Sponsors Link

5 Penyebab Asbestosis yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Asbes merupakan suatu jenis mineral yang digunakan beberapa orang untuk pemasangan ubin vinyl dan atap bangunan. Asbes yang dalam kondisi baik belum berbahaya bagi kesehatan tubuh. Namun, ketika sudah mengalami kerusakan, asbes akan mengeluarkan debu halus yang mengandung serat asbes dan sangat rentan terhirup. Selain itu juga ada beberapa tanda-tanda dan gejala asbestosis yang wajib kalian tahu untuk mengetahui penyebab asbestosis itu sendiri berikut ulasannya.

ads

Tanda dan Gejala Asbestosis

berikut adalah beberapa tanda gejala asbestosis yang wajib Anda ketahui, diantaranya :

  • Nyeri bahu atau dada
  • Terjadi pembengkakan pada area wajah dan leher
  • Darah tinggi
  • Adanya darah dalam dahak ketika batuk
  • Sesak nafas tiba tiba
  • Napas mengeluarkan bunyi mengi
  • Dada serasa terikat kencang
  • Selera makan berkurang drastis dan diikuti berat badan menurun
  • Sesak nafas akibat batuk kering yang tidak mau berhenti
  • Badan mudah terasa lelah
  • Kuku jari tangan mulai menggembung seperti tabuh genderang
  • Dalam kondisi yang sudah parah, bentuk kuku menjadi tidak normal atau deformitas kuku

Berbeda dengan gejala radang paru paru, gejala asbestosis ini mulai berdampak pada paru-paru bila sudah terbentuk jaringan parut dalam jumlah banyak dan paru-paru mulai kehilangan elastisitas. Gejala awal ditandai dengan sesak napas ringan bukan seperti sesak nafas karena masuk angin namun seperti sedang terhimpit sesuatu yang berat dan kemampuan gerak tubuh juga mulai berkurang.

Pada kasus perokok berat dengan bronkistis kronis, penyakit asbestosis akan menyebabkan batuk kering tanpa ujung meski sudah minum obat pereda batu sekalipun, atau kata lainnya batuk bengek. Selain itu juga dapat menyebabkan kanker paru – paru bila perokok aktif tersebut dalam satu hari merokok lebih dari satu bungkus.

Meski jarang terjadi dan dijumpai di masyarakat, serat asbes juga mampu menyebabkan tumor pada pleura yang dikenal dalam istilah medis dengan mesotelioma. Meskotelioma ini terjadi setelah terpapar selama 30 hingga 40 tahun. Dimana mesotelioma muncul ketika terpapar krokidolit, salah satu jenis asbes. Dibawah ini adalah pembahasan mengenai  Penyebab Asbestosis yang akan diulas secara lengkap.

Penyebab Asbestosis

Berikut adalah beberapa penyebab dari asbestosis yang harus diwaspadai yakni :

  1. Pekerjaan yang berkaitan dengan pabrik, konstruksi, pertambangan

Mereka yang bekerja pada bidang ini lebih rentan terkena penyakit asbestosis sebab dalam kesehariannya mereka lebih sering menghirup serat asbes halus. Dan seketika itu juga akan menancap pada paru-paru dan mengalami kerusakan secara bertahap hingga terjadinya pembentukan scar atau jaringan parut pada paru-paru. Dimana jaringan parut paru-paru dapat menyebabkan sulit bernafas seperti gejala penyakit asma hal ini menyebabkan paru paru sulit berelaksasi dan berkontraksi  secara normal.

Sponsors Link

2. Terlalu lama terpapar serat asbes

Para pekerja yang bekerja di bidang pabrik asbes, konstruksi dan bangunan serta pertambangan, akan mudah terkena penyakit asbestosis sebab terlalu lama terpapar serat asbes dalam jumlah yang sangat tinggi.

3.  Perusahaan yang tidak mempekerjakan staf khusus kontrol debu serat asbes

Bagi perusahaan besar yang dalam kesehariannya para pekerja berkutat dengan asbes seeperti pertambangan, pabrik asbes, perusahaan di bidang konstruksi dan bangunan, akan lebih baik dan mencegah terjadinya penyakit asbestosis bila mempekerjakan staf khusus bagian controlling. Hal ini dikarenakan tidak semua pekerja mematuhi standar SOP perusahaan seperti memakai masker, baju khusus dan mengganti baju kerja sebelum pulang kerumah.

4. Mengganti baju kerja dengan baju bersih sebelum pulang ke rumah

Hal ini sangat penting sekali diterapkan dan diperhatikan oleh para pekerja yang berkaitan dengan asbes dalam kesehariannya. Mengapa ? Sebab serat asbes yang halus dapat dengan mudah menempel di baju kerja. Akan sangat berbahaya bila tercuci bersama baju keluarga atau ketika terhirup oleh anggota keluarga di rumah.

5. Membersihkan diri sebelum pulang ke rumah

Bukan saja mengganti pakaian bersih setelah bekerja dengan asbes. Ada baiknya dan lebih baik diterapkan, bila para pekerja sebaiknya mandi terlebih dulu di tempat kerja hingga bersih tanpa ada debu asbes menempel sebelum pulang kerumah. Hal ini dimaksudkan supaya tidak ada sisa debu asbes menempel di tubuh dan terhirup oleh anggota keluarga.

Sponsors Link

Fibrosis paru atau pneumotitis interstitial, nama lain dari asbestosis ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan butuh waktu bertahun-tahun lamanya untuk berkembang dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kematian. Efek paparan asbes dan gejalanya ini dapat terlihat setelah 20 hingga 30 tahun kemudian sejak si penderita menghirup serat asbes.

Anda perlu mewaspadai penyakit asbestosis ini sebab termasuk salah satu penyakit paru – paru paling parah yang penderitanya dapat terancam kehilangan nyawa. Untuk pencegahan sebaiknya Anda menghindar dari pekerjaan yang berhubungan dengan asbes atau gunakan genteng untuk atap bangunan rumah Anda. Namun bila Anda masih bekerja dalam lingkungan industri yang menggunakan asbes, ada baiknya Anda menyarankan kepada perusahaan untuk mencari pegawai yang khusus melakukan kontrol debu serat asbes.

Untuk menghindari resiko kanker paru – paru, dianjurkan kepada para pekerja yang bekerja dan berkutat sehari – hari dengan asbes untuk berhenti merokok. Sementara itu, sebagai langkah pencegahan agar penyakit asbestosis tidak menular pada pihak keluarga lainnya, sebaiknya para pekerja mencuci bersih baju mereka di pabrik yang sudah terpapar asbes  sebelum kembali kerumah masing masing. Dan selalu membiasakan diri untuk membersihkan diri terlebih dulu sambil mengganti pakaian bersih. Jadi tidak ada pakaian kotor bekas debu asbes yang dibawa pulang ke rumah.

Itulah beberapa hal yang dapat di bahas dari penyebab asbestosis semoga pembahasan mengenai penyakit ini dapat di pahami dengan baik oleh pembaca. Agar kita semua dapat terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan yang dapat mengancam jiwa di kemudian hari.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Asbestosis