8 Penyebab Asma yang Umum Terjadi pada Penderitanya

Penyebab asma atau yang juga biasa disebut pemicu asma pada penderitanya memang berbeda-beda dan sangat perlu diwaspadai. Asma sebagai salah satu penyakit pernapasan memang menjadi penyakit yang sangat menyiksa. Penyakit ini secara umum dalam dunia medis dijelaskan adanya peradangan pada saluran udara atau bronkus.

Kondisi radang bronkus ini kemudian menyebabkan pembengkakan, penyempitan, hingga produksi cairan berlebih. Jadi penderita asma kemudian mengalami kesulitan bernapas hingga berbagai gejala asma pun ditimbulkan.

Saat anda mengalami beberapa gejala gangguan pernapasan, penting sekali bagi anda menduga adanya kemungkinan penyakit asma menyerang anda. Jika anda menderita penyakit asma, maka artinya ada penyebab asma yang memicu kondisi ini. Sesegera mungkin anda perlu mengetahui apa penyebab penyakit asma ini dan lakukan penanggulangan dampak penyakit asma pada kesehatan anda.

Sayangnya, masih banyak yang tidak mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan asma bagi seseorang. Itulah mengapa pada pembahasan kali ini akan dijelaskan apa saja jenis penyebab yang mungkin menjadi pemicu anda menderita asma.

Penyebab Asma yang Umum Terjadi pada Penderitanya

Setiap penyakit penting untuk anda ketahui apa penyebabnya, seperti itu juga dengan penyakit asma ini. Anda yang mengetahui apa yang menjadi penyebab asma akan menjadi waspada. Jika anda bisa menanggulangi dan mencegah penyebabnya, maka anda dan keluarga anda bisa terbebas dari penyakit ini. Itulah mengapa anda sebaiknya mempelajari informasi berikut ini untuk mewaspadai resiko penyebab asma menyerang anda.

1. Faktor Keturunan

Penyebab yang pertama yang mungkin menjadi pemicu seseorang mengalami asma adalah faktor keturunan. Seorang penderita asma biasanya memiliki riwayat keluarga yang juga menderita asma, misalnya seperti penyebab asma pada anak. Hal ini tidak berarti asma tersebut menular. Hanya saja kondisi dan karakteristik paru-paru anda kurang lebih akan sama dengan keluarga anda. Ketika mendapatkan perlakukan dan lingkungan yang sama, resiko anda terkena penyakit yang sama pun lebih tinggi adanya.

1. Faktor Lingkungan

Satu lagi penyebab seseorang menderita asma yang perlu anda waspadai adalah faktor lingkungan. Lingkungan di mana anda tinggal dan beraktivitas sehari-hari menjadi penentu bagaimana sistem pernapasan anda mengolah keluar masuknya udara. Jika lingkungan anda memiliki udara yang tidak sehat (polut), maka anda harus waspada. Polusi ini akan menyebabkan penyempitan saluran pernapasan dan kemudian mempengaruhi penyebab asma kambuh kembali.

1. Paparan Zat dalam Makanan

Makanan pun menjadi hal yang harus anda waspadai, karena adanya kemungkinan seseorang menderita asma karena pengaruh konsumsi makanannya. Kandungan sulfit dalam makanna diketahui sangat tidak baik untuk paru paru. Akibatnya, paru paru anda menjadi memiliki tingkat kelembaban yang terlalu tinggi. Jamur menjadi mudah berkembang dan akibatnya terjadilah peradangan paru. Akhirnya anda pun kemudian menjadi penderita asma.

1. Paparan Zat di Udara

Udara atau hal yang keluar masuk dari paru paru adalah media utama yang menyebabkan gangguan pada paru. Seperti diketahui, paru paru memang sangat sensitif setiap zat yang terkandung dalam udara yang masuk ke paru paru. Jika ada zat yang mengandung asap pada udara yang anda hirup khususnya, maka anda harus waspada terhadap efek samping berupa peradangan atau asma. Zat dalam udara pun menjadi penyebab asma kambuh lagi.

1. Penderita Penyakit GERD

Tahukah anda bahwa penyakit refluks gastroesofageal (GERD) pun dapat memicu asma pada seseorang? GERD atau penyakit lambung yang asamnya meningkat ini dapat mendesak hingga ke kerongkongan. Akhirnya, bagian kerongkongan anda pun akan mengalami iritasi. Iritasi ini akan menyebabkan sistem pernapasan dan saluran udara pun mengalami efek peradangan. Jadi tanpa menunggu waktu lama, pasien pun menunjukkan gejala asma.

1. Penderita Penyakit Jantung dan Hipertensi

Anda yang menderita penyakit jantung dan hipertensi pun perlu mewaspadai pengaruh penyakit ini pada penyebab asma. Saat anda menderita penyakit jantung dan hipertensi, anda akan mengonsumsi secara rutin obat pereda nyeri akibat inflamasi. Obat-obat ini yang akan menghambat fungsi anti-inflamasi dan dapat menyebabkan peradangan pun hingga ke bagian paru paru. Jadi waspadalah dengan penyakit yang satu ini.

1. Pengaruh Kondisi Emosional yang Labil

Emosional seseorang yang terbebani stres dan tekanan dapat memberikan efek pada sistem pernapasan anda. Sistem pernapasan anda sangat mungkin mengalami efek asma akibatnya. Jadi anda harus sangat hati-hati menjaga kondisi emosi. Hindari berbagai hal yang memicu stres agar tidak menimbulkan penyakit yang merugikan anda dan kesehatan tubuh anda nantinya. Itulah mengapa asma pun memiliki kaitan yang erat dengan kondisi stres.

1. Pengaruh Konsumsi Obat-obatan

Terakhir ada beberapa jenis obat yang sebaiknya anda waspadai konsumsinya. Obat seperti aspirin dan ibuprofen misalnya akan mengakibatkan asma pada konsumennya. Obat ini menghambat beta yang harusnya juga menghambat peradangan pada paru paru. Jika penghambat peradangan terhambat kerjanya, artinya peradangan dapat terjadi. Anda pun kemudian merasakan gejala gejala penyakit asma.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai berbagai jenis penyebab asma yang menjadi pemicu penyakit ini pada penderitanya. Informasi ini tentu sangat membantu untuk anda yang masih belum tahu bahwa asma dapat disebabkan oleh banyak hal, tidak hanya faktor keturunan.

Oleh sebab itu, anda dapat lebih waspada dan lebih ketat menjaga kesehatan. Semakin baik anda menjaga kesehatan anda, semakin baik juga upaya anda untuk menjauh dari penyakit asma. Jangan sepelekan penyakit asma karena penyakit ini pun sama berbahayanya dengan penyakit lain. Selamat menjaga kesehatan anda!

Kategori : Asma