Sponsors Link

10 Penyebab Paru Paru Bocor pada Anak yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Penyebab paru paru bocor pada anak terdiri dari sangat banyak kondisi dan kebiasaan buruk yang sering dialami oleh penderitanya. Tentunya jika penyebab masalah paru paru bocor ini tidak diatasi, maka efeknya akan dirasakan dengan semakin parahnya kondisi paru-paru yang dimiliki oleh anak yang menderitanya.

ads

Itulah mengapa penyebab dari penyakit paru paru bocor pada anak harus segera ditanggulangi. Penanggulangan berbagai penyebab paru paru bocor pada anak ini tidak hanya bermanfaat untuk mengobati tetapi juga untuk mencegah penyakit itu pada anak-anak lainnya.

Ada sangat banyak kondisi dan kebiasaan yang bisa menyebabkan paru paru bocor pada anak. Namun biasanya informasinya tidak terlalu banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal informasi ini sangatlah penting seperti yang dijelaskan sebelumnya. Namun bagaimana jika anda juga belum mengetahui informasi mengenai berbagai penyebab paru paru bocor pada anak ini? Tentunya anda perlu segera mencari tahu informasinya.

Semakin cepat anda mengetahui penyebabnya, maka semakin cepat anda bisa melakukan penanggulangannya sekaligus pencegahan dari bahaya paru paru bocor. Bagi anda yang belum mengetahui informasi terkait penyebab paru paru bocor yang dialami anak-anak, maka anda bisa menyimak penjelasannya pada bagian berikut ini.

Bagian berikut ini akan menjelaskan setidaknya 10 penyebab dari penyakit paru paru bocor pada anak. Oleh sebab itu, simak terus penjelasannya dan jangan sampai lewatkan informasi penting yang satu ini.

  1. Asap Rokok

Penyebab pertama seorang anak bisa mengalami paru paru bocor adalah karena pengaruh asap rokok. Asap rokok adalah polusi udara yang disebabkan oleh rokok yang dibakar di sekitar anak-anak berada. Seperti diketahui, asap rokok mengandung tar dan nikotin yang bisa menyebabkan dinding paru paru robek dan menggumpalnya cairan di dalam paru paru anda.

  1. Kelainan Jantung Bawaan Lahir

Selanjutnya, penyebab lain dari masalah paru paru bocor pada anak anak adalah dipengaruhi oleh kelainan jantung bawaan lahir. Kelainan jantung bawaan lahir ini memang tidak bisa dicegah dan hanya bisa ditanggulangi secepatnya. Paru paru akan mengalami gangguan ketika lahir dengan kelainan, akibatnya pasti ada masalah seperti menumpuknya cairan di paru paru dan terjadilah paru paru bocor.

  1. Menderita Gangguan Hati

Jika coba ditemukan lagi apa saja yang bisa menjadi penyebab terjadinya paru paru bocor pada seorang anak adalah karena anak menderita gangguan hati. Gangguan hati pada anak bisa terjadi sejak lahir atau bisa juga karena kondisi kesehatan yang tidak mendukung. Akibat hati yang terganggu maka fungsi paru paru tidak bisa menyaring darah dan paru paru bocor pun terjadi.

  1. Mengalami Cedera Paru

Anak juga bisa mengalami paru paru bocor karena disebabkan oleh cedera paru. Cedera paru bisa terjadi karena tanpa anda sadari anak anda mengalami benturan di bagian dada. Benturan ini bukanlah benturan biasa, tetapi benturan yang sangat keras sehingga terjadi cedera arteri. Cedera arteri akan meluas dan menyebabkan peradangan dan penumpukan cairan di paru anda.

Sponsors Link

  1. Mengalami Gagal Jantung Kongestif

Berikutnya seorang anak bisa juga mengalami paru paru bocor karena gagal jantung kongestif yang ditunjukkan dengan ciri ciri paru paru bocor pada bayi dan anak. Gagal jantung kongestif pada anak ini terjadi biasanya dipengaruhi oleh masalah kelainan bawaan lahir. Akibatnya fungsi paru paru terus melemah dan ketika mengalami luka akan terjadi masalah paru paru seperti paru paru bocor dan peradangan lainnya.

  1. Pengaruh Penyakit AIDS

Anak yang terlahir dan langsung terinfeksi AIDS sejak lahir juga beresiko mengalami paru paru bocor. Paru paru bocor bisa terjadi karena kekebalan tubuh anak terus menurun akibat AIDS yang dideritanya. Itulah mengapa anda sebaiknya segera melakukan pemeriksaan pada anak yang baru lahir jika memiliki riwayat orang tua yang mengidap AIDS.

  1. Penyakit TB Paru

Penyebab lain mengapa anak bisa menderita paru paru bocor adalah karena menderita penyakit TB paru. Seperti diketahui penyakit TB adalah penyakit yang menular dan bisa menyerang anak anda ketika ada orang di sekitarnya yang mengidap penyakit ini. Jika anak mengidap penyakit TB, maka paru paru akan terus melemah dan bisa mengalami kebocoran.

  1. Penyebaran Sel Kanker

Selain itu, anak anda juga bisa mengalami masalah paru paru bocor ketika menderita penyebaran sel kanker. Menderita penyakit kanker menyebabkan perubahan aktivitas sel kanker dan membuat bagian paru paru pun mengalami masalah jika sudah juga terjangkit hingga ke paru paru. Jadi lapisan dinding bisa robek dan terjadilah peradangan yang menyebabkan munculnya gejala paru paru bocor.

Sponsors Link

  1. Serangan Bakteri

Bakteri yang menjangkit ke bagian paru paru pun bisa melemahkan fungsinya. Jika fungsi paru paru anda terus melemah, maka anda akan menemukan paru paru bisa mengalami kebocoran. Kebocoran ini terjadi karena berlubangnya paru paru dan keluarnya penumpukan cairan di paru paru anda yang terjangkit infeksi bakteri.

  1. Serangan Virus

Terakhir, anak juga bisa mengalami paru paru bocor akibat dari serangan virus. Serangan virus ini membuat paru paru anak anda terinfeksi. Infeksi paru paru akibat virus ini kemudian bisa melukan paru paru dan iritasi yang membuatnya mengalami kebocoran.

Demikianlah tadi penjelasan yang bisa diberikan terkait 10 penyebab paru paru bocor pada anak. Ternyata cukup banyak bukan kondisi dan kebiasaan yang bisa memicu seorang anak menderita penyakit berbahaya di usianya yang masih sangat rentan penyakit ini. Itulah mengapa anda perlu lebih waspada lagi dalam menghindari dan menanggulangi berbagai penyebab yang dijelaskan di atas.

Jika anak anda sudah terlanjur menderita paru paru bocor, maka yang perlu anda lakukan adalah segera melakukan cara mengobati paru paru bocor tersebut. Namun jika anak anda belum menderitanya, maka anda bisa selalu waspada untuk tidak membiarkan penyebab-penyebab di atas mendekati anak anda. Semoga anda bisa selalu menjaga kesehatan anak!

, , ,
Oleh :