Pengobatan Pneumothorax Paling Ampuh dan Aman

Pneumothorax atau dikenal juga kolaps paru paru merupakan penimbunan udara atau gas dalam rongga pleura, dimana rongga terletak diantara selaput melapisi paru paru dan dada. Pengobatan pneumothorax tidak bisa sembarangan, perlu diadakan observasi di rumah sakit dengan beberapa tes laboratorium maupun rontgen, sehingga tepat sasaran bagian yang sakit.

Dalam menjalani pengobatan pneumothorax butuh kesabaran dan perawatan medis hal ini sebagai akibat dari adanya kolaps pada paru paru baik semua maupun sebagian, dimana pengobatan tersebut juga butuh waktu lama dari observasi dilakukan rawat inap rumah sakit sampai penyembuhan rawat jalan dengan obat-obatan maupun mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, sehingga terhindar dari berbagai penyakit khususnya pneumothorax atau penyakit paru paru yang lain.

Pneumothorax merupakan penyakit paru paru yang berbahaya dan menyebabkan kematian, karena dapat menghambat peredaran oksigen melalui darah dari jantung ke seluruh tubuh. Ada beberapa jenis pneumothorax dikelompokkan berdasar penyebabnya yaitu antara lain:

• Pneumothorax spontan

Pecahnya kantung kecil berisi udara dalam paru paru yang disebut bleb atau bulla. Komplikasi dari penyakit paru paru seperti obstruktif menahun, asma, fibrosis kistik, tuberkolosis dan batuk rejon termasuk Pneumothorax spontan sekunder.

• Pneumothorax traumatik

Cedera traumatik pada bagian dada yang diakibatkan oleh luka tusukan, benturan, kecelakaan kendaraan bermotor, bisa menjadi komplikasi pada tindakan medis tertentu.

• Pneumothorax tekanan

Paru paru memperoleh tekanan berlebih hingga kolaps dapat menghalangi pemompaan darah secara efektif melalui jantung yang menyebabkan syok.

Gejala yang dialami penderita pneumothorax bervariasi, tergantung udara yang masuk ke rongga pleura antara lain:

• Nyeri dada secara tiba-tiba hingga terasa nyeri saat bernafas.
  • Sesak nafas.
  • Mudah lelah.
  • Denyut jantung cepat.
  • Warna kulit kebiruan karena kekurangan oksigen.

Gejala lain yang dapat timbul antara lain: hidung kemerahan, cemas, stress, tegang dan tekanan darah rendah. Untuk mengetahui perlu dilakukan pemeriksaan secara fisik dengan stetoskop menunjukkan adanya penurunan suara pernafasan, bisa juga dilihat lewat rontgen bagian dada dan gas darah arteri.

Melalui pemeriksaan tersebut dapat diketahui seberapa parah pneumothorax yang diderita, sehingga dapat dengan cepat dilakukan pengobatan pneumothorax secara efektif.

Dalam menjalani kegiatan setiap hari perlu mengetahui ciri paru paru normal hingga dapat melakukan pencegahan penyakit paru paru. Demi menjaga kesehatan paru paru perlu cara mengecek paru paru sehat yang mudah dilakukan. Apabila dalam rongga paru terdapat kebanyakan udara yang dapat menghambat peredaran darah ke seluruh tubuh menyebabkan terkena pneumothorax.

Pengobatan pneumothorax dapat dilakukan dengan mengeluarkan udara dari rongga pleura sampai paru paru kembali mengembang. Apabila pneumothorax hingga mengganggu pernafasan dilakukan pemasangan selang di sela iga memungkinkan pengeluaran udara dari rongga pleura.

, , , , ,