Sponsors Link

Ketahuilah 5 Penyebab Paru Paru Ada Air yang Berbahaya

Sponsors Link

Sebenarnya apa sih yang disebut dengan paru – paru ada airnya karena banyak sekali masyarakat yang masih bingung dengan keadaan paru – paru yang seperti ini. Sebenarnya dalam dunia medis yang dimaksud dengan paru – paru berair adalah kondisi di mana terdapat cairan yang menumpuk pada organ paru – paru. Ada dua keadaan yang menggambarkan kondisi seseorang mengalami paru – paru berair di mana setiap keadaan tersebut memiliki penyebab paru paru ada air yang berbeda. Nah lalu apa saja dua keadaan yang harus kalian ketahui tersebut. Coba kalian baca ulasan di bawah ini.

ads
  • Efusi pleura

Efusi pleura merupakan suatu kelainan paru – paru yang menyerang bagian di antara dua pleura. Pada kondisi seperti ini paru – paru si penderita mengalami penumpukan cairan di antara kedua bagian pleuranya.Pleura sendiri merupakan bagian paru – paru berupa selaput atau membrane yang menyekat organ paru – paru dengan lapisan dinding dada bagian dalam. Dalam kondisi normal sebenarnya keberadaan cairan ini sangat dibutuhkan oleh paru – paru agar bekerja dengan baik dan lancar saat aktifitas bernafas berjalan. Tapi, kalian juga harus waspada karena jika produksi cairan pada selaput pleura ini berlebihan akan mengakibatkan penderitanya mengalami sesak nafas dan dada yang terasa sakit. Bahkan tak jarang penderita juga mengalami batuk yang berkepanjangan. Ada beberapa penyebab efusi pleura yang perlu kalian ketahui antara lain:

  1. Komplikasi penyakit

Efusi pleura bisa disebabkan karen penderita mengalami komplikasi berbagai macam penyakit pernapasan yang cukup serius seperti komplikasi bronkitis, kanker paru – paru, tuberculosis atau pneuomia.

  1. Kadar protein dalam darah yang rendah

Kadar protein dalam darah yang rendah bisa memicu cairan yang berada di selaput pleura merembes dan mengalir keluar dari pembuluh darah. Dalam banyak kasus hal ini ditemukan pada penderita gagal ginjal dan sirosis.

  • Edema paru

Edema paru merupakan suatu bentuk kelainan yang terjadi pada organ paru – paru. Kurang lebihnya edema paru sama dengan efusi pleura, namun bagiannya saja yang berbeda yang mengalami kondisi kelainan. Jika pada efusi pleura adalah bagian pleura yang mengalami kelainan, maka pada edema paru yang terkena kelainan adalah bagian alveoli. Pada penderita edema paru, alveoli atau kantung paru – parunya terdapat genangan cairan sehingga oksigen yang dihirup penderita tidak mampu mengalir ke paru – paru dan aliran darah dengan baik. Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi ini antara lain.

  1. Adanya gagal jantung kongestif

Yaitu  keadaan di mana jantung gagal dalam memompa darah ke paru – paru. Karena hal inilah darah yang seharusnya terpompa malah balik ke pembuluh darah vena dan tersumbat di paru – paru sehingga cairan darah tersebut terdorong ke dalam alveoli. Seperti dari namanya, penyebab paru – paru ada air ini disebabkan karena adanya kelainan pada jantung seperti penyakit jantung coroner, kerusakan pada otot jantung atau gangguan katup jantung.

Sponsors Link

  1. Ketinggian

Ketinggian merupakan salah satu penyebab paru – paru ada airnya, apalagi jika kalian yang tak terbiasa hidup di dataran tinggi yaitu dataran yang tingginya sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut. Adanya perubahan tekanan udara yang secara tiba – tiba dan drastic dapat mengakibatkan paru – paru kalian terisai cairan.

  1. Emboli paru

Emboli paru merupakan keadaan yang menggambarkan adanya penyumbatan pada pembuluh darah dari jantung ke paru –paru. Penyumbatannya bisa dalam berbagai macam bentuk seperti lemak dari sumsu tulang yang patah, air ketuban atau karena tenggelam dan juga bisa dikarenakan adanya gumpalan darah. Oh ya, yang perlu kalian ketahui lagi adalah bahwa emboli paru – paru juga merupakan salah satu bentuk gangguan yang menyebabkan terjadinya pleuritis.

Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya penyebab paru paru ada air bisa kalian hindari saat kalian menyadari ada atau tidaknya ciri – ciri paru – paru tidak sehat yang terjadi pada kalian. Jika kalian sudah mendeteksi adanya gejala – gejala yang menyerang organ pernafasan kalian, ada baiknya supaya kalian menjaga apa yang kalian konsumsi seperti makanan yang menyehatkan  paru – paru dan buah yang bagus untuk paru – paru selain itu bagi kalian yang perokok juga bisa mencoba cara membersihkan paru – paru bagi perokok aktif sehingga paru – paru kalian tetap sehaat. Dan yang terpenting memeriksakan diri ke dokter adalah pilihan yang sangat bagus sehingga metode pengobatan yang sesuai bisa kalian lakukan.

, , , ,
Oleh :