6 Penyebab Pembengkakan Paru-paru yang Jarang Disadari

Ada banyak hal yang dapat menginfeksi saluran pernafasan seseorang. Tak jarang hal-hal tersebut banyak ditemukan pada kehidupan sehari-hari kita. Paparan polusi, rumah yang kurang bersih atau kebiasaan hidup kita yang kurang sehat ternyata berpotensi menimbulkan infeksi-infeksi seperti komplikasi bronkitis, TBC, asma, atau bahkan gejala sesak nafas pada anak-anak dan orang dewasa.

Seringnya, tanpa kita sadari infeksi-infeksi tersebut bisa membawa kita pada komplikasi penyakit yang lebih parah seperti kematian atau menjadi salah satu penyebab pembengkakan paru-paru atau yang lebih dikenal dengan penyakit pneumonia. Anda harus tahu 8 penyebab pembengkakan paru-paru yang kelihatannya sepele namun mematikan di bawah ini.

1. Bakteri

Bakteri dapat menyebabkan seseorang terkena pembengkakan paru-paru yang akan menyulitkan penderitanya bernafas dengan baik. Adapun bakteri penyebab penyakit ini adalah Streptococcus pneumonia, Chlamydophlla pneumonia dan Legionella pneumophila. Bakteri jenis ini merupakan bakteri yang umum ditemui pada penderita flu oleh karenanya banyak penderita yang telat mengunjungi dokter karena gejala yang muncul mirip dengan gejala flu biasa.

2. Virus

Virus dapat menyerang tubuh manusia dan mengendap di dalamnya karena ikut terbawa saat kita sedang menghirup udara. Partikel-partikel debu yang masuk ke saluran pernafasan bisa menyebabkan paru-paru terkena peradangan yang dapat menimbulkan bengkak pada bagian tertentu paru-paru dan juga menjadi penyebab asma kambuh pada diri seseorang.

3. Jamur

Pembengkakan paru-paru bisa disebabkan karena adanya infeksi jamur pada bagian tertentu paru-paru. Umumnya orang yang mengalami kondisi seperti ini memiliki daya tahan tubuh yang lemah atau pernah terjangkit penyakit kronik sehingga jamur dapat dengan mudah menginfeksi paru-paru dan menyebabkannya mengalami pembengkakan.

4. Ada benda asing yang masuk ke paru-paru

Biasanya kondisi yang seperti disebabkan karena seseorang memiliki gangguan mengunyah sehingga menyebabkan apa yang sedang dia konsumsi malah masuk ke dalam saluran pernafasan. Selain itu asam lambung yang naik ke kerongkongan juga dapat beresiko menjadi penyebab paru-paru bengkak.

Benda-benda asing yang dimaksud di sini adalah seperti makanan dari muntahan, asam lambung, atau air yang dapat menginfeksi saluran pernafasan dam membuatnya menjadi bengkak.

1. Sarcoidosis

Apa itu sarcoidosis?, merupakan kondisi di mana terdapat pertumbuhan sel peradangan di dalam tubuh seseorang yang dapat ditemukan di kelenjar getah bening, mata, kulit ataupun paru-paru. Jika peradangan ditemukan pada paru-paru, itu artinya bisa memengaruhi kondisi kesehatan paru-paru yang mungkin bisa menyebabkan paru-paru mengalami pembengkakan.

Sarcoidosis banyak dijumpai pada pria maupun wanita sehingga faktor resiko penyakit ini tidak bergantung pada jenis kelamin tertentu. Adapun faktor resiko penyakit ini adalah riwayat penyakit keluarga, daya tahan tubuh yang lemah ataupun kondisi udara lingkungan tempat tinggal yang buruk. Faktor resiko tersebut juga dapat menjadi penyebab seseorang mengalami tanda-tanda sesak nafas.

1. Abses paru

Abses paru-paru atau yang sering disebut dengan infeksi paru-paru adalah kondisi yang menyebabkan bagian tertentu paru-paru mengalami pembengkakan karena adanya kandungan nanah dan nekrotik yang disebabkan karena adanya infeksi dari mikroba. Penyakit ini umum ditemui pada banyak orang, namun orang dengan usia di atas 60 tahun lebih beresiko terkena penyakit ini.

6 penyebab pembengkakan paru-paru di atas sebenarnya dapat dihindari jika kalian mulai membiasakan diri untuk selalu hidup sehat. Selain itu mengonsumsi makanan yang menyehatkan paru-paru juga bisa kalian terapkan guna mendapatkan paru-paru yang bersih dan sehat.

Dan yang terenting jauhilah rokok dan segera konsultasikan ke dokter jika kalian sudah merasakan ciri-ciri paru-paru tidak sehat. Semoga ulasan artikel di atas dapat menambah informasi kalian tentang betapa tak terduganya penyebab pembengkakan paru-paru yang dapat menyerang kalian.

, , , , ,