8 Penyebab Pneumonia yang Paling Sering Dirasakan

Pneumonia adalah penyakit paru paru kronis yang sukar disembuhkan sekalipun dengan obat mahal seharga biaya rontgen paru paru. Pasalnya, radang yang menyerang kantung udara di ujung paru paru mudah sekali menyebar dengan cepat. Saking cepatnya penyebaran tersebut, tindakan pengobatan terkadang terlambat untuk mengimbanginya. Atas dasar itulah, mencegah penyakit yang juga dikenal dengan istilah paru paru basah ini harus dilakukan sejak dini.

Namun sayangnya, perilaku yang seharusnya dicegah dengan penanganan pneumotoraks karena memicu perkembangan pneumonia, justru dilakukan oleh masyarakat. Sehingga penyebaran pneumonia tetap menjamur bahkan menjadi penyakit paru paru paling mematikan setelah kanker.

Berikut ini kami list beberapa penyebab pneumonia yang harus anda ketahui dan hindari bukan malah dijadikan perilaku rutin harian. Ingat! Jika penyebabnya sudah sirna, tentu tindakan pencegahan bisa anda lakukan dengan serius dan kontinue.  Sebaliknya, jika penyebab ini masih anda terapkan dalam kehidupan, pneumonia bisa menghilangkan nyawa anda sekarang juga.

1. Bakteri

Pneumonia disebabkan oleh bakteri yang berhasil menginfeksi kantung udara di paru paru. Akibat infeksi ini, kantung udara tersebut meradang yang sebagian besar isinya adalah darah dan nanah.

1. Ketergantungan Obat Kimia

Orang yang suka mengkonsumsi obat kimia bukan minuman pembersih paru paru berpeluang besar mengalami paru paru basah atau pneumonia. Sebab, obat kimia mengandung efek samping salah satunya adalah mematikan fungsi antibiotik di dalam tubuh. Tanpa antibiotik, tentu paru paru tidak bisa lagi menjaga kantung udara dari serangan bakteri.

1. Rokok

Penyebab pneumonia yang ketiga adalah kebiasaan merokok atau terbiasa menghirup asap rokok.

Perokok aktif berpeluang diserang penyakit pneumonia dibandingkan perokok pasif. Pasalnya, asap rokok yang membungkus paru paru perlahan lahan membuat filterisasi disekitarnya menjadi lemah. Bahkan senyawa antioksidan yang diharapkan bisa melindungi paru paru pun tidak bisa bekerja maksimal.

Akibatnya, bakteri leluasa merusak paru paru anda tanpa sedikitpun ada perlawanan dan perlindungan dari cara mencegah tbc. Malahan detok dan jamur ikut bahu membahu membantu bakteri menyerang kantung udara yang ada di ujung paru paru anda.

1. Akibat Penyakit Paru Paru

Pneumonia ternyata juga disebabkan oleh penyakit paru paru yang tidak kunjung sembuh sekalipun sudah digunakan cara mencegah legionnaires sehingga statusnya menjadi kronis. Penyakit paru paru yang sering menjadi background pneumonia adalah legionnaires dan pneumotoraks yang dikenal dengan istilah penyakit radang pleura.

1. Minum Alkohol

Penyebab penyakit pneumonia yang kelima adalah alkohol. Bagi anda pecinta minuman beralkohol, hentikanlah dengan cara mengobati pneumotoraks sebelum paru paru anda meradang dan kolaps. Karena zat alkohol selain membuat paru paru anda panas terbakar, zat ini juga mumpuni merusak metabolisme sel. Sehingga peradangan atau inflamasi terjadi di mana mana.

Jika peradangan ini menyerang kantung udara pada paru paru, saluran pernafasan anda akan terhambat. Karena pada kondisi seperti itu, paru paru tidak bisa bekerja maksimal akibat ruang geraknya begitu sempit tertekan kantung udara yang bengkak.

1. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji tidak layak anda konsumsi. Selain makanan ini dibuat hanya mengedepankan kecepatan penyajian bukan kesehatan, maka dikhawatirkan bahan yang digunakan sudah tidak steril. Jika bahan tidak steril ini masuk ke dalam paru paru, tentu pertumbuhan jamur atau mikroba jahat didalamnya tidak bisa lagi dicegah.

Saran kami jika anda ingin bebas dari pneumonia, pastikan makanan pencegah tbc yang anda konsumsi dimasak sesuai standart kesehatan. Bahan yang digunakan juga tergolong bahan yang tidak merusak paru paru dan organ tubuh lainnya. Ingat! Makanan nikmat belum tentu sehat. Jadi utamakan makanan sehat dan berselera sekalipun rasanya masih kelas rumahan.

1. Kekurangan Cairan

Betapa banyaknya orang yang mengalami penyakit berat akibat mereka alami dehidrasi atau kekurangan cairan. Salah satu penyakit beratnya adalah gagal ginjal hingga serangan jantung koroner.

Selain itu, kekurangan cairan juga bisa menimbulkan gejala awal sakit paru paru. Sebab, ketika cairan yang masuk ke dalam paru paru tidak ideal, perkembangbiakan bakteri semakin kuat. Apalagi jika cairan di dalam darah juga berkurang, bisa bisa darah anda juga terkontaminasi bakterin. Jika darah terkontaminasi bakteri, penyakit sekaliber kanker juga bisa menyerang anda.

Maka dari itu, jika anda ingin bebas dari pneumonia dan kanker paru paru, konsumsilah air putih minimal 18 gelas sehari supaya cairan di dalam paru paru anda tetap mengalir dengan normal.

1. Alat Medis Tidak Steril

Jangan salah memilih dokter. Karena salah memilih dokter tindakan pengobatannya juga tidak meyakinkan. Salah satu resiko asal pilih petugas medis adalah alat yang digunakan tidak terjamin steril sesuai standart kesehatan yang ada.

Faktanya, masih banyak pasien pneumonia yang mendapatkan penyakit akibat paru paru kotor karena tertular dari pasien lain melalui alat medis yang digunakan oleh orang tersebut.

Idealnya adalah alat medis berguna untuk sekali pakai. Apalagi untuk alat medis yang diterapkan pada pasien gangguan paru paru seperti pneumonia.

Pasalnya, alat medis yang sudah digunakan, sterilitasnya sudah habis. Sehingga perlu diganti dengan yang fresh jika akan digunakan kepada pasien yang baru. Karena jika alat medis non steril masih digunakan, itu bisa menjadi pintu masuk bakteri ke dalam tubuh yang bersangkutan. Sehingga penularan penyakit tidak bisa lagi untuk dihindari.

Itulah 8 penyebab pneumonia dan penyebab pneumotoraks yang sebagian besarnya masih dilakukan oleh orang hingga saat ini.

, , , ,
Kategori : Pneumonia