Sponsors Link

8 Penyebab Paru-paru Berisi Cairan yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Apa penyebab paru-paru berisi cairan?. Bagaimana bisa paru-paru berisi cairan?. Mungkin sudah banyak sekali masyarakat yang bertanya-tanya mengenai hal tersebut. Umumnya bagian paru-paru yang dapat terisi cairan adalah bagian alveoli di mana di bagian ini seharusnya udara ditampung. Namun untuk beberapa orang dengan kelainan paru-paru, alveoli ini tidak terisi oleh udara, melainkan terisi oleh air. Paru-paru yang tersisi oleh air ini nantinya akan menyulitkan pembuluh darah menyerap oksigen kemudian akan berdampak pada sulitnya si penderita dalam menghirupp udara atau bernafas.

ads

Penyebab paru-paru berisi cairan sendiri mirip dengan penyebab paru-paru berlendir ataupun penyebab paru-paru ada airnya. Ciri-ciri yang muncul akibat adanya kelainan jenis inipun umumnya sama dengan ciri-ciri paru-paru tidak sehat. Lalu sebenarnya apa saja penyebab paru-paru berisi cairan simak jawabannya di bawah ini semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kalian para pembaca.

Penyebab Paru-paru Berisi Cairan

Ada banyak hal yang menyebabkan paru-paru seseorang berisi cairan seperti pola hidup, kebiasaan bahkan hal tak terduga lainnya juga mampu memberikan resiko-resiko tersebut.

  1. Kadar protein dalam darah yang rendah

Kadar protein dalam darah yang rendah bisa memicu cairan yang berada di selaput pleura merembes dan mengalir keluar dari pembuluh darah. Dalam banyak kasus hal ini ditemukan pada penderita gagal ginjal dan sirosis.

  1. Adanya gagal jantung kongestif

Ada banyak bentuk gagal jantung kongestif seperti kerusakan otot jantung atau gangguan katup jantung. Darah yang seharusnya terpompa malah balik ke pembuluh darah vena dan tersumbat di paru – paru sehingga cairan darah tersebut terdorong ke dalam alveoli yang menyebabkan adanya cairan di dalam paru-paru kalian.

  1. Ketinggian

Ketinggian merupakan salah satu penyebab paru – paru ada airnya, apalagi jika kalian yang tak terbiasa hidup di dataran tinggi yaitu dataran yang tingginya sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut. Adanya perubahan tekanan udara yang secara tiba – tiba dan drastis dapat mengakibatkan paru – paru kalian terisai cairan. Bagi beberapa orang ketinggian merupakan salah satu penyebab asma kambuh.

  1. Emboli paru

Emboli paru adalah kondisi di mana pembuluh darah dari jantung ke paru –paru mengalamipenyumbatan. Penyumbatannya bisa dalam berbagai macam bentuk seperti lemak dari sumsu tulang yang patah, air ketuban atau karena tenggelam. Namun umunya penyumbatan terjadi karena adanya gumpalan darah yang berasal dari kaki. Oh ya, yang perlu kalian ketahui lagi adalah bahwa emboli paru – paru juga merupakan salah satu bentuk gangguan yang menyebabkan terjadinya pleuritis.

Sponsors Link

  1. Lupus

Lupus merupakan salah satu kelainan yang menyerang system endokrin. Di mana penderita lupus memiliki system antibody yang menyerang organ tubuh yang sehat.  Seperti paru-paru, jantung, otak dan ginjal. Jika tidak segera ditangani penyakit lupus akan menyebabkan penderitanya mengalami tingkat peradangan yang cukup parah.

  1. Sirosis

Pada orang yang menderita sirosis, bukan tidak mungkin terdekan paru-paru basah. Hal ini dikarenakan adanya suatu hormon yang dilepaskan sehingga penderita sirosis mengalmai kesulitan saat bernafas. Umumnya darah yang kaya oksigen yang masuk ke pembuluh darah pada paru-paru menjadi tidak maksimal yang membuat penderita kesulitan bernafas.

  1. Kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok adalah hal paling banyak yang menyebabkan seseorang terkena penyakit paru-paru ataupun jantung, termasuk di dalamnya penyakit paru-paru berlendir. Orang yang merokok rentan sekali paru-parunya terkena infeksi bakteri ataupun virus seperti komplikasi bronkitis atau TBC.

Sponsors Link

  1. Air yang masuk ke paru-paru

Bukan hanya orang yang tidak dapat berenang, banyak di antara perenang yang handal yang pernah mengalami hal ini. Jika tidak segera ditangani bukan hanya paru-paru yang dipenuhi air tapi juga kematian yang akan mengancam kalian.

Penyebab paru-paru berair ternyata sangat tak terduga bukan. Dengan mendeteksi gejala paru-paru berair sejak dini kalian dapat menurunkan resiko terkena komplikasi yang parah. Untuk itulah sangat penting sekali menjaga lingkungan hidup dan juga pola hidup sehat kalian supaya dapat terhindar dari penyakit paru-paru berisi cairan.

, , , , ,
Oleh :