Sponsors Link

8 Penyebab Asma Kambuh yang Harus Di Waspadai

Sponsors Link

Asma adalah sebuah gangguan pada saluran pernafasan seseorang yang dikarenakan adanya peradangan yang disertai adanya penyempitan pada saluran pernafasan. Hal inilah yang sering menyebabkan penderita asma mengalami sesak nafas dan juga nafas yang tersengal-sengal. Adapun beberapa tanda-tanda penyakit sesak nafas yaitu rasa nyeri pada dada, batuk-batuk, dan juga mengi.

ads

Asma adalah penyakit kronis yang dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa ataupun anak-anak. Pada beberapa orang, asma bisa kambuh kapan saja yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti keturunan ataupun karena lingkungan tempat tinggal yang kurang bersih dan yang harus kalian pahami adalah bahwa penyakit asma bukan merupakan penyakit menular.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa penyakit asma adalah penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah sesak nafas karena alergi. Pada penderita yang mulai memperhatikan tempat tinggal serta gaya hidupnya, resiko peningkatan keparahan penyakit asma bisa diminimalisir, namun pada beberapa kasus penyakit asma bisa saja kambuh sewaktu-waktu. Apa saja penyebab asma kambuh yang harus kita ketahui?. Simaklah ulasannya di bawah ini.

  1. Makanan

Walaupun susu merupakan salah satu minuman sehat untuk paru-paru, namun bagi penderita asma mengkonsumsi susu, kacang, kedelai dan beberapa olahan cokelat sangat tidak disarankan karena bisa menyebabkan asma menjadi kambuh.

  1. Emosi

Perubahan emosional pada diri seseorang juga bisa menjadi salah satu penyebab asma kambuh. Seperti kemarahan, menangis saat sedih dan juga stress ternyata dapat memodulasi system daya tahan tubuh yang menyebabkan respon inflamai meningkat terhadapa polutan di sekitar kita. Selain itu, menangis saat bersedih juga bisa menyebabkan asma menjadi kambuh kembali karena adanya produksi lendir pada saluran pernafasan.

  1. Lingkungan

Lingkungan tempat tinggal yang kurang sehat dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami asma yang kambuh. Seperti tinggal di tempat yang berpolusi dapat menjadikan saluran paru-paru menjadi lebih sensitive. Selain itu, sirkulasi udara yang buruk di dalam ruangan juga menjadi penyebab asma kambuh.

  1. Udara dingin

Udara yang dingin biasanya memiliki tekanan udara yang rendah sehingga bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan nafas. Umumnya keadaan seperti ini dapat menyebabkan penderita asma mengalami kekambuhan.

  1. Flu

Flu dan beberapa penyakit pada saluran pernafasan lainnya juga ternyata bisa menjadi penyebab asma kambuh kembali. Pada seseorang yang mengalami flu, saluran pernafasannya menjadi lebih sensitive sehingga virus mudah masuk ke dalam saluran pernafasan.

Untuk itulah tubuh secara otomatis akan memproduksi lendir yang berguna untuk melindungi saluran pernafasan dari ancaman virus. Namun karena adanya lendir tersebutlah yang seringkali malah menyebabkan asma pada seseorang kambuh.

Sponsors Link

  1. Aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang melelahkan seperti berlari, berolahraga ataupun mengangkat beban yang berat dapat menyebabkan sesak nafas pada setiap orang. Karena saat orang melakukan kegiatan ini, paru-paru akan bekerja lebih keras untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh, namun saluran pernafasan penderita asma mengalami penyempitan yang nantinya sangat berbahaya untuk tubuh si penderita asma.

  1. Naiknya asam lambung

Naiknya asam lambung sering disebut sebagai GERD yaitu Gastroesophageal Reflukx Disease bisa menjadi penyebab sesak nafas akibat asam lambung yang naik pada seseorang yang memiliki penyakit asma. Hal ini dikarenakan asam lambung yang menumpuk dan naik, lama kelamaan akan merusak lapisan tenggorokan dan saluran pernafasan sehingga memicu seseorang terkena asma pada suatu saat.

Sponsors Link

  1. Konsumsi obat-obatan

Obat-obatan seperti ternyata dapat memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh kalian. Misalnya efek samping nebulizer ventolin yang dapat menginfeksi saluran pernafasan kalian. Selian itu beberapa jenis obat seperti aspirin, beta blocker dan peninsilin juga dapat memberikan efek samping berupa sesak nafas yang tentunya sangat berbahaya untuk penderita asma.

Untuk menghindari penyebab asma kambuh kembali kalian bisa mengonsumsi makanan untuk orang sesak nafas. Cara lainnya yaitu kalian bisa juga melakukan terapi untuk sesak nafas, seperti terapi uap panas ataupun dengan melakukan berlatih cara meningkatkan kapasitas paru-paru. Dengan begitu paru-paru dan saluran pernafasan kalian bisa kembali sehat, atau setidaknya asma yang kalian derita tidak bertambah parah.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Asma