8 Penyebab Penyakit Emfisema yang Jarang Disadari

Penyebab penyakit emfisema diketahui adalah berbagai kebiasaan yang membuat terjadinya kerusakan paru paru yang dikenal juga dengan istilah penyakit emfisema. Emfisema adalah kerusakan paru paru yang banyak terjadi pada masyarakat saat ini. Kerusakan paru paru ini diketahui memiliki resiko yang sangat tnggi, mungkin juga dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Walau sudah banyak diderita oleh masyarakat, ternyata istilah emfisema ini masih terdengar asing untuk masyarakat umum. Penyakit emfisema ini dijelaskan dengan definisi emfisema sebagai sebuah penyakit yang menyerang saluran udara dalam sistem pernapasan, kemudian penyakit ini akan menyebabkan terjadinya penyempitan saluran di dalam paru-paru.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan seorang penderita emfisema sering mengeluhkan sesak nafas tiba tiba yang pasti membuat penderita tidak dapat beraktivitas normal lagi. Tentu tidak ada dari anda yang ingin menderita penyakit emfisema ini bukan? Jika anda ingin menghindarinya atau mencegahnya menyerang kesehatan tubuh anda dan menunjukkan berbagai ciri ciri penyakit emfisema, maka anda wajib tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Informasi terkait apa saja penyebab penyakit emfisema ini akan coba dijelaskan pada bagian di bawah ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang berupaya semaksimal mungkin menjaga kesehatan paru paru anda.

Penyebab Penyakit Emfisema yang Perlu Dicegah Sekarang Juga

Anda perlu mengetahui apa saja penyebab penyakit emfisema. Namun, informasi terkait apa saja yang dapat memicu penyakit ini sulit untuk anda ketahui secara umum. Anda tidak perlu khawatir lagi, karena bagian di bawah ini akan membahas 8 diantaranya. Pelajari masing masing penyebabnya dan bagaimana anda dapat menghindarinya semaksimal mungkin.

1. Kebiasaan Buruk Merokok

Saat ini masyarakat hampir semuanya memiliki kebiasaan buruk merokok. Kebiasaan merokok ini diketahui adalah penyebab utama seseorang dapat menderita emfisema. Anda akan mengalami penyempitan saluran pernapasan akibat dari penggelembungan kantong udara jika anda seringkali merokok. Jadi hentikanlah kebiasaan merokok anda mulai dari sekarang agar tidak perlu menderita sesak nafas tiba tiba lagi.

1. Faktor Usia yang Menua

Anda juga dapat mengalami emfisema dipengaruhi oleh faktor usia yang semakin menua. Saat seseorang semakin tua, maka resiko dirinya terkena emfisema pun semakin tinggi. Fungsi dari paru paru anda akan menurun dan kemudian mengalami kerusakan. Sehingga tidak jarang anda pun akan sering mengalami sesak nafas seperti seorang perokok berat.

1. Pengaruh Penyakit Bronkitis

Tidak jarang emfisema pun dapat terjadi pada seseorang sebagai akibat dari komplikasi bronkitis. Saat anda mengalami penyakit bronkitis akut, maka tidak lama lagi anda pun akan mengalami kerusakan paru paru yang dikenal dengan istilah emfisema ini. Itulah mengapa anda harus segera mengatasi penyakit bronkitis sebelum semakin parah.

1. Terlalu Sering Menghirup Debu

Kebiasaan yang terlalu sering anda lakukan yaitu menghirup debu ini pun dapat menjadi salah satu penyebabnya. Biasanya penyebab yang satu ini dapat terjadi pada seseorang yang memiliki lingkungan yang berada pada bahaya polusi udara.

Selain itu, seseorang yang memiliki pekerjaan di lokasi lokasi pertambangan pun sangat mungkin mengalami emfisema akibat dari menghirup debu ini jadi segeralah lakukan cara mengatasi penyakit emfisema akibat sering menghirup debu ini.

1. Masuknya Virus dan Bakteri ke Saluran Pernafasan

Penyebab selanjutnya seseorang dapat mengalami emfisema dipengaruhi dengan infeksi paru. Infeksi paru dapat terjadi karena masuknya virus dan bakteri ke saluran pernafasan anda. Kondisi infeksi paru ini yang menyebabkan paru paru rusak dan timbul juga sesak nafas mendadak yang perlu segera ditangani.

1. Menurunnya Kekebalan Tubuh Anda

Kekebalan tubuh anda pun seringkali menurun karena kebiasaan kebiasaan yang anda alami sehari hari. Kebiasaan buruk yang tidak segera anda hentikan biasanya dapat menyebabkan anda mengalami kekebalan tubuh yang rendah. Akhirnya, terjadilah kerusakan paru paru yang dinamakan emfisema ini.

1. Tidak Memiliki Pola Hidup yang Sehat

Kebiasaan yang anda lakukan dalam pola hidup anda yang tidak sehat adalah penyebab lain yang harus anda waspadai juga. Kebiasaan ini seperti juga memakan makanan yang tidak sehat, jarang berolahraga, dan merokok adalah yang membuat anda semakin beresiko terkena emfisema. Jadi hentikanlah kebiasaan dalam pola hidup sehat anda tadi untuk kembali hidup sehat dan kuat sekaligus menjadi cara mencegah penyakit emfisema juga.

1. Kerusakan Fungsi Paru Paru Anda

Terakhir, bisa juga emfisema terjadi karena memang sudah ada pembawaan paru paru anda yang rusak. Cobalah anda memperhatikan apakah ada komplikasi penyakit lain yang membuat fungsi paru paru anda ini menjadi rusak. Segera atasi berbagai masalah paru paru anda jika memang anda ingin menghindari emfisema ini.

Demikianlah tadi informasi mengenai 8 penyebab penyakit emfisema yang berbahaya dan perlu anda hindari secepatnya. Anda sudah mengetahui sekarang bahwa emfisema khususnya terjadi dipicu oleh kebiasaan buruk anda yang membuat kesehatan paru paru terus menurun.

Mulai sekarang pastikanlah untuk selalu menjaga kesehatan paru paru anda dan hindari berbagai kebiasaan buruk anda sebelumnya. Semoga anda tidak lagi terancam penyakit emfisema dan selalu dapat sehat paru parunya.

, , , ,
Kategori : Emfisema