Sponsors Link

10 Penyebab Emboli Paru yang Sebaiknya Dihindari

Sponsors Link

Penyebab emboli paru adalah berbagai hal yang bisa menjadi pemicu seseorang akhirnya mengalami penyumbatan arteri di bagian tubuhnya. Arteri yang tersumbat adalah masalah yang harus anda waspadai, karena memang berbahaya. Penyumbatan arteri bisa berujung pada pecahnya arteri tersebut jika tidak segera diatasi.

ads

Itulah mengapa anda sebaiknya segera mengobati penyakit emboli paru anda yang terdeteksi. Bagaimana jika anda ingin mencegah penyakit ini menyerang anda? Semua penyakit bisa dicegah dengan baik. Asalkan, anda tahu apa penyebab dari penyakit emboli paru tersebut.

Saat anda mengetahui apa penyebabnya, maka penyakit emboli paru bisa dicegah. Pencegahan paling efektif dari suatu penyakit adalah dengan menghindari penyebabnya. Sayangnya, informasi mengenai penyebab emboli paru ini tidak diketahui secara umum oleh masyarakat.

Tapi tenang saja, kali ini anda bisa mengetahui apa yang menjadi penyebab penyakit emboli paru melalui pembahasan yang akan diberikan di bagian berikutnya. Pembahasan berikutnya akan memaparkan semua kemungkinan kondisi yang akhirnya menyebabkan arteri anda tersumbat. Jadi jangan tunggu lama lagi, berikut ini penjelasan lengkap yang bisa anda pahami.

Ada setidaknya 10 penyebab emboli paru yang umum menyerang manusia. Jika anda telah memahami apa saja kesepuluh penyebab tersebut, selanjutnya anda akan lebih mudah untuk mencegahnya. Jadi cobalah simak penjelasan berikut ini mengenai berbagai penyebab seseorang bisa menderita emboli paru. Semoga informasi ini sesuai dengan informasi yang memang sedang anda cari.

  1. Gelembung Udara

Penyebab yang paling utama seseorang bisa menderita emboli adalah karena banyaknya gelembung udara di dalam pembuluh darah. Udara tidak boleh masuk ke pembuluh darah dan hal ini seringkali tidak diketahui oleh masyarakat.

Bagaimana bisa gelembung udara masuk ke pembuluh darah anda? Biasanya hal ini terjadi saat pemasangan infus yang tidak tepat. Oleh sebab itu, perhatikanlah dan sampaikan pada tenaga medis untuk mencegah sebisa mungkin gelembung udara masuk ke pembuluh darah anda.

  1. Kehamilan dan Air Ketuban

Perhatikan bahwa anda sebaiknya sering memeriksakan penggumpalan darah anda selama kehamilan. Kehamilan membuat darah lebih mudah menggumpal. Ditambah lagi adanya air ketuban untuk mendukung kehidupan janin dalam tubuh pun semakin meningkatkan kemampuan darah menggumpal. Jadi itulah mengapa sering ditemukan ibu hamil harus rutin melakukan suntik pengenceran darah agar tidak menyebabkan penyumbatan arteri dan terjadi emboli.

  1. Kurang Aktif Berolahraga

Ada juga penyebab lain sehingga peredaran darah dalam tubuh seseorang bisa mengalami penyumbatan di arteri. Penyebabnya adalah tubuh yang kurang aktif berolahraga. Tubuh yang kurang aktif berolahraga akan menunjukkan ciri ciri paru paru tidak sehat dan memiliki peredaran darah yang kurang lancar. Akibatnya anda lama kelamaan akan mengalami pembuluh darah tersumbat dan terjadiah emboli paru.

Sponsors Link

  1. Lemak Sumsum Tulang Patah

Perhatikan juga kondisi sumsung tulang anda. Ada lemak di antara setiap sumsum tulang. Jika mengalami suatu kondisi yang menyebabkan lemak sumsum tulang ini patah, maka akan berpengaruh pada arteri yang ada di sekitarnya. Arteri akan tersumbat dan akhirnya anda menderita emboli dan berbagai gejalanya yang membahayakan kondisi tubuh.

