik Punksi Pleura

Tahukah anda apa itu punksi pleura sebelumnya? Punksi pleura adalah prosedur yang juga dinamakan sebagai thoracocentesis atau diambilnya cairan dari pleura untuk diperiksa. Cairan yang diambil dengan kata lain dianggap sebagai sampel yang harus diteliti. Cairan tadi akan diperiksa apa yang menjadi penyebab paru paru ada air lalu kemudian dilakukan upaya untuk mengatasi dan menghentikan pemicunya semaksimal mungkin.

Selain mengambil sampel, prosedur ini juga dapat sekaligus menguras cairan pleura dari paru paru. Pengurasan dapat dilakukan sekaligus juga dalam jumlah besar. Jadi jumlah air di lapisan pleura dapat dikurangi untuk mengurangi gejalanya yang membahayakan.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja yang harus anda lakukan untuk pengobatan efusi pleura. Pastikan anda melakukan prosedur yang sesuai dengan kondisi efusi pleura yang anda alami, seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Berdasarkan paparan di atas, tentu kini anda sudah dapat memahami apa yang harus anda lakukan saat sedang menderita efusi pleura. Semoga anda kembali sehat dan tidak lagi menderita efusi pleura di kemudian hari dengan menjaga dan melakukan pencegahan penyebab pleuritis setiap waktunya!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan