4 Penyebab Radang Paru Paru Masih Jarang di Ketahui

Paru merupakan salah satu organ tubuh paling penting yang dimiliki manusia. Fungsi utama paru – paru  adalah membantu oksigen yang kita hirup untuk masuk kedalam sel darah merah. Paru juga membantu menghilangkan CO2 pada tubuh.

Pada saat ini polusi menyebar sangat cepat. Bisa berasal dari knalpot kendaraan bermotor atau dari asap rokok. Radang paru adalah kondisi peradangan yang terjadi pada sistem pernapasan tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui sistem  pernapasan. Peradangan pada paru-paru ini dapat memengaruhi kantung udara. Kantung udara tersebut biasanya disebut alveoulus. Dalam alveolus terdapat tempat pertukaran antara darah dengan udara.

Gejala radang paru yang biasa menyerang manusia adalah batuk, nyeri dada, demam, dan kesulitan bernapas. Banyak masyarakat menganggap enteng karena gejala ini terkesan biasa. Padahal Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak terkena radang paru. Hal ini mungkin sama jika seseorang mengalami ciri ciri TBC pada orang dewasa.

Polusi udara yang terjadi di kota besar merupakan faktor utama terjangkitnya radang paru di Indonesia. Cara mengetahui lanjutan mengenai radang paru bisa dilakukan rontgen dan pengambilan kultur dari spuntum. Spuntum adalah dahak yang keluar pada saat seseorang batuk. Selain batuk demam pada orang adalah tanda yang paling mudah dikenali. Ketika sudah mulai demam alangkah baiknya mengecek keadaan ke dokter untuk memastikan penyebab demam yang terjadi.

Cara mengobatinya bisa dengan berbagai banyak cara. Vaksin misalnya, yang sudah banyak ditemui dan mudah untuk didapat. Pengobatan dilihat dari seberapa parah atau bagaimana keadaan orang yang terjangkit. Bisa dengan antibiotik untuk pengobatan. Jika masih belum sembuh segeralah bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Banyak masyarakat Indonesia juga percaya dengan obat – obatan herbal yang dibuat dari tumbuhan yang bisa ditemui sekitar rumah. Tetapi bahaya dari mengkonsumsi obat herbal buatan rumahan tidak bisa menjamin dan dipertanggung jawabkan khasiatnya.

Radang paru merupakan penyebab kematian yang utama. Setiap tahunnya radang paru menjangkit 450juta orang, dan menyebabkan sekitar 4 juta kematian. Banyak cara yang sudah dicari oleh ilmuwan. Ditemukan terapi pengobatan dengan antibiotik dan vaksin dan telah meningkatkan daya tahan hidup manusia.

Jadi penting bagi kita mengetahui apa saja penyebab yang bisa membuat seseorang terjangkit radang paru. Selain melihat dari gejala yang sudah dijelaskan dan deteksi dini, ada baiknya kita mengetahui dan bisa menjaga keluarga kita jauh dari penyakit apapun terutama radang paru. Berikut adalah penyebab radang paru pada manusia:

1. Bakteri Streptococcus pneumoniae

Merupakan anggota dari genus streptococcus, sebuah bakteri pada manusia yang signifikan dan diakui sebagai penyebab utama radang paru pada manusia. Saluran pernapasan, sinus, dan rongga hidung merupakan bagian yang biasa terinfeksi bakteri. Berbeda dengan orang yang sudah lanjut usia. Mereka lebih mudah terjangkit karena kekebalan tubuh yang sudah tidak bekerja dengan baik.

Selain orang tua, anak juga mudah terserang bakteri tersebut karena sistem kekebalan atau imun baik pada anak belum terbentuk sempurna. Serta anak juga yang paling gampang terserang bakteri karena faktor mainan atau lingkungannya. Metode penyebaran bakteri bisa dengan cara bersin yang dilakukan penderita, batuk, dan kontak langsung.

Bakteri ini juga merupakan salah satu penyebab umum dari meningitis pada orang dewasa. Seperti yang terjadi dan dialami oleh Alm Olga syahputra. Bakteri ini juga ditemukan pada infeksi telinga. Melihat penjelasan diatas soal bakteri baik kita perduli dan mengecek kesehatan keluarga untuk kebaikan.

