5 Penyebab Infeksi Paru Paru Pada Anak yang Harus Dipahami Orang Tua

Infeksi paru paru merupakan penyakit yang tidak boleh menyerang anak-anak. Karena penyakit ini bisa mengganggu  pernafasannya. Maka dari itu, semua penyebab infeksi paru paru pada anak dan penyebab radang paru paru pada anak harus diwaspadai. Apalagi di jaman ini, ketika kasus balita mengalami infeksi paru paru semakin banyak.

Infeksi paru paru atau pneumonia merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Sebuah gangguan tubuh yang terjadi karena organ paru paru membengkak. Beberapa ahli medis menganggap infeksi paru paru adalah penyakit paru paru basah. Karena terkadang, di dalam organ terdapat cairan nanah.

Penyebab Infeksi Paru Paru

Pada dasarnya, gejala penyakit paru paru kering dan gejala infeksi paru paru disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan jamur. Namun, masuknya kuman tak kasat mata tersebut, tentu melewati proses sebab akibat tertentu. Nah, ini dia penyebab-penyebab tersebut, yaitu:

1. Sistem Imunitas yang Belum Sempurna

Sebagian besar balita masih belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang memadai. Sehingga virus begitu mudah melakukan infeksi di dalam tubuhnya.

Jika infeksi terjadi di dalam organ paru paru, saluran pernafasan akan terhambat, dan organ akan membengkak. Lalu muncullah gejala penyakit kanker paru paru mematikan pneumonia atau infeksi paru paru.

2. Akibat Udara yang Tidak Sehat

Seperti diketahui sebelumnya, infeksi paru paru disebabkan oleh virus. Sayangnya, kuman ini memiliki kemampuan berkembang via udara. Bahkan, kasus terbanyak, anak tertular virus akibat terpapar udara yang tidak sehat. Maka dari itu, jaga udara sekitar anak anda.

Virus penyebab infeksi paru paru dan penyebab dahak tanpa batuk tergolong kuman yang mudah bergerak. Bahkan, mikroorganisme ini biasa mengikuti ingus dan liur. Atas dasar itulah, hindarkan anak dari keluarga yang sedang flu atau batuk.

3. Perawatan Rumah Sakit Tidak Steril

Penyebab infeksi paru paru dan gejala flek paru paru pada anak selanjutnya adalah perawatan rumah sakit yang tidak steril. Seperti diketahui, rumah sakit adalah tempat merawat orang yang mengalami gangguan tubuh. Termasuk gangguan infeksi paru paru.

Karena penyakit ini menular, tentu perawatannya harus maksimal dan steril. Jika tidak, pasien lain bahkan pengunjung bisa tertular. Tentu kita merasa kasihan dan prihatin jika yang ditulari tersebut adalah anak yang masih belum cukup umur.

4. Makanan Masuk ke Paru Paru Anak

Berhati hatilah anda dengan makanan yang masuk ke dalam paru paru anak. Pasalnya, fitonutrien kasar di dalamnya bisa melukai saluran pernafasan bahkan membuatnya membengkak.

Jika anak mengalami gejala dari bahaya emboli paru ini, lebih baik segera bawa ke dokter. Supaya sisa makanan di paru paru bisa dikeluarkan sebelum infeksi paru paru atau pneumonia menyerang.

5. Berdekatan dengan Penderita yang Batuk dan Bersin

Jika anda sedang batuk atau flu, lebih baik jangan dekat dekat dengan anak. Karena kita tidak pernah tahu, apa yang tersimpan di dalam ingus dan lendir anda.

Tentu anda akan menyesal, jika akibat batuk, anak mengalami infeksi paru paru bahkan komplikasi emboli paru. Bukankah, paru paru basah semacam ini tergolong pembunuh nomor tiga di Indonesia.

Cara Mencegah Infeksi Paru Paru pada Anak

Silakan hindari penyebab infeksi paru paru dan penyebab emboli paru di atas namun jangan panik jika anak sudah mengidap. Karena masih lebih baik melakukan langkah pengobatan daripada frustrasi dan putus asa. Atas dasar itulah, sebelum anda melakukan pengobatan, kami rilis saja cara mencegah infeksi paru paru pada anak, yaitu:

1. Gizi Yang Cukup

Cara mencegah infeksi paru paru anak yang pertama adalah pastikan asupan gizi anak memadai. Terutama pemberian ASI tidak boleh berkurang minimal 6 bulan pertama.

Selain itu, nutrisi dari makanan juga harus lengkap. Jangan takut memaksa anak makan buah dan sayur. Karena menu itulah yang bisa membantu menguatkan imunnya.

2. Lakukan Imunisasi

Jangan lupa selalu mengikutsertakan anak dalam program imunisasi. Terutama yang terkait dengan imunitas seperti campak, tetanus, difteri, pertusis dan lain sebagainya.

Imunisasi yang kami sebutkan tersebut, akan membantu menjaga imun anak. Sehingga tubuh si kecil tidak lagi rentan terhadap serangan virus.

3. Menerapkan Perilaku Hidup Sehat Dan Bersih

Untuk mencegah infeksi paru paru dan menghilangkan ciri ciri kanker paru paru basah, kebersihan anak juga harus dijaga. Pastikan dia bebas dari asap rokok, polusi udara serta air yang mengandung zat kimia berbahaya. Selain itu, atur rumah supaya bisa memberikan kenyamanan dalam bernafas.

Penyakit infeksi paru paru atau pneumonia adalah dampak paru paru bocor kronis apabila sudah menimpa anak. Bahkan, efeknya bisa merenggut nyawa. Maka dari itu, penyebab infeksi paru paru pada anak harus diketahui oleh orang tua.

, , , ,