Sponsors Link

8 Penyebab Radang Paru Paru Pada Anak Wajib Orang Tua Waspadai

Sponsors Link

Penyebab radang paru paru pada anak atau pneumonia merupakan penyakit mematikan. Bahkan, pada dekade 50-an, penyakit ini dianggap nomor satu pembunuh balita. Pada era 80-an, penyakit sempat tenggelam. Namun kali ini, entah mengapa, radang paru paru kembali viral dan sulit disembuhkan dengan cara memperkuat jantung dan paru paru.

ads

Tidak tanggung-tanggung, UNICEF mencatat ada 800 ribu anak balita meninggal dunia akibat pneumonia setiap tahun. Sebuah hasil kuantitatif yang tidak boleh disepelekan terutama oleh orang tua.

Pengertian Radang Paru Paru

Radang paru paru merupakan penyakit akibat resiko sedot cairan di paru paru yang terjadi manakala organ paru paru diserang oleh virus. Karena infeksi ini, kantung udara di dalamnya mengalami inflamasi (bengkak).

Jika tidak segera di atasi, peradangan akan membesar karena jumlah cairan lendir di dalamnya bertambah. Ini alasan mengapa radang paru paru juga disebut penyakit paru paru basah.

Gejala Penyakit Radang Paru Paru

Peran orang tua begitu penting untuk tindakan pencegahan gejala awal sakit paru paru yaitu radang paru paru pada anak. Salah satunya adalah kecepatan dalam penanganan gejala. Maka dari itu, selalu kontrol tubuh anak. Sedikit saja mengalami gangguan, langsung bawa ke dokter sebelum ia didakwa mengalami pneumonia. Ini dia gejala yang bisa dipelajari yaitu:

  1. Batuk
  2. Hidung tersumbat
  3. Muntah
  4. Demam
  5. Mengi atau napas berbunyi
  6. Kesulitan untuk bernapas
  7. Terasa nyeri di bagian dada
  8. Menggigil
  9. Tidak nafsu makan

Jika gejala di atas muncul, segera rujuk anak ke rumah sakit. Nantinya dokter akan melakukan pengecekan mendalam di saluran pernafasan hingga tekanan darah saja, karena biaya rontgen paru paru cukup mahal.

Penyebab Radang Paru Paru Anak

Pada dasarnya, penyakit radang paru paru anak disebabkan oleh infeksi virus. Pada beberapa kasus juga diakibatkan oleh serangan bakteri dan kuman. Namun, dari segi sebab akibat, ternyata penyakit ini juga disebabkan oleh masalah tertentu. Ini dia beberapa diantaranya yang harus diatasi dengan cara menjaga paru paru tetap bersih, yaitu:

1. Sistem Imunitas Yang Rendah

Sistem imun anak tentu lebih rendah dibandingkan orang dewasa. Maka dari itu, tubuh mereka lebih rentan diserang virus. Bukan itu saja, rendahnya sistem kekebalan tubuh juga menyebabkan pergerakan virus di paru paru lebih ganas.

Sponsors Link

2. Virus dan Bakteri

Penyebab utama penyakit radang paru paru serta gejala dan ciri paru bermasalah adalah infeksi. Biasanya bakteri maupun virus yang menjadi dalang, masuk melalui udara. Maka dari itu, waspadailah orang yang batuk maupun bersin di sekitar anak.

Bukan itu saja, ternyata penularan pneumonia atau radang paru paru juga bisa melalui pernafasan. Artinya, nafas yang keluar dari penderita pneumonia, lalu terhirup anak, maka peluang penularan penyakit cukup besar.

3. Perawatan Rumah Sakit Tidak Steril

Virus penyebab radang paru paru, banyak ditemukan di rumah sakit. Apalagi yang sistem perawatan pasien dengan cara mengeluarkan dahak bayi secara kimia tidak begitu steril. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika memeriksakan anak ke rumah sakit semacam ini. Karena resiko mengalami infeksi begitu tinggi.

4. Akibat Paparan Zat Kimia

Paparan zat kimia juga penyebab radang paru paru pada anak. Diantaranya adalah kimia dari asap knalpot, asap pembakaran, cara mengencerkan dahak kimiawi dan asap dari limbah pabrik. Selain itu, ketergantungan pada obat kimia juga penyebab yang harus diwaspadai. Atas dasar itu, lebih baik berikan obat herbal untuk anak yang sakit.

5. Batuk dan Pilek Kronis

Penyebab radang paru paru pada anak yang selanjutnya adalah batuk dan pilek yang parah. Alasannya adalah semakin anak batuk dan flu karena tidak diobati dengan cara mencegah emboli paru, iritasi paru paru semakin akut. Sehingga infeksi paru paru lebih tajam.

Sponsors Link

6. Faktor Lingkungan

Berikan anak lingkungan yang sehat. Jika tidak, paru paru mereka bisa bermasalah. Lingkungan yang tidak ideal pada anak seperti terlalu pengap, bisa memicu gangguan pernafasan. Bahkan bisa meningkatkan intensitas batuk mereka.

Ironinya, masih banyak orang tua menyikapi batuk balita sebagai hal biasa. Padahal, jika radang paru paru menyerang, penyebarannya sangat cepat. Anda bisa menyesal karenanya.

7. Akibat Gangguan Jantung dan Pernafasan

Anak yang mengalami gangguan jantung dan pernafasan, beresiko diserang radang paru paru dibandingkan anak lain. Menurut medis, kelainan ini diantaranya adalah asma, cystic fibrosis dan selainnya.

8. Gangguan Masa Kelahiran

Bayi baru lahir sekalipun, tidak lepas dari gangguan radang paru paru. Biasanya, penyakit ini menyerang bayi yang lahir dalam posisi terlilit tali pusar, bayi terhirup air ketuban dan ketuban pecah tidak pada waktunya.

Demikian beberapa penyebab radang paru paru pada anak akibat melanggar pantangan penderita paru paru.  Sesungguhnya masih banyak penyebab lain seperti masalah berat badan, gizi buruk dan kurangnya ASI. Namun, untuk penyebab ini, kasusnya tidak terlalu banyak.

, , ,
Oleh :
Kategori : Radang Paru Paru