Sponsors Link

6 Pertolongan Pertama Pada Asma Tanpa Obat Paling Efektif

Sponsors Link

Asma adalah suatu kondisi terjadinya pembengkakan, penyempitan akibat adanya radang di saluran pernapasan yang menghasilkan banyak cairan lendir sehingga sulit untuk bernapas. Asma bukan penyakit menular, namun penyakit turunan. Apabila suatu keluarga memiliki riwayat penyakit asma maka persentase keturunannya mengidap asma lebih tinggi berbanding yang tidak ada riwayat penyakit asma. Asma dapat kambuh karena berbagai macam faktor antara lain:

ads
  • Lingkungan

Hal ini berkaitan dengan kondisi lingkungan penderita. Terlalu berdebu atau dingin. Atau terdapat hal-hal yang membangkitkan alergi penderita misalnya bunga, bulu hewan dan lain-lain.

  • Makanan

Makanan juga dapat membuat asma kambuh. Diantara makanan yang dapat menyebabkan kambuh adalah udang, coklat, makanan junk food, minuman dingin dan sebagainya.

  • Emosional

Kondisi emosional penderita juga mempengaruhi kebangkitan asma penderita. Misalnya dalam kondisi stress, marah, panik yang menyebabkan degup jantung tidak stabil akan memicu asma kambuh.

  • Penyakit

Penyakit semisal flu dan batuk dapat membuat jalur pernapasan dipenuhi lendir sehingga menyulitkan penderita untuk bernapas.

Pada saat asma tiba-tiba kambuh dan tidak tersedia obat atau inhaler di sekitar penderita, maka segeralah melakukan Pertolongan Pertama Pada Asma Tanpa Obat. Berikut penjelasannya:

  1. Membawa ke tempat yang nyaman

Pertolongan Partama Pada Asma Tanpa Obat yang pertama adalah apabila hal ini terjadi pada orang sekeliling Anda, segera bawa dia ke tempat yang tenang dan sejuk. Agar penderita dapat lebih banyak menghirup udara segar. Usahakan untuk tidak panik ketika menanganinya. Dan ajak juga penderita untuk lebih tenang dan rileks. Apabila penderita panik, maka akan memacu kerja jantung untuk berdegup lebih kencang yang akan membuat dada penderita lebih sesak. Karena oksigen yang masuk tidak dapat memenuhi kebutuhan kerja jantung.

  1. Menyandarkan punggung pada benda tegak

Sandarkan penderita pada dinding atau apapun yang dapat menopang badannya dan membuat penderita lebih nyaman dan rileks. Minta penderita untuk melemaskan otot-otot tubuhnya. Perlu diingat bahwa ketika sesak napas kambuh, dilarang bagi penderita untuk berbaring atau merebahkan tubuhnya. Karena dapat membuat penderita menjadi semakin sulit bernapas.

  1. Atur pernapasan

Arahkan penderita untuk mengatur napasnya secara perlahan. Ajak dia menarik napas menggunakan hidung secara perlahan lalu mengelurkannya melalui mulut secara perlahan juga. Gunakan hitungan pendek sampai penderita dapat memaksimalkan tarikan dan hembusan napasnya.

Sponsors Link

  1. Pijat refleksi

Lakukan pijatan pada titik akupuntur di kaki maupun ditangan. Hal ini harus Anda pelajari terlebih dahulu agar dapat dengan benar dipraktekkan kepada penderita bahkan untuk diri sendiri. Pada telapak kaki, tekan dan pijat di bagian horizontal sekitar 2-3cm dibawah jari telunjuk sampai jari kelingking.

Posisi tersebut adalah titik akupuntur saraf paru-paru. Kemudian tekan dan pijat pada bagian sisi luar telapak jempol di ruas jari paling atas. Posisi ini merupakan titik akupuntur saraf hidung. Lakukan ini bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri. Kemudian Anda dapat beralih pada tangan penderita. Jepit dan tarik sampai maksimal jari telunjuk dan jari tengah secara bergantian. Lakukan pada kedua tangan penderita. Tindakan ini dapat menjadi Pertolongan Pertama Pada Asma Tanpa Obat.

  1. Beri air hangat

Berikan minuman berupa air putih hangat kepada penderita agar dapat membantu melegakan pernapasannya karena efek hangat yang melewati dada penderita.

  1. Jauhi sumber alergi

Penting bagi penderita untuk mengenali penyebab asmanya kambuh saat itu. Agar penderita dapat dijauhkan dari sumber alerginya tersebut. Untuk menghindari asmanya kambuh kembali.

Apabila Pertolongan Pertama Pada Asma Tanpa Obat ternyata tidak membuat asma menjadi reda, segera bawa penderita ke rumah sakit sebelum kondisinya semakin parah. Ketahui juga beberapa cara penanganan sesak napas mendadak dengan bebagai macam penyebab sesak napas tiba-tiba, misal pneumotoraks, sesak napas karena masuk anginsesak napas setelah minum kopi, dan lain sebagainya.

, ,
Oleh :
Kategori : Asma