  1. Mengalami Cedera Pembuluh Darah

Perhatikan juga penyebab emboli paru berupa cedera yang mengenai hingga ke pembuluh darah. Ada banyak cedera yang bisa membuat pembuluh darah akhirnya tersumbat dan harus menderita emboli paru. Biasanya cedera tersebut disebabkan oleh kecelakaan yang membentu bagian tubuh yang berada arteri sehingga arteri menjadi tersumbat.

  1. Mengikuti Pengobatan dengan Kemoterapi atau Radioterapi

Anda yang merupakan penderita kanker, memiliki resiko lebih tinggi bisa terkena emboli paru. Alasannya adalah karena emboli paru bisa disebabkan oleh gumpalan darah yang meningkat selama melakukan perawatan kemoterapi dan radioterapi. Jadi memang bisa dikatakan penyebab emboli pada paru paru anda bisa karena melakukan kemoterapi dan radioterapi.

  1. Mengonsumsi Pil Kontrasepsi

Apakah anda seorang wanita yang aktif secara seksual? Aktif secara seksual seringkali membuat wanita tersebut memilih mengonsumsi pil kontrasepsi. Hal ini dilakukan untuk menghindari hamil di luar rencana. Jadi ternyata konsumsi dari pil kontrasepsi ini bisa meningkatkan aktivitas menggumpalnya darah dan membuat anda lebih mudah sesak nafas tiba tiba. Sedangkan, gumpalan darah adalah penyebab utama penyumbatan arteri.

Sponsors Link

  1. Penderita Obesitas

Seseorang yang bermasalah dengan berat badan, seperti obesitas juga memiliki peluang lebih tinggi terkena emboli paru. Obesitas adalah kondisi berat badan berlebih hingga di luar batas normal. Berat badan yang di luar batas normal ini menyyebabkan tubuh tidak sehat dan darah lebih mudah menggumpal. Sedangkan gumpalan darah memudahkan penyumbatan terjadi di arteri dan anda menderita emboli paru.

  1. Penggumpalan Darah Terlalu Mudah

Secara bawaan lahir, ada banyak masyarakat yang memang terlahir dengan kondisi tubuh yang mudah menggumpal darahnya. Gumpalan darah yang terlalu mudah terbentuk karena bawaan lahir ini tidak bisa dicegah. Tetapi anda harus mengetahuinya secepatnya. Jika anda sudah mengetahui bahwa anda memiliki darah yang lebih menggumpal, maka anda bisa melakukan beberapa upaya untuk menghindari penggumpalan darah ini terllau meluas dan akhirnya menyumbat arteri.

  1. Riwayat Keluarga Emboli Paru

Terakhir, seseorang juga bisa mengalami emboli paru yang disebabkan oleh riwayat lkeluarga. Biasanya jika ada keluarga yang memang menderita emboli, lebih mudah untuk anggota keluarga yang lain juga ikut menderita penyakit ini. Jadi pastikan untuk melakukan beberapa upaya dan cara memperkuat jantung dan paru paru agar anda bisa terhindar dari masalah emboli paru.

Jadi demikianlah tadi penjelasan mengenai apa saja penyebab emboli paru yang harus anda pahami. Memahami berbagai penyebab emboli paru ini menjadi suatu langkah untuk anda tahu apa yang harus anda lakukan untuk menghindarinya.

Jika anda benar-benar tekun dan disiplin menghindari penyebab emboli paru ini, maka anda akan benar-benar bisa mencegah paru paru anda terkena emboli. Penyumbatan arteri pun tidak akan terjadi lagi dan anda bisa segera melakukan cara mengatasi kelainan pada paru paru anda. Selamat mencegah emboli paru ya!

, , , ,




Oleh :