7 Penyebab Terjadinya Paru Paru Basah Wajib di Ketahui

Penyebab terjadinya paru paru basah dikenal juga sebagai pemicu baik secara internal ataupun eksternal seseorang menderita paru paru basah. Paru paru basah sebenarnya bukanlah istilah resmi dalam kedokteran, penyakit ini lebih dikenal dengan nama pneumonia. Definisi pneumonia adalah penyakit yang ditunjukkan dengan kondisi peradangan di dalam paru paru akibat infeksi.

Kondisi infeksi paru memang diketahui sangat berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai jenis masalah kesehatan. Salah satunya adalah radang pada kantung oksigen (alveolus) tadi. Jika terus terjadi peradangan, maka sistem pernapasan akan terganggu karena berkurangnya asupan oksigen ke dalam tubuh.

Walau tidak terkesan berbahaya, ternyata paru paru basah  pun dapat mematikan untuk seseorang. Seperti yang disebutkan oleh WHO, ada sekitar dua juta anak meninggal karena penyakit ini. Akhirnya, pneumonia pun menjadi penyakit penyebab utama anak-anak meninggal di dunia.

Bagaimana untuk orang dewasa? Pada orang dewasa memang penyakit ini tidak banyak menginfeksi. Namun tidak ada salahnya juga untuk mewaspadainya. Kebanyakan anak-anak di bawah usia 1 tahun dan orang dewasa lebih dari 65 tahun yang rentan dengan penyakit ini.

Hal tersebut tentu menarik untuk diketahui, mengapa penyakit tersebut tidak menyerang orang-orang di usia produktif. Tentu alasannya akan berkaitan erat dengan penyebab dari terjadinya paru paru basah itu sendiri. Oleh sebab itulah, pada bagian di bawah ini akan coba dijelaskan apa saja penyebab terjadinya paru paru basah untuk anda waspadai.

1. Efek Samping dari Penyakit Tertentu

Penyebab pertama seseorang dapat menjadi penderita paru paru basah adalah karena efek samping dari penyakit tertentu. Pasti anda tahu bukan penyakit mematikan yang bernama HIV/AIDS. Penyakit yang satu ini diketahui sangat besar pengaruhnya pada daya tahan tubuh penderitanya. Saat daya tahan tubuh pasien terus menurun akan sangat banyak penyakit yang menyerang, termasuk juga paru paru basah dan muncullah berbagai gejala seperti gejala penyakit pneumonia pada umumnya.

1. Infeksi Virus RSV

Tahukah anda apa itu virus RSV? Virus yang satu ini adalah virus yang menyerang anak-anak dan bayi lalu menyebabkan paru paru basah. Lebih dari setengah kasus paru paru basah disebabkan oleh infeksi dari virus ini. Oleh sebab itu, anak-anak khususnya bayi harus sangat dijaga dari infeksi yang mungkin menyerangnya. Jauhkan dari lingkungan dan paparan udara yang tidak sehat juga membawa virus ke dalam tubuhnya.

1. Kebiasaan Buruk Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Bagi orang dewasa kebiasaan buruk merokok dan mengonsumsi alkohol menjadi penyebab utama dirinya menderita paru paru basah. Seperti yang sudah dijelaskan, penyakit ini sangat jarang menyerang orang di usia produktif. Kecuali tentu daya tahan tubuhnya terus menurun. Salah satu penyebab daya tahan tubuh seseorang dewasa menurun adalah merokok dan mengonsumsi alkohol tadi. Akhirnya terjadilah paru paru basah sebagai salah satu akibat dan efek sampingnya.

1. Kondisi Daya Tahan Tubuh yang Tidak Baik

Jangan anggap sepele menjaga daya tahan tubuh yang baik dengan pola hidup sehat dan berolahraga. Tanpa kedua hal tersebut, daya tahan tubuh anda akan terus menurun. Efek jika kondisi daya tahan tubuh menurun adalah mudahnya virus menginfeksi bagian tubuh anda termasuk paru paru. Jenis penyebab inilah yang menjadi penyebab paru paru basah pada bayi yang umum terjadi. Jika tubuh sudah terinfeksi virus, maka paru paru basah pun sudah mudah terjadi.

1. Pengaruh Lingkungan dengan Udara yang Kotor

Penyebab terjadinya paru paru basah lainnya adalah pengaruh dari lingkungan dengan udara yang kotor. Lingkungan berudara kotor diketahui mengandung banyak sekali mikroorganisme yang tidak baik untuk tubuh. Termasuk juga virus bisa masuk ke dalam tubuh anda.

Virus tersebut akan menjadi pemicu penyakit seperti paru paru basah. Itulah mengapa menjaga lingkungan tetap bersih dan mencegah udara kotor terhirup sangat penting anda lakukan.

1. Penularan dari Orang Sekitar

Waspadai juga kemungkinan paru paru basah dapat terjadi karena ditularkan oleh orang lain. Memang paru paru basah merupakan penyakit yang menular. Hal ini dipengaruhi oleh sifat virus yang memang menular. Oleh sebab itu, waspadalah terhadap penyakit paru paru basah yang diderita oleh orang disekitar anda. Jangan sampai anda tertular karena anda tidak berhati-hati dalam menghindari media penularan penyakit.

1. Terkena Paparan Zat Kimia

Penyebab terakhir seseorang dapat menderita paru paru basah adalah karena paparan dari zat kimia. Paparan zat kimia yang terhirup memang dapat menimbulkan infeksi di paru paru . Bahaya infeksi paru paru kemudiaan akan menimbulkan paru paru basah dan akhirnya anda merasakan berbagai gejala dari paru paru basah yang banyak dikeluhkan oleh penderitanya. Jadi jauhkan daerah yang memungkinkan memiliki udara terpapar zat kimia untuk mencegahnya.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai beberapa kemungkinan penyebab terjadinya paru paru basah pada seseorang. Ada banyak jenis penyebab paru paru basah bukan? Jadi waspadalah dan cobalah semaksimal mungkin anda mencegah berbagai penyebab tersebut mengganggu kesehatan anda.

Semoga dengan mengetahui penyebabnya tadi, kini anda pun semakin jelas apa saja cara mencegah pneumonia pada anak dan orang dewasa yang dapat anda lakukan. Ingat jangan tunggu waktu lama untuk mencegah suatu penyakit. Biasakan hidup sehat untuk mencegah tubuh anda terkena berbagai penyakit yang mengancam di sekitar anda. Selamat menjalani hidup sehat dengan paru paru yang sehat!

Kategori : Pneumonia