Sponsors Link

10 Pertolongan Pertama pada Asma Anak yang Cepat Tanggap

Sponsors Link

Pertolongan pertama pada asma anak sangat penting untuk anda pahami dan kuasasi, apalagi jika anak anda adalah salah satu penderita asma. Anak anak memang sangat mudah terjangkit asma, dengan berbagai penyebab asma yang ada di sekitarnya. Misalnya ketika anak tumbuh dari keluarga dengan riwayat asma, peluang anak menderita asma pun semakin tinggi. Belum lagi faktor pengaruh udara, lingkungan, dan kebiasaan lain yang tidak baik untuk sistem kesehatan anda.

ads

Jika anda ingin anak anda terhindar dari akibat penyakit asma, maka anda harus melakukan berbagai cara pencegahan penyakit asma. Namun bagi anak anda yang sudah terlanjur menderita asma, maka yang perlu anda lakukan adalah berbagai upaya penanganan yang tepat.

Tentunya tidak mudah mengetahui suatu upaya penanganan dari penyakit tertentu, terlebih lagi mengatasinya dengan sigap dalam waktu mendadak. Anda tentu perlu mempelajari dan membiasakan terlebih dahulu upaya untuk menangani penyakit asma yang dapat kambuh sewaktu waktu ini.

Saat asma kambuh, maka anak anda akan menunjukkan berbagai tanda-tanda kesulitan bernapas. Tanda tanda ini harus anda hadapi dengan siap. Jangan sampai anda tidak siap menghadapi setiap anak anda kambuh asmanya.

Cara menghadapi kondisi ini tentunya adalah dengan melakukan berbagai cara pertolongan pertama pada asma anak. Lalu bagaimana jika anda belum mengetahui apa saja bentuk pertolongan tersebut? Tenang saja karena anda dapat mempelajarinya pada pembahasan berikut ini.

10 Pertolongan Pertama pada Asma Anak yang Cepat dan Tanggap

Pertolongan pertama sangat dibutuhkan untuk menangani penderita asma yang kambuh dan menunjukkan gejala asma yang mengkhawatirkan. Upaya untuk memberikan pertolongan pertama ini diketahui dilakukan dengan tujuan meminimalisir kerugian dan resiko bahaya dari asma yang kambuh pada penderitanya. Anda tentu juga ingin tahu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada asma kambuh yang terjadi pada anak anda. Jadilah orang tua yang cepat dan tanggap dalam mengatasi asma pada anak, dengan menyimak penjelasan di bawah ini.

  1. Tetap Tenang dan Telepon Ambulans

Saat anda mendapati anak yang kambuh asmanya, pertolongan pertama yang dapat anda lakukan adalah pada diri anda sendiri. Sebagai pemberi pertolongan, orang tua harus tenang dahulu. Anda tenangkan diri anda dan segera hubungi ambulans melalui telepon. Sampaikan kondisi asma anak yang kambuh dan lokasi anda.

  1. Posisikan Anak Anda dalam Posisi Duduk Tegak

Sambil menunggu bantuan medis datang, anda dapat memposisikan anak anda dengan benar. Posisi yang paling baik saat asma sedang kambuh adalah dengan posisi duduk tegak. Tempatkan anak anda di kursi yang memiliki penahan di belakang dan pantau kondisinya.

  1. Longgarkan Pakaian di Bagian Leher dan Dada

Jika napas anak terlihat masih tidak stabil, maka anda dapat melonggarkan pakaiannya terlebih dahulu. Pakaian anak anda harus longgar khususnya di bagian leher dan dada. Hal ini dilakukan agar anak anda tidak kesulitan bernapas dengan pakaian yang terlalu sempit.

  1. Jaga Kesadaran Anak dan Minta untuk Bernapas Perlahan-lahan

Pastikan anak anda tetap sadar apapun kondisinya. Walau anak anda masih sulit bernapas, kesadaran tetap penting. Jangan sampai anak anda kehilangan kesadaran karena sulitnya pernapasan dilakukan. Bantu anak anda mengatur ritme pernapasannya. Tarik napas dan keluarkan secara perlahan. 

Sponsors Link

  1. Dalam Kondisi Panik, Minta Anak Anda Tetap Tenang

Anak anak yang dalam kondisi panik saat asma kambuh, perlu anda tenangkan. Semakin anak anda panik, semakin sulit bernapas dilakukan dan itulah yang menjadi penyebab asma kambuh lagi. Tenangkan anak anda dengan menggendongnya atau mengelus punggungnya. Saat anak sudah lebih tenang, pernapasan pun akan lebih mudah dilakukan.

  1. Berikan Obat Asma yang Biasa Dikonsumsi Anak

Jika anak anda bukan penderita asma baru, maka anda tentu sudah menyimpan obat asma yang biasa dikonsumsi. Berikan obat asma ini sebagai salah satu bentuk pertolongan pertama pada asma anak juga. Pastikan dosisnya tepat, jangan panik dan salah memberikan obat.

  1. Gunakan Inhaler yang Siap Digunakan

Anda juga perlu memiliki inhaler di rumah, jika anak anda penderita asma. Alat ini sangat berguna saat anak sedang kambuh. Pertolongan pertama dengan menggunakan inhaler ini pun diketahui sangat efektif manfaatnya. Namun anda harus memastikan tahu cara menggunakannya untuk cara penanganan penyakit asma.

  1. Jika Tidak Cukup, Cobalah Gunakan Bronkodilator

Selain inhaler, ada juga alat bronkodilator untuk membantu anak anda bernapas saat asma kambuh. Alat ini bentuknya lingkaran dengan bagian yang harus anak anda hirup dan hembuskan sampai sistem pernapasan kembali normal. Bronkodilator diketahui juga baik untuk treatment agar penyempitan saluran udara dapat diatasi. 

Sponsors Link

  1. Saat Hilang Kesadaran, Lakukan CPR Segera

Perhatikan kondisi anak anda, jika anak sudah hilang kesadaran tapi bantuan medis belum datang maka anda sebaiknya melakukan CPR. CPR atau Cardiopulmonari Resuscitation dapat anda lakukan untuk memastikan tidak ada henti napas yang terjadi pada anak anda.

Namun pengetahuan CPR ini memang harus dilatih dan mendapatkan pengetahuan formal untuk melakukannya dengan normal.

  1. Sampaikan Kondisi pada Petugas Medis

Saat bantuan medis akhirnya datang, anda dapat segera menginformasikan semua kondisi dan pertolongan yang anda lakukan. Petugas medis perlu informasi tersebut untuk mengetahui kondisi anak anda. Jadi saat dibawa ke rumah sakit kondisi anak sudah dapat diberikan penanggulangan yang tepat.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai berbagai pertolongan pertama pada asma anak yang perlu anda pahami sebagai orang tua. Tentu orang tua yang memahami berbagai pertolongan pertama pada asma tanpa obat ataupun dengan obat akan sangat efektif dalam menyelamatkan anak anda dalam kondisi kritis akibat asma.

Asma dapat segera anda atasi dengan efektif, cepat, dan tanggap. Pertolongan pertama dapat menjaga kondisi anak hingga bantuan medis datang. Jadi pahami dengan menyeluruh dan kuasai segala prosesnya!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Asma