Sponsors Link

6 Pertolongan Pertama Sesak Napas Karena GERD

Sponsors Link

Sesak nafas dapat bermacam-macam penyebabnya. Bisa disebabkan oleh penyakit jantung, asma, gangguan pada paru-paru seperti misalnya pneumotorakspenyakit paru-paru kering, atau termasuk gejala radang paru-paru pada orang dewasa atau karena gangguan pada pencernaan. Gangguan pada pencernaan ini termasuk permasalahan lambung. Bagi Anda yang mengalami gangguan pada lambung pasti pernah merasakan nyeri pada lambung, panas atau sakit pada ulu hati, mual, sering bersendawa dan lain-lain. Hal tersebut salah satunya dipicu oleh meningkatnya asam lambung yang dapat menyebabkan maag atau radang lambung. Semakin parah yang terkadang sampai mendorong asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Biasanya dikenal dengan GERD.

ads

GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease merupakan kesalahan fungsi esofagus (otot antara lambung dan kerongkongan) yang menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan. Apabila isi lambung naik ke kerongkongan akan menyebabkan nyeri dan sesak pada dada, seperti terbakar dan kadang membuat susah untuk bernapas. Dan gejalanya sulit dibedakan dengan sakit jantung atau gejala radang paru-paru. Di Indonesia sekitar lebih dari dua juta kasus terjadi per tahun.

Sesak nafas ini bisa datang kapan saja apalagi bagi Anda yang pola makannya tidak teratur, sering makan pedas dan asam, makan berlebihan dan lain-lain. Apabila Anda atau orang disekitar Anda mengalami sesak nafas tiba-tiba, lakukanlah Pertolongan Pertama Sesak Nafas Karena GERD berikut.

  1. Minum teh encer hangat

Pada saat sesak nafas menyerang, buatlah teh encer. Rebus teh celup sampai mengental. Kemudian ulangi lagi merebus teh celup tersebut dengan air yang baru. Hasil rebusan teh yang kedua ini Anda minum. Tujuannya adalah supaya kafein yang terdapat pada teh tidak terlalu kuat dan tidak membuat lambung Anda terasa sakit. Jika ingin menambahkan madu juga boleh. Cukup 1 sendok makan.

  1. Longgarkan pakaian

Longgarkan pakaian Anda termasuk pakaian dalam terutama di bagian dada dan perut. Sebaiknya dilepas. Agar dada dan perut tidak terlalu sesak dan dapat bernapas lebih lega.

  1. Pijat bagian ketiak

Lakukan pemijatan sendiri pada bagian lipatan ketiak dengan tangan secara bergantian. Lipatan ketiak kanan dipijat dengan tangan kiri, sebaliknya lipatan ketiak kiri dipijat dengan tangan kanan. Lakukan sampai bagian yang sakit ketika dipijat tidak terasa sakit lagi. Yang berarti otot pernapasan sudah tidak tegang. Dan Anda dapat bernapas lebih lega.

  1. Olesi dada dan punggung dengan minyak angin

Oleskan pada dada dan juga punggung dengan minyak angin yang dapat menghangatkan tubuh. Sambil diusap-usap ke arah bawah untuk terapi mengurangi sesak nafas.

  1. Kompres dada dan punggung dengan air hangat

Masaklah air panas dan masukkan air tersebut ke dalam kompres berbahan karet sebanyak sepertiga atau setengah kurang, lalu campur dengan air biasa. Kompres bagian dada dan punggung. Ini bertujuan agar gas yang berada disekitar dada keluar.

Sponsors Link

  1. Berbaring dengan bantal yang agak tinggi

Berbaringlah di atas kasur Anda dengan posisi bantal yang lebih tinggi atau seperti punggung miring 45 derajat agar gas tidak kembali naik ke dada dan menyebabkan sesak nafas.

Apabila langkah Pertolongan Pertama Sesak Nafas Karena GERD ini tidak dapat meringankan sesak nafasnya, maka sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter.  Agar dapat diperiksa lebih detail misal dengan melakukan scan pada dada sehingga dapat didiagnosis oleh dokter dan dapat penanganan yang tepat. Karena apabila dibiarkan dapat merusak kerongkongan dan dapat memicu kanker kerongkongan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas