Sponsors Link

10 Penyebab Asma Kambuh Lagi yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, asma diartikan sebagai sebuah gangguan pernafasan dimana pasien akan sering mengalami rasa sesak pada dada dan kesulitan dalam bernafas. Asma biasanya disebabkan oleh alergi dan memiliki nama lain seperti gejala sesak napas pada malam hari dan pagi hari, bengek, atau dengan nama ilmiah asthma bronchiale.

ads

Dalam istilah kesehatan asma dapat diartikan sebagai penyakit radang paru – paru kronis yang membuat jalan pertukaran udara di dalamnya menjadi menyempit dan meradang. Gejala – gejala yang akan dialami oleh seseorang yang menderita asma antara lain adalah bersin yang mampu menimbulkan suara seperti bersiul, dada secara dicengkram, nafas pendek, kesulitan tidur, dan batuk – batuk yang biasanya terjadi pada malam atau pagi hari diikuti dengan beberapa hal penyebab asma kambuh.

Penelitian membuktikan bahwa penyakit asma akut pada seorang pasien bisa menyebabkan kematian. Asma bukan merupakan penyakit biasa yang bisa diobati dengan cukup satu atau dua kali pengobatan. Kegagalan penanganan pada pasien dengan gejala penyakit asma biasanya dikarenakan keterlambatan pengobatan yang diberikan. Bahkan, dalam penelitian lain juga disebutkan, anak – anak penderita asma tingkat menengah meninggal karna proses penanganan asma yang tidak benar.

Mungkin, bagi anak – anak dalam masa pertumbuhannya dan menderita asma dapat sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya usia dan bertambahnya kapasitas paru – paru ketika paru – paru terlalu kotor, akan tetapi, penelitian menyebutkan bahwa lebih banyak pasien yang mengidap asma diusia mudanya tetap menderita asma hingga seumur hidupnya.

Beberapa hal yang bisa membuat seseorang menderita asma antara lain adalah virus, infeksi, demam, bahkan flu akut bisa menyebabkan seseorang menderita asma. Akan tetapi, fakta aneh dari asma adalah bahwa paru – paru perokok aktif memiliki tingkat resiko asma lebih rendah daripada mereka yang menjadi perokok pasif, atau mereka yang terpapar gas udara hasil pembakaran rokok itu sendiri.

Penanganan asma dapat dilakukan dengan penggunaan inhaler secara berkala, dengan menghirup inheler sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh dokter, pada beberapa pasien terbukti mampu mengurangi gejala – gejala penyakit asma, meski beberapa penelitian menyebutkan bahwa menyembuhkan asma secara menyeluruh hampir mustahil.

Berikut adalah 10 Penyebab Asma Kambuh lagi yang akan sering ditemui pasien dalam kehidupan sehari – harinya, antara lain adalah :

  1. Alergen Alami

Alergen merupakan sejenis antigen yang mampu memproduksi respon imun yang tidak normal karna melawan gejala – gejala penyakit yang akan masuk dan berkembang di dalam tubuh. Proses induksi alergen dilakukan melalui berbagai cara yaitu dihirup, ditelan, kontak langsung bahkan secara injeksi.

Salah satu contoh alergen alami yang bisa menimbulkan asma pasien kambuh antara lain adalah serbuk sari pada bunga, bulu kucing, debu dan sebagainya. Bagi pasien dengan gejala asma dikarenakan oleh alergen alami, anda mungkin hanya perlu sebisa mungkin menghindari penyebab – penyabab asma tersebut.

  1. Senyawa Organik

Pembakaran tidak sempurna senyawa – senyawa kimia dapat mengakibatkan polusi udara yang parah dan berbahaya. Polusi udara bermuatan senyawa organik tersebut dapat menimbulkan gejala sesak nafas dan gejala penyakit asma lainnya.

Sponsors Link

  1. Obat – Obatan

Setiap jenis obat kimia buatan memiliki efek sampingnya masing – masing, dan beberapa obat memiliki efek samping berupa susah bernafas dan dada yang terasa sempit serta tertekan, obat – obat tersebut antara lain adalah aspirin, beta – adrenergik antagonis atau beta – 4 blocker, dan penisilin.

Pastikan anda berhati – hati jika memiliki asma dan mengkonsumsi obat yang mengandung penisilin, aspirin atau beta – 4 blocker.

  1. Makanan Serta Minuman

Banyak sekali macam makanan penyebab sesak nafas atau menjadi penyebab asma kambuh lagi, makanan – makanan tersebut antara lain adalah kacang, susu, telur, ikan, kerang bahkan gandum.

  1. Sulfit

Sejenis asam bernama asam sulfit ternyata mampu membuat seorang penderita asma mengalami sesak nafas. Menghindari tempat yang mengandung banyak asam sulfit akan melindungi anda dari resiko kambuhnya asma, tempat – tempat tersebut seperti kawah gunung atau pemandian air panas.

  1. Bahan Bakar

Fosil yang merupakan bahan utama pembuatan minyak ternyata mampu menimbulkan polusi udara yang sangat tinggi. Hampir sebagian besar bahan bakar di dunia masih bergantung pada olahan energi yang berasal dari fosil dan secara terus – menerus menguapkan sulfur dioksida serta nitrogen dioksida di udara. Kedua senyawa kimia tersebut merupakan alasan paling tinggi penyebab penderita asma bagi penduduk perkotaan.

  1. Industri

Buangan hasil industri biasanya mengandung banyak senyawa berbahaya seperti toluena diisosianat, diclhoramin, dan trichloramin, nantinya setelah terurai akan menyebabkan polusi udara yang berbahaya dan berpotensi besar menyebabkan asma. 

Sponsors Link

  1. Cuaca Dingin

Pilek serta flu biasanya akan terjadi pada pasien yang mengalami perubahan suhu drastis di daerahnya. Selain itu, pada cuaca dingin, berat senyawa – senyawa yang berada di udara akan menjadi lebih berat sehingga susah untuk dihirup oleh tubuh dan menimbulkan asma.

  1. Kondisi Psikologis

Penelitian menyebutkan bahwa stress serta depresi ternyata mampu menurunkan kekuatan tubuh untuk melawan penyakit. Ia sangat berpengaruh pada tingkat imun seseorang serta kekebalan tubuhnya, hal inilah yang membuat pasien asma akan lebih mudah kambuh apabila sedang berada pada situasi yang membuatnya tertekan.

  1. Olahraga

Hampir seluruh orang percaya bahwa olahraga mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat. Akan tetapi, pada penderita asma, berolahraga secara mendadak tanpa persiapan dan terlalu banyak dalam waktu singkat justru akan membuatnya semakin parah. Gangguan pada pernafasan dikarenakan oleh olahraga dinamakan dengan EIB atau induced bronchoconstriction.

Diharapkan, setelah mengetahui 10 macam penyebab asma kambuh lagi, anda bisa menegrti tentang resiko – resiko yang akan anda alami apabila terpapar dengan hal – hal berbahaya yang mampu menyebabkan asma anda kambuh atau justru semakin parah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Asma