5 Penyebab Penyakit Flek Paru Ini Wajib Kalian Tahu

Memiliki paru–paru yang baik dan sehat tentu sangat diidamkan oleh banyak orang. Namun ada beberapa orang yang memiliki paru – paru sensitive sehingga saat ada pertikel–partikel debu yang dihasilkan oleh asap kendaraan dan asap rokok akan menimbulkan beberapa kondisi kelainan atau penyakit pada paru–parunya.

Kelainan yang dialami oleh penderita tersebut tentu tidak datang secara tiba–tiba, biasanya kelainan–kelainan tersebut datang dengan ditandainya ciri–ciri paru–paru tidak sehat yang kemudian jika tidak segera ditangani dan diobati akan menyebabkan paru–paru rusak.

Paru–paru yang rusak inilah yang nantinya akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti komplikasi bronkitis atau gangguan yang menyebabkan terjadinya pleuritis atau malah akan menjadi salah satu penyebab penyakit flek paru-paru pada seseorang. Apa sebenarnya flek paru?. Flek paru merupakan suatu keadaan yang menggambarkan kondisi paru-paru kalian berupa bercak-bercak yang yang bisa kalian lihat melalui pemeriksaan di rumah sakit.

Menular atau tidaknya flek paru – paru tergantung dari penyakit paru apa yang menyerang tubuh kalian. Jadi kemungkinan besar flek paru-paru adalah sebuah gejala yang ditimbulkan dari penyakit tertentu yang menginfeksi saluran pernafasan kalian. Apa saja penyebab penyakit flek paru yang harus kita jadikan perhatian?.

1. TBC

Kalian jangan salah paham bahwa flek paru–paru sama dengan TBC. Flek paru – paru itu ternyata berbeda dengan penyakit TBC. Flek paru-paru bisa juga disebabkan karena adanya TBC pada tubuh seseorang. Bakteri yang menyerang organ paru-paru pada penderita TBC biasanya akan menyebabkan peradangan pada organ tersebut sehingga saat dilakukan pemeriksaan maka akan terlihat organ paru-paru yang terdapat flek.

1. Pneumonia

Pneumonia merupakan salah satu penyakit paru yang menyebabkan penderitanya mengalami flek paru-paru. Pneumonia sendiri adalah peradangan yang terjadi karena adanya serang bakteri yang disebut Steptococcus pneumonia atau yang dalam kehidupan sehari-hari pneumonia disebut juga dengan paru-paru basah. Adanya infeksi yang disebabkan karena bakteri itulah yang menyebabkan paru-paru penderitanya mengalmi flek.

1. Sirkulasi udara yang tidak sehat

Seringkali orang menganggap sepela masalah ventilasi atau sirkulasi udara di tempat tinggalnya. Justru kebanyakan kasus ciri-ciri penyakit flek paru-paru terjadi karena buruknya proses sirkulasi udara yang menyebabkan udara di ruangan menjadi lembab. Ruangan yang lembab rentan sekali menyebabkan bakteri bersarang yang nantinya bisa berpindah ke dalam tubuh kalian dan keluarga kalian, misalnya masuk ke organ paru-paru melalui pernafasn. Hal inilah yang dapat menyebabkan seseorang mengalami flek pada paru-parunya.

1. Merokok

Memiliki kebiasaan merokok dapat menjadikan salah satu penyebab seseorang terkena flek paru-paru. Dengan merokok, zat-zat yang terkandung di dalam rokok akan mengendap di paru-paru dan akan menurunkan daya tahan tubuh seseorang. Dengan kondisi seperti itu tentu tubuh akan mudah sekali terinfeksi bakteri dan virus yang menyebabkan dirinya terjangkit flek pada paru-paru dan juga sangat beresiko terkena bahaya penyakit bronkitis.

1. Terlalu dekat dengan penderita flek paru

Jika di sekitar kalian tedapat orang yang sedang menderita penyakit paru-paru, ada baiknya supaya tidak berinteraksi terlalu dekat. Hal ini disebabkan karena penyakit yang menyebabkan flek paru seperti TBC dan Pneumonia bisa menular melalui udara.

Nah, sudah tahukan apa penyebab penyakit flek paru-paru yang dapat terjadi pada diri kalian. Untuk menghindari hal tersebut kalian bisa menggunakan susu beruang sebagai salah satu cara membersihkan paru–paru bagi perokok aktif maupun yang bukan perokok agar paru-paru bersih dari flek karena manfaat susu bear brand bagi perokok juga sangat manjur untuk kesehatan paru-paru.

, , , , ,
Kategori : Flek Paru Paru