2. Virus

Virus merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya radang pada paru manusia. Ditandai dengan demam dan disertai menggigil sakit kepala dan lainnya. Gejala ini biasanya berkurang sekitar hari ke 2 sampai hari ke 5. Jika terjadi pada bayi sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk mengetahui sebenarnya virus tersebut mengganggu sistem bagian mana pada tubuh. Virus influenza  dapat memberikan gambaran klinis yang sama, terutama pada anak-anak. Beberapa jenis virus ini mempunyai tendensi lebih besar menyebabkan penyakit yang lebih parah; yang lainnya mempunyai predileksi menyerang kelompok umur tertentu.

Virus banyak menyerang bayi sampai dengan usia 2 tahun. Biasanya menyerang sistem pernapasan atas pada manusia. Selain itu juga menyerang orang dewasa dan orang dengan disabilitas. Imunisasi pada waktu kecil merupakan langkah tepat untuk menjaga kekebalan tubuh. Selanjutnya pada saat dewasa menjalankan pola hidup yang baik dan teratur. Melihat berbahayanya virus tidak heran virus juga menjadi penyebab kematian yang banyak terjadi.

Indonesia menjadi negara dengan penyebaran virus tercepat. Mengapa? Karena virus dapat menyebar dengan pola musiman di daerah beriklim sedang. Musim dingin dan basah menjadi waktu paling tepat virus menyebar. 2% perminggu virus menjangkit anak pada usia sekolah. Sementara 0,5% menjangkit orang dewasa. Tidak butuh waktu lama hanya dalam hitungan hari virus bisa merusak organ bagian pernapasan dalam seperti paru.

Virus adenovirus merupakan salah satu virus yang menyerang dan tanpa adanya gejala. Tetapi banyak dari jenis virus juga bukan merupakan ancaman bagi manusia. Virus menular melalui kontak langsung. Virus mudah menular dan berlangsung beberapa saat sebelum dan pada masa aktif dari penyakit. Tetapi virus memiliki sifat tidak tahan lama berada dalam tubuh. Biasanya hanya berlangsung selama beberapa minggu. Penyakit ini lebih banyak menyerang bayi dan tidak banyak anak dan orang tua mudah terjangkit. Infeksi akan merangsang terbentuknya anti-bodi spesifik dan biasanya cepat hilang.

Upaya pencegahan bisa dilakukan dengan banyak cara. Bayi adalah saat paling rentan dan sulit dalam hal pengobatan. Sulit disini bicara soal bagaimana sistem tubuh bayi yang tidak boleh salah dalam memberikan obat. Dosis yang tepat dan waktu yang teratur penting diperhatikan dalam masa pengobatan. Pengobatan “rumahan” bisa kita lakukan untuk awal dengan berbagai cara mengobati radang paru paru. Misalnya menjaga pola asupan vitamin pada anak atau orang dewasa sekaligus. Biasanya jika terjadi pada bayi dan anak sistem immunitas mereka bisa dengan cepat mencerna dan memperbaiki jika ada sel yang bermasalah. Artinya sebagai orang tua kita bisa melakukan pencegahan serta upaya pengobatan pada anak atau keluarga kita yang terjangkit radang paru.

Tentu jika kita bicara soal obat – obatan dari dokter akan banyak sekali jenis dan asupan sesuai dengan diagnosa awal. Antara lain biasanya dokter akan memberi kita immunoglobulin RSV intravena. Diberikan secara intra muskuler kepada bayi. Tetapi anak atau dewasa yang mengidap penyakit jantung tidak dianjurkan. Pengawasan dari orang tua dan keluarga menjadi aspek terpenting dalam menangani penyakit jantung ini.

Terkadang sulit bagi kita untuk menjaga anak atau saudara yang terjangkit untuk tidak bersosialisasi. Tetapi perlu diketahui isolasi kontak bisa dilakukan dan efektif. Biasanya ketika virus menyerang tubuh maka daya tahan tubuh akan melemah. Hal ini menyebabkan virus atau bakteri lain akan mudah masuk dan menjangkit tubuh kita melalui kontak langsung. Cara lain untuk mencegah tersebarnya virus adalah dengan cara disinfeksi terhadap peralatan makan dan minum, mencuci muka tangan dan kaki dengan saniter atau pembersih sebelum beraktivitas.

