Sponsors Link

6 Tips Pertolongan Pertama pada Sesak Nafas karena Alergi

Sponsors Link

Pertolongan pertama pada sesak nafas karena alergi adalah berbagai upaya untuk menyelamatkan seseorang yang sesak nafas akibat alergi. Seseorang ini mungkin saja anda yang mengalami alergi, keluarga dan kerabat anda, atau orang tidak dikenal yang ada di sekitar anda. Sebisa mungkin mengetahui informasi ini akan membantu orang tersebut terhindar dari bahaya. Itulah sebabnya, mengapa anda sangat disarankan untuk mengetahui informasi sederhana ini.

ads

Sesak nafas diketahui adalah keadaan di mana seseorang mengambil nafas pendek berkali kali dan berat terasa. Keadaan ini salah satu penyebabnya adalah karena alergi. Alergi merupakan hal yang dipicu oleh pantangan bisa berupa makanan, kondisi, dan banyak benda atau pemicu lainnya.  Alergi juga bisa digambarkan sebagai sistem aliran tubuh yang mengalami ketidakcocokan  pada sistem kulit seseorang. Sistem kekebalan tubuh penderita kemudian akan melemah dan sesak nafas pun dengan mudah dapat terjadi.

Kondisi sesak nafas pada penderita alergi ini pun tergolong berbahaya. Selain dapat mengganggu aktivitas, sesak nafas pun dapat diikuti dengan demam dan perasaan tidak nyaman oleh penderita. Kemudian penderita pun akan panic dan khawatir sehingga efek sampingnya pun dapat semakin parah.

Penyebab bayi sesak nafas pun bisa karena alergi. Jadi pastikanlah untuk selalu mengusahakan pengobatan terbaik untuk anda atau orang di sekitar anda yang terkena sesak nafas karena alergi. Jika pengobatan ke dokter sulit untuk dijangkau dalam waktu singkat, maka lebih baik jika anda segera memberikan pertolongan pertama pada sesak nafas karena alergi ini. Apa saja pertolongan pertama tersebut?

Pertolongan Pertama pada Sesak Nafas karena Alergi

Berikut tadi informasi lengkap mengenai penjelasan sesak nafas yang disebabkan oleh alergi. Untuk itu anda perlu mengetahui apa saja pertolongan pertama yang dapat dilakukan. Berikut ini 6 diantaranya.

  1. Membawa Penderita ke Tempat Tenang

Jika anda menemukan orang yang mengalami sesak nafas karena alergi, maka anda harus segera mengetahui apa pemicunya. Setelah mengetahui pemicunya, maka anda dapat segera melakukan pertolongan pertama berupa menjauhkan diri ke tempat tenang. Tempat yang terlalu ramai dapat membuat sesak nafas menjadi lebih parah. Oleh sebab itu, segera menghindari tempat ramai tersebut dan berusahalah bernafas dengan tenang atau gunakan fungsi nebulizer ventolin di tempat tenang ini.

  1. Mendudukan Penderita ke Posisi Duduk yang Benar

Posisi duduk yang tidak benar dapat membuat sesak nafas yang dialami semakin parah. Itulah sebabnya, salah satu pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah membantu penderita duduk pada posisi yang benar dan tegak. Dalam posisi tersebut, mulailah tarik nafas dalam dan hembuskan hingga aliran nafas ke dalam tubuh kembali membaik.

  1. Tidak Membiarkan Penderita pada Posisi Tidur

Penderita yang mengalami alergi lalu terhenti dalam posisi tertidur harus segera didudukan. Posisi tidur akan membuat proses pernafasan menjadi lebih sulit dilakukan. Sebab itu, bantu penderita kembali ke posisi duduk dan sadarkan juga minta untuk menarik nafas dalam dalam dan hembuskan berulang kali. Cara ini juga termasuk dalam pertolongan pertama pada asma tanpa obat yang terjadi kambuh.

Sponsors Link

  1. Memberikan Air Hangat untuk Diminum

Memberikan air hangat untuk dikonsumsi oleh penderita sesak nafas karena alergi pun merupakan pertolongan pertama yang baik. Anda dapat memberikan air hangat ini untuk menetralisir racun di dalam tubuh dan meningkatkan oksigen pada aliran sistem organ tubuh seperti pada keadaan normal.

  1. Melonggarkan Pakaian agar Tidak Sesak

Jika penderita sesak nafas mengenakan baju yang sempit, segeralah longgarkan baju tersebut sebagai bentuk penanganan sesak nafas mendadak. Hal ini dilakukan agar penderita tidak semakin menderita karena bajunya. Anda dapat membuka dua kancing paling atas jika baju yang dikenakan adalah kemeja. Atau anda dapat merobek bagian kerah, jika baju yang digunakan adalah kaos atau blouse.

  1. Memanggil Bantuan Darurat

Jika anda tidak mengetahui pertolongan pertama pada sesak nafas karena alergi, maka cara terbaik untuk anda lakukan dalam membantu pasien adalah dengan menghubungi nomor keadaan darurat. Pemberi pertolongan pertama akan datang dan mengambil alih proses pertolongan. Anda cukup memberikan keterangan bagaimana kejadian berlangsung mulai dari penderita sesak nafas hingga pertolongan pertama datang.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai apa saja yang dapat anda lakukan sebagai pertolongan pertama pada sesak nafas karena alergi. Informasi yang berguna ini sungguh dapat membantu seseorang bahkan menyelamatkan nyawa orang yang sesak nafas tiba tiba tersebut. Lebih baik lagi anda mengetahui dengan jelas alergi apa yang anda derita. Sehingga sebisa mungkin alergi itu dapat anda cegah dengan menghindari pemicunya. Semoga anda dapat segera menyelesaikan permasalahan sesak nafas anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas