Sponsors Link

6 Penyebab Dahak Tanpa Batuk yang Harus Segera Diobati

Sponsors Link

Dahak tanpa batuk merupakan gangguan resiko sedot cairan di paru paru yang membuat hidung dan tenggorokan merasa tidak nyaman. Bahkan terkadang gangguan ini juga bisa menghambat kemampuan bernafas yang lancar. Atas dasar itulah, penyebab dahak tanpa batuk harus diperhatikan secara serius.

ads

Pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang beberapa penyebab dahak tanpa batuk yang harus anda waspadai. Penyebab-penyebab yang menjadikan saluran pencernaan ini menjadi terganggu akibat hambatan dahak di dalamnya.

Namun, sebelum memasuki poin penyebab dahak tanpa batuk dan cara mencegah emboli paru paru, narasi di bawah ini akan menjelaskan tentang apa itu dahak tanpa batuk. Sehingga bagi anda yang tidak pernah mengetahuinya menjadi semakin mengerti dan paham.

Sekilas Tentang Dahak Tanpa Batuk

Dahak adalah zat licin yang berfungsi untuk melakukan filterisasi di daerah sinus dan tenggorokan. Sifatnya seperti pelumas oli pada kendaraan atau mesin. Zat ini dicetak oleh sel yang bernama mukus yang lokasinya tepat di dalam kelenjar lendir. Menurut penelitian, dahak mengandung berbagai unsur diantaranya adalah air, mucin, garam, elektrolit, serta beberapa sel epitel.

Munculnya dahak di tenggorokan adalah hal yang lumrah. Bahkan orang yang sehat pun pasti memilikinya. Pasalnya, dahak yang bisa diproduksi 1-2 liter perhari ini bisa membuat tenggorokan anda menjadi lebih lembab. Selain itu, dahak di tenggorokan juga membantu saluran pernafasan serta mencegah terjadinya infeksi dan iritasi akibat makanan yang harus dihindari penderita paru paru basah.

Penyebab Dahak Tanpa Batuk

Untuk mengobati sebuah penyakit, yang pertama kali harus dideteksi adalah penyebab-penyebabnya. Karena jika salah menganalisa penyebab, akhirnya sangkaan penyakit juga salah. Itu artinya pengobatan yang di lakukan juga keliru dan tidak akan menyembuhkan.

Maka dari itu, kami rilis penyebab dahak tanpa batuk yang bisa anda jadikan pedoman untuk pengobatan dengan cara mencegah pneumotoraks yaitu:

  1. Infeksi

Penyebab dahak tanpa batuk yang pertama adalah karena infeksi. Jika tubuh anda mengalami infeksi, produksi lendir di tenggorokan akan semakin cepat. Metabolisme ini merupakan hal yang wajar yang bertujuan untuk menghilangkan zat asing penyebab infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Artinya, produksi lendir semakin cepat semata agar pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus dari obat tradisional emboli paru kadaluarsa semakin kuat. Memang dampaknya adalah jumlah lendir di tenggorokan semakin tebal. Namun, anda tidak usah khawatir, jika dahak atau lendir ini tidak disertai batuk, dia pasti keluar sendirinya melalui tenggorokan pasca anda meludah.

Sponsors Link

  1. Iritasi Zat

Jika napas yang anda hirup bercampur dengan asap, gas belerang dioksa apalagi nitrogen dioksida, produksi lendir atau dahak di tenggorokan juga semakin banyak. Akibatnya saluran pernafasan menjadi terhambat. Bahkan jika statusnya sudah parah, tenggorokan bisa mengalami inflamasi atau peradangan.

Walaupun begitu, sebagai pertolongan pertama dari peristiwa tersebut sebelum menjadi komplikasi emboli paru adalah dahak membuat tenggorokan semakin lembab sehingga peradangan ringan bisa hilang tanpa pengobatan.

  1. Sinusitis Akut

Penyebab dahak tanpa batuk yang ketiga selain gejala awal sakit paru paru adalah sinusitis akut.  Sinusitis akut adalah penyakit yang muncul akibat adanya pembengkakan di daerah sinus. Akibat tertutupnya rongga tersebut, saluran sinus menjadi mampat sehingga muncullah lendir kental dan berwarna keruh. Biasanya gangguan ini disebabkan oleh terjadinya infeksi. Baik infeksi karena jamur maupun infeksi karena bakteri.

Menumpuknya lendir di daerah tenggorokan juga disebabkan oleh kebiasaan tidur telentang pasca diserang gangguan sinusitis.  Akibatnya, pernafasan menjadi terganggu, bahkan istirahat pun tidak nyaman.           

  1. Kehamilan

Dahak tanpa batuk juga disebabkan oleh efek kehamilan.  Biasanya ini menyerang ibu hamil yang disertai dengan emosi berlebihan dan berat badan yang tidak terkontrol. Selain itu, perubahan hormonal yang ekstrem juga menjadikan saluran sinus menjadi kering sehingga cairan di dalamnya menjadi kental.

Sponsors Link

Karena terjadinya pengeringan di saluran sinus akibat tidak dilakukan cara menjaga organ pernapasan manusia, produksi lendir di tenggorokan dan hidung juga semakin bertambah. Jika produksi ini tidak ditekan, pernafasan si ibu akan terganggu. Maka dari itu, untuk mengatasinya adalah meletakkan lap basah di area hidung dan tenggorokan.

  1. Minum Susu saat Flu

Jika anda terbiasa minum susu disertai makanan untuk menghilangkan cairan di paru paru saat kondisi badan sedang flu atau pilek, peluang lendir di hidung semakin banyak cukup besar. Jika reaksi ini tidak dibendung, lendir yang ada di hidung bisa meluncur ke tenggorokan sehingga muncul dahak.

Selain itu, minuman susu maupun makanan yang terbuat dari susu dan telur, juga bisa menimbulkan alergi. Itu artinya, selain dahak yang menghambat tenggorokan dan hidung, organ tersebut juga bisa meradang karena alergi.

  1. Faktor Penyakit Tertentu

Orang yang sedang mengalami gangguan tenggorokan, biasanya juga disertai dengan produksi lendir dahak yang banyak. Hal ini disebabkan daya hentak tenggorokan untuk mengeluarkan dahak sudah lemah sehingga lendir dahak di dalamnya semakin tebal tidak bisa dihilangkan dengan cara mencegah legionnaires.

Itulah beberapa penyebab dahak tanpa batuk. Silakan anda pastikan, tubuh anda terbebas dari berbagai macam penyebab tersebut. Baru anda bisa mengklaim tenggorokan dan saluran pernafasan sehat dan kuat.

, , , ,