Sponsors Link

5 Penyebab Bayi Sesak Nafas yang Harus di Waspadai

Sponsors Link

Penyebab bayi sesak nafas merupakan satu lagi informasi penting yang harus para orang tua ketahui. Mengetahui informasi ini diketahui dapat membuat orang tua lebih waspada. Tidak mudah memang memastikan bayi anda selalu terjaga kesehatannya, terutama jika baik memang memiliki daya tahan tubuh yang tidak terlalu baik. Oleh sebab itulah, peranan orang tua untuk mencegah penyebab bayi sesak nafas terjadi pada anak anda harus segera dilakukan. Jika tidak, maka dampak penyakit asma berupa sesak nafas akan semakin parah terjadi.

ads

Sesak nafas pada bayi adalah suatu kondisi kesulitan bernafas yang dialami oleh bayi diusia yang sangat riskan. Bayi memang masih rentan pada penyakit, namun hal ini tidak berarti anda boleh membiarkan bayi anda menderita sesak nafas tanpa mengetahui penyebabnya. Jika kondisinya sudah sangat parah, penyakit sesak nafas tersebut bahkan mungkin mempengaruhi sistem peredaran darah di pembuluh darah dan menyebabkan penyakit lain yang lebih parah resiko dan bahaya. Oleh karena itu, pastikanlah anda sebagai orang tua mengetahui apa saja hal-hal yang dapat menjadi pemicu penyebab bayi sesak nafas menyerang bayi anda untuk melakukan penanganan sesak nafas mendadak ini.

Penyebab Bayi Sesak Nafas yang Harus Dihindari

Bayi yang sesak nafas pastinya akan sangat menyakitkan. Bahkan orang dewasa saja tidak mudah untuk menahan rasa sakit dari sesak nafas ini. Itulah sebabnya, penting bagi para orang tua untuk mengetahui bahwa ada 5 penyebab bayi sesak nafas yang harus anda hindari. Silahkan anda mempelajarinya di bagian bawah ini.

  1. Akibat Tersedak Makanan

Penyebab pertama sesak nafas pada bayi diketahui dapat karena tersedak makanan. Bayi diketahui akan sulit mulai makan makanan di awal masa pertama kali makanan. Seperti misalnya ketika makan makanan seperti kacang oleh bayi yang tidak dikunyah, atau dikunyah tapi karena gigi bayi masih belum terlalu lengkap, maka hasil kunyahan yang ditelan tanpa disadari masih kasar dan dapat  membuat bayi tersedak. Biasanya tersedak ini akan ditandai dengan muntah dan membuat makanan yang  tersisa di dalam saluran hidung adalah yang menjadi penyebab seorang bayi mengalami sesak nafas.

  1. Akibat Pembesaran Kelenjar Thymus

Penyebab lain sesak nafas pada bayi bisa juga terjadi karena disebabkan oleh pembesaran pada kelenjar thymus. Kelenjar thymus dapat membengkak karena adanya penyempitan trakea. Letak Penyempitan trakea ini dapat terjadi di sekitar area rongga mediastinum, akibatnya adalah kelenjar akan terus membesar ukurannya sebagai hasil dari tekanan di trakea tadi. Pembengkakan kelenjar ini kemudian dapat menjadi penyebab utama bayi kemudian kesulitan untuk menarik dan membuang nafas dengan normal atau mungkin muncul gejala pneumonia pada bayi anda.

  1. Akibat Kelainan pada Pembuluh Darah

Ketika bayi anda mengalami sesak nafas, maka penyebab lain yang dapat anda indikasi adalah karena adanya kelainan pada pembuluh darah. Alasan ini sangat mungkin terjadi karena kemungkinan bahwa pembuluh jantung yang berbentuk seperti cincin jikalau bekerja terlalu berat akan menimbulkan bunyi keras karena kesulitan menarik nafas anda. Lebih lanjut, pembuluh darah yang mengalami kelainan pun bisa membentuk kelenjar thymus semakin membesar sehingga akan menyebabkan gangguan beraktivitas seperti sesak nafas tiba-tiba.

Sponsors Link

  1. Akibat Infeksi Saluran Udara di Hidung

Penyebab sesak nafas lainnya pada bayi anda juga bisa karena pengaruh infeksi di saluran udara hidung bayi anda. Pengaruh infeksi akibat adanya virus bakteri yang masuk ke saluran udara dapat membuat terjadinya pembengkakan pada area hidung bayi atau juga munculnya gejala radang paru paru. Itulah sebabnya, mengapa bayi kemudian dapat menderita penyakit pernafasan. Penyakit pernafasan inilah kemudian yang menjadi penyebab sesak nafas pada diri anda.

  1. Akibat Tersedak Air Ketuban

Bayi yang sesak nafas sejak lahir juga dapat terjadi karena tersedak air ketuban. Keadaan ini memang sangat membahayakan, bahkan dapat mematikan bayi anda. Oleh karena itu, pemeriksaan secara berkala wajib selalu dilakukan. Tubuh bayi anda pun dapat selalu terjaga kesehatannya dan sesak nafas pun dapat dicegah efeknya.

Itulah tadi informasi mengenai sedikitnya ada 5 penyebab bayi sesak nafas yang harus anda hindari. Ketidak hati-hatian anda dalam menghadapi berbagai penyebab penyakit sesak nafas pada bayi ini, dapat membahayakan nyawa bayi anda. Jadi selalu mengusahakan yang terbaik untuk bayi anda adalah cara yang paling tepat. Mulailah untuk mempelajari penyebab disebut di atas, sebelum mempelajari bagaimana cara mengatasinya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas