8 Penyebab Pneumotoraks yang Harus Diwaspadai

Pneumotoraks merupakan penyakit yang termasuk kategori kegentingan atau darurat medis. Maka dari itu, penyakit ini harus segera diatasi dan sebisa mungkin dicegah sebelum parah dengan cara menghilangkan asap rokok di paru paru. Sebab, semakin parah penyakit yang menyerang pleura, tindakan pengobatannya menjadi semakin susah. Jika tidak dilakukan terapi, pengobatan dengan pembedahaan adalah resiko yang harus anda terima.

Menurut Kami, mengatasi penyakit Pneumotoraks tidak boleh sembarangan. Anda harus tahu dulu apa penyebab penyakit pneumotoraks atau penyakit saluran pernafasan ini sehingga bermunculan.  Jika penyebab sudah diketahui, tentu tindakan mengatasi pneumotoraks menjadi lebih mudah. Tinggal atasi penyebabnya, penyakit pasti hilang dengan sendirinya.

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui tentang cara mengeluarkan cairan di paru paru penyebab pneumotoraks, silahkan simak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan tentang dalang munculnya penyakit kronis tersebut yang bisa anda jadikan sebagai pengetahuan tambahan.

Semoga artikel ini bisa meningkatkan motivasi anda untuk selalu menjaga organ paru paru tetap sehat dan awet tahan lama.

Penyebab Penyakit Pneumotoraks

Penyakit pneumotoraks terbagi menjadi dua yaitu pneumotaraks primer dan pneumotoraks sekunder.

Penyakit pneumotoraks primer adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan organ paru paru padahal sebelumnya organ pernafasan ini tidak mengalami masalah kesehatan akibat gemar makan makanan pencegah paru paru basah. Sedangkan penyakit pneumotoraks sekunder adalah penyakit pneumotoraks yang disebabkan oleh munculnya penyakit lain yang disebut dengan komplikasi.

Nah dari kedua jenis pneumotoraks inilah yang coba kami list penyerbab penyebabnya. Diharap anda semua menghindari penyebab penyebab tersebut jika masih ingin hidup lama di dunia.

Penyebab Penyakit Pneumotoraks Primer

1. Kebiasaan Merokok

Merokok merupakan aktifitas bukan cara mencegah tbc yang sama sekali tidak bermanfaat bagi kesehatan. bahkan penyakit inilah yang lambat laun membuat organ paru paru menjadi rusak.

Pasalnya, ketika asap rokok memenuhi paru paru, metabolisme yang ada didalamnya menjadi terganggu akibat senyawa nikotin. Bahkan ketika senyawa ini sudah berubah menjadi detok, darah yang masuk ke dalam paru paru bisa terinfeksi racun. Tentu ini sangat berbahaya bagi paru paru anda karena sudah tidak bisa diperbaiki dengan tips pencegahan paru paru yang termahal sekalipun.

1. Olahraga Yang Memberatkan Paru Paru

Usia diatas 40 tahun sudah tidak layak melakukan olahraga yang memaksa paru paru bekerja ekstra ketat. Seperti menyelam, bermain sepak bola hingga lari cepat.

Olahraga semacam ini, bisa merubah gerakan paru paru menjadi ekstrim yang berefek pada terbukanya saluran pleura. Jika saluran pleura sudah terbuka lebar, tentu cairan akan masuk ke dalam paru paru yang disebut dengan pneumotoraks.

1. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol jenis apapun jangan sampai anda minum. Lebih baik anda menggantinya dengan minuman jus dari tanaman obat paru paru kering atau buah yang lebih enak. Karena minuman beralkohol ketika masuk ke paru paru bisa membuat paru paru menggelegak kepanasan. Akhirnya paru paru mengalami kolaps bahkan kematian.

1. Udara Kotor

Pastikan sirkulasi udara di rumah anda bersih bebas dari debu. Jangan sampai ada setitik kotoran yang nempel pada benda benda di rumah anda. Karena jika kotoran ini masuk ke dalam paru paru, paru paru akan merespon dengan gerakan cepat untuk segera membuangnya. Tentu, semakin cepat gerakan paru paru, saluran pleura semakin terbuka. Ini yang sangat berbahaya.

Penyebab Penyakit Pneumotoraks Sekunder

1. Infeksi Paru Paru

Gejala paru paru basah yaitu Infeksi paru paru terjadi akibat masuknya bakteri ke dalam organ paru paru yang melewati sirkulasi darah. Bakteri ini mulai melakukan serangan pada mineral sehingga paru paru menjadi kering dan didalamnya penuh dengan kristal padat penghambat masuknya oksigen.

Tanpa oksigen dan minuman pembersih paru paru, paru paru tidak akan bekerja dengan baik. Dia akan kesulitan mengontrol metabolismenya sehingga katup pleura yang harusnya selalu rapat dan tertutup menjadi buka tutup yang intens. Ini yang memicu masuknya cairan ke dalam pleura penyebab pneumotoraks.

1. Cedera Dada

Cedera dada baik akibat kecelakaan atau karena luka tembus peluru merupakan penyebab penanganan pneumotorax gagal yang harus diwaspadai. ketika saluran pleura sobek, cairan mineral dan oksigen akan menempati ruang tersebut yang mengakibatkan anda sulit untuk bernafas. Perlahan lahan, paru paru akan melemah dan posturnya mulai mengerucut akibat terhambatnya kiriman darah dari dalam.

1. Kavitas Paru Paru Pecah

Kavitas adalah sejenis kantung yang terbentuk secara tidak normal dan menempati ruang pada paru paru. Abnormalitas penyebab pneumotoraks ini biasanya disebabkan oleh tumor. Nah, jika kantung tumor ini pecah, cairan nanahnya akan memenuhi ruang pleura sehingga transformasi atau pertukaran oksigen menjadi tidak maksimal.

1. Kesalahan Penggunaan Ventilator

Penyebab pneumotoraks yang terakhir adalah kesalahan penggunaan ventilator. Ventilator adalah alat medis berharga sama dengan biaya rontgen paru paru yang biasanya digunakan untuk mengobati penderita sesak napas dengan cara menambahkan oksigen ke dalam tubuh.

Jika penggunaan alat ini tidak benar, tentu efek sampingnya adalah organ paru paru bisa menjadi rusak. Termasuk sobeknya saluran pleura.

Itulah 8 penyebab pneumotoraks yang harus anda waspadai. Pelajari penyebab ini lalu tinggalkan dan hindari. Niscaya organ paru paru selamat dari pneumotoraks.

Kategori : Pneumotraks