Sponsors Link

5 Tips Pertolongan Pertama Sesak Nafas pada Anak Anda

Sponsors Link

Pertolongan pertama sesak nafas pada anak merupakan satu lagi informasi yang perlu anda ketahui ketika anak anda mengalami sesak nafas dan perjalanan ke dokter membutuhkan waktu yang cukup lama. Sesak nafas diketahui merupakan kondisi di mana seseorang sulit untuk menarik dan mengeluarkan oksigen. Biasanya keadaan ini terjadi juga dengan bunyi tarikan nafas yang berat dan membuat anda seperti lemas dan tidak dapat melakukan kegiatan apapun lagi. Keadaan yang membahayakan ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga dapat terjadi pada anak-anak.

ads

Jika sesak nafas terjadi pada anak-anak, maka biasanya orang tua akan sangat khawatir dan panik dalam menanggulanginya. Pertama, sesak nafas ini pasti akan mengganggu kesehatan paru paru anak anda dan juga mungkin anaka anda akan mengalami demam dan keluhan lainnya. Sesak nafas pada anak ini pun dapat terjadi karena berbagai penyebab dan pemicu. Salah satunya mungkin adalah alergi yang harus segera dilakukan pertolongan pertama pada sesak nafas karena alergi.

Lain lagi jika sesak nafas pada anak anda disebabkan oleh asma, maka pertolongan pertama yang paling tepat tentu berkaitan dengan obat asma anak anda itu sendiri. Lalu bagaimana jika anda belum mengetahui pasti penyebabnya? Berikut ini informasi bermanfaat mengenai berbagai macam pertolongan pertama sesak nafas pada anak yang dapat anda lakukan.

Pertolongan Pertama Sesak Nafas pada Anak Anda

Pada bagian sebelumnya, telah dijelaskan bahwa pertolongan pertama pada sesak nafas yang terjadi pada anak tidak harus diketahui penyebabnya. Hal ini tentu berbeda dengan cara pengobatan. Itulah mengapa anda perlu mengetahui berbagai jenis pertolongan tersebut. Setidaknya ada 5 pertolongan bermanfaat yang dapat anda lakukan untuk menyelamatkan nyawa anak-anak yang menderita sesak nafas secara tanggap. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

  1. Memosisikan Anak ke Posisi Setengah Duduk

Anak yang mengalami sesak nafas biasanya akan mengeluhkan tulang rusuk sakit saat tarik nafas sebagai gejala awal. Jika memang keadaan ini sudah terjadi pada anak anda, maka anda dapat membantu kondisi pernafasan ini dengan memosisikan anak anda dalam posisi setengah duduk. Posisi setengah duduk adalah posisi di mana anak anda ditopang setengah badannya oleh anda, sedangkan bagian bawah diluruskan saat duduk. Cara ini ampuh untuk mengurang rasa sakit saat menarik nafas karena termasuk dalam pertolongan pertama sesak nafas karena GERD.

  1. Tidak Panik dan Menjaga Anak pun Tetap Tenang

Anda yang menemukan keadaan anak anda sedang sesak nafas, disarankan untuk tidak panik dan tetap tenang. Cara ini juga dapat memberikan sugesti pada anak anda agar tidak panik. Anda pun dapat memberikan ketenangan pada anak anda. Jadi anak anda pun kembali dapat menarik nafas secara perlahan-lahan.

  1. Membawa Anak ke Tempat yang Lebih Tenang

Anak yang mengalami sesak nafas di tempat umum tentu sulit ditangani dengan tenang. Oleh sebab itu, tindakan pertama yang harus anda lakukan sebagai penanganan sesak nafas mendadak adalah mencari tempat terdekat yang tenang dan memindahkan anak anda ke sana. Di tempat tersebutlah anda kemudian bisa lebih tenang dan fokus dalam membantu anak anda perlahan lahan kembali menarik nafas. Jika anda tidak berhati-hati, maka sangat berbahaya untuk membiarkan anak anda tetap sesak nafas dalam keadaan ramai.

Sponsors Link

  1. Melonggarkan Pakaian Anak Anda

Faktor jenis pakaian yang digunakan pun dapat menjadi pemicu seseorang mengalami sesak nafas, khususnya pada anak anak. Itulah alasan mengapa anda sangat disarankan untuk segera melonggarkan pakaian yang dikenakan anak anda ketika sedang sesak nafas. Setelah pakaian longgar, maka mintalah anak anda untuk menarik nafas kembali perlahan-lahan. Salah satu penyebab sesak nafas setelah makan pun diperkirakan adalah baju yang terlalu ketat.

  1. Memberikan Obat Pereda Sesak Nafas

Jika anak anak anda mengalami sesak nafas tiba tiba akibat alergi, maka berikan obat anti alergi. Lalu jika anak anda sesak nafas karena asma, maka berikan obat asma. Demikianlah anda harus selalu siap sedia dengan obat obatan yang diketahui adalah obat yang diperlukan anak anda. Jadi ketika ada penyakit yang kambuh, anda dapat siap sedia memberikan obat peredanya.

Berikut tadi informasi lengkap mengenai 5 rekomendasi pertolongan pertama sesak nafas pada anak yang perlu anda lakukan. Lakukanlah berbagai cara di atas untuk membuat anda semakin hari semakin tanggap mengatasi resiko penyakit anak anak anda. Jangan sampai karena kelengahan anda maka anda tidak dapat menyelamatkan anak anda dari resiko bahaya sesak nafas. Lakukanlah berbagai cara tersebut dan miliki anak yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas