Sponsors Link

Kenali 5 Penyebab Sesak Nafas di Malam Hari yang Mengganggu

Sponsors Link

Sesak nafas  disebabkan oleh kekurangan oksigen dalam tubuh termasuk paru paru, jantung dan otak, membuat penderita merasa lemas, mudah lelah bahkan susah tidur di malam hari. Penyebab sesak nafas di malam hari dikarenakan suhu yang dingin/faktor lainnya, dimana kondisi adanya gangguan saluran pernafasan seperti penyakit jantung dan bronkitis.

ads

Seseorang yang tidak mempunyai riwayat asma seperti ibu hamil pun bisa mengalami sesak nafas di malam hari, karena saluran pernafasan yang menyempit dimana sistem imun menurun, tubuh menjadi lemah hingga bronkitis membengkak dan meradang, menyebabkan adanya lendir menghambat aliran nafas membuat sesak nafas.

Sesak nafas pada umumnya disebabkan oleh olahraga yang berlebihan, obesitas, tempat-tempat kurang ventilasi udara, dan masalah kesehatan, yaitu gangguan jantung, keracunan karbon mongosida seperti asap rokok dan kendaraan bermotor, penyakit kanker paru paru, darah rendah, sinusitis, asma, pilek, PPOK, paru paru basah, TBC, anemia, patah tulang rusuk dan alergi. Hal ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri paru paru kotor yang dialami oleh seseorang dan merupakan gejala awal sakit paru paru dalam tubuh.

Penyakit sesak nafas termasuk penyakit yang menyebabkan kematian karena menyerang saluran pernafasan membuat seseorang kesulitan bernafas. Berikut beberapa gejala sesak nafas yang patut diketahui, yaitu:

  • Sulit untuk bernafas lebih sering.
  • Mengalami batuk dan pilek.
  • Mengalami kesulitan tidur.
  • Terdengar mengi saat bernafas.
  • Dada sesak bahkan sakit.

Penyebab sesak nafas di malam hari yang patut diperhatikan dan ketahui sebagai berikut:

1. Perubahan suhu

Dimana pada malam hari suhu angin cenderung  lebih dingin dan suhu tubuh menurun dapat menyebabkan seseorang sesak nafas. Suhu udara malam hari yang dingin membuat seseorang yang punya riwayat asma terkena sesak nafas dan perlu dilakukan penanganan serius dari dokter dengan terapi sesak nafas.

2. Posisi berbaring

Posisi tidur bisa mengakibatkan terjadinya sesak nafas, dimana awalnya tidak mengalami sesak namun bila terlalu lama tidur dalam posisi berbaring menyebabkan seseorang terkena sesak nafas. Maka dalam menjaga kesehatan paru dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring kesamping kanan guna mencegah menyempitnya saluran pernafasan menyebabkan sesak nafas.

3. Reaksi alergi

Hal ini lebih sering dialami oleh seseorang penderita penyakit asma kronis, dimana alergi polusi udara dan hawa dingin, merupakan gangguan yang menyebabkan bronkitis.

Sponsors Link

4. Asam lambung atau GERD

Gejala batuk dan iritasi dialami seseorang penderita asam lambung atau GERD sebagai gejala awal terkena serangan sesak nafas pada malam hari. Seseorang yang terkena penyakit asam lambung biasanya mengalami sesak nafas di malam hari membuat tubuh menjadi tidak nyaman menyebabkan terjadinya naiknya asam lambung ke rongga tenggorokan hingga kesulitan bernafas dan peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi kurang lancar.

5. Ritme sirkadin

Pada malam hari aktifitas organ tubuh biasanya digunakan untuk istirahat mengalami perubahan fungsi tubuh yang terjadi secara berulang menyebabkan sesak nafas. Apabila tubuh dipaksakan untuk terus melakukan aktifitas membuat tubuh menjadi kekurangan asupan oksigen dan lunglai tanpa ditunjang makanan yang sehat, karena ada beberapa makanan penyebab sesak nafas.

Di atas  merupakan beberapa terjadinya penyebab sesak nafas di malam hari yang sebaiknya segera dilakukan penanganan lebih lanjut dengan cara meningkatkan kapasitas paru paru, karena bisa menyebabkan kematian.

, , , , ,