Pengobatan dengan antibiotik tidak disarankan. Saat ini banyak sekali dokter atau rumah sakit yang langsung memberikan antibiotik tanpa tahu virus atau bakteri yang menyerang. Pada pembahasan ini antibiotik bisa diberikan tapi harus dengan pemeriksaan apakah bersamaan dengan bakteri lain. Tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa antibiotik baik diberikan bagi penderita. Hal ini bahkan berdampak buruk bagi anak.

3. Rokok

Seperti yang kita tahu merokok atau menghirup asap rokok sama tidak baik. Rokok mengandung nikotin yang banyak berpengaruh bagi tubuh. Nikotin merupakan senyawa organik alkaloid. Umumnya nikotin terdiri dari karbon hidrogen, nitrogen dan oksigen. 5% nikotin terkandung pada sebatang rokok. Beberapa cara nikotin menyerap dalam tubuh kita. Kulit yaitu pada lapisan mulut atau lapisan hidung manusia. Paru – paru, tentu ketika kita menghisap rokok maka udara dan zat adiktif lainnya masuk kedalam tubuh dan melewati paru kita dan bisa jadi penyebab penyakit asma. Masuk kedalam sistem peredaran darah dan diedarkan ke otak dan seluruh tubuh.

Paru manusia banyak mengandung alveolus. Alveolus adalah semacam kantung kecil tempat terjadinya pertukaran antara udara kotor dan udara bersih yang kita hisap. Perasaan nyaman yang diberikan oleh nikotin kedalam otak membuat manusia sulit menyadari bahaya yang timbul. Fokus penyebaran pada paru nikotin akan dirubah menjadi kotinin dan nikotin oksida. Kotinin dikeluarkan melalui urin. Urin para perokok sangat berbau tajam.

Efek dari merokok sangat beragam. Mengingat metabolisme tubuh manusia yang berbeda menyebabkan berbeda juga efek yang timbul. Perokok bisa menjadi bersemangat tetapi bisa juga sebaliknya. Terparah perokok menjadi ketagihan serta ketergantungan terhadap rokok.

Merokok atau nikotin dalam tubuh kita menyebabkan terjadinya beberapa hal misal detak jantung manusia menjadi lebih cepat, meningkatkan tekanan darah, dan tarik nafas yang berat dan cepat. Fokus pada efek ketiga, sangat berbahaya buat paru yang berfungsi menyaring serta menyalurkan udara yang dihirup. Paru bisa gagal mengatur udara yang masuk karena sulit bernafas dengan baik. Hal ini menyebabkan manusia menjadi lebih sulit untuk melakukan aktivitas dengan nyaman.

Merokok dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke selain radang paru. Hal ini disebabkan karena arteri dalam darah mengalami kerusakan, sehingga tidak berfungsi dengan baik dalam mengedarkan oksigen kedalam tubuh.

Nikotin terbukti sebagai zat adiktif yang berbahaya. Ada 2 setidaknya yang terjadi pada perokok yaitu dalam hal psikologi manusia menjadi ketagihan bahkan sampai ketergantungan terhadap rokok. Berikut dalam hal fisiologis, merokok dapat menstimulus sistem syaraf si perokok.

Hal terparah dari pada merokok ialah manusia bisa terkena kanker paru. Kerusakan kronis pada kantung udara da paru – paru. Kantung akan membesar dan tidak fleksibel sehingga menarik napas akan menjadi sulit dan paru rentan terhadap infeksi.

4. Polusi Udara

Seperti yang kita ketahui saat ini udara yang dihasilkan di Indonesia masuk kedalam 5 pencemaran udara terburuk di dunia. Pencemaran udara bisa melalui asap kendaraan dan didukung dengan berkurangnya lahan hijau di sebuah negara atau perkotaan. Ada beberapa jenis zat pencemaran udara dan yang paling berpengaruh terhadap paru adalah zat nitrogen dioksida (NO2). Zat ini bersifat racun terhadap paru. Paru ketika menghirup zat ini bisa mengalami pembengkakan. Dengan kadar 5ppm percobaan NO2 selama 10 menit kepada manusia dapat mengakibatkan kesulitan dalam bernafas. Hal ini mengungkapkan bagaimana berbahayanya zat ini.

Itulah pembahasan mengenai penyebab radang paru Paru yang masih sangat jarang diketahui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan dapat mengurangi resiko terserang radang paru paru karena dapat menghindari penyebab dari radang paru paru itu sendiri.

, , , , ,
Kategori : Radang Paru Paru