Pneumonia : Definisi, Gejala, Penyebab Dan Pengobatannya.

Ingin paru-paru sehat dan awet tanpa mengeluarkan biaya rontgen paru paru?. Ingin nafas tetap stabil segar dan lapang?. Pastikan Anda selamat dari gangguan penyakit paru paru.

Penyakit yang menyerang paru paru sangat banyak. Ada legionnaires, pneomotoraks, kanker paru paru, bronkhitis, tbc dan pneumonia. Karena penyakit penyakit diatas sangat berbahaya, maka anda harus memahami gejalanya sehingga bisa mencegahnya sebelum bertambah parah.

Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang cara penularan penyakit paru paru yang begitu mematikan sehingga anda perlu tahu definisi, gejala, penyebab dan pengobatannya. Penyakit ini adalah gangguan pneumonia.

• Pengertian Pneumonia

Pneumonia adalah penyakit paru paru yang diakibatkan oleh infeksi bakteri akibat makanan pencegah paru-paru basah tidak higienis. Infeksi ini berhasil melakukan radikalisme metabolisme sehingga muncullah pembengkakan kantung kantung udara yang menyerang sebagian paru paru atau seluruh paru paru. Biasanya tempat kantung kantung udara ini menempel di ujung saluran pernafasan dan dipenuhi oleh banyak cairan.

• Gejala Pneumonia

Gejala pneumonia tergantung bakteri yang melakukan infeksi dan kondisi penyakit. Usia juga menentukan terjadinya gejala pneumonia sehingga ada cara mencegah pneumonia pada anak. Oleh dari itu, gejala pada satu pasien berbeda dengan gejala yang dialami oleh pasien lainnya.

Walaupun begitu, gejala pneumonia masih bisa digolongkan sebagai berikut, yaitu :

1. Demam cukup tinggi
  2. Mengeluarkan keringat sembari menggigil
  3. Batuk kering yang disertai darah
  4. Batuk berdahak yang kental kekuning kuningan
  5. Napas tersengal sengal dan relatif lebih pendek
  6. Dada terasa nyeri dan sakit terutama saat batuk
  7. Mual yang disertai dengan muntah muntah
  8. Diare akut
  9. Mudah lelah.

Nah, jika anda mengalami ciri ciri atau gejala diatas, segera atasi dengan minum tanaman obat paru paru kering atau melakukan konsultasi medis. Sehingga bisa dilakukan diagnosis dan tindakan medis lanjutan yang lainnya.

• Penyebab Penyakit dan Gangguan Pneumonia

Pada dasarnya, penyakit pneumonia disebabkan oleh serangan infeksi virus dan koloninya seperti bakteri, jamur dan mikroba. Penyakit ini berkategori menular akibat mudahnya bakteri berpindah tempat melalui udara. Jika anda bersin atau batuk, bakteri penyebab pneumotoraks yang ada pada saluran pernafasan akan ikut keluar bersama udara yang anda keluarkan sehingga bakteri ini akan menempel pada orang yang ada di sekitar anda. Akibatnya orang tersebut juga mengalami penyakit yang sama yaitu pneumonia.

Untuk lebih jelasnya, Berikut ini kami list beberapa penyebab gejala awal sakit paru-paru pneumonia bersarang di paru paru manusia, yaitu :

1. Bayi hingga usia dua tahun
  2. Lansia yang sudah berusia diatas kepala enam
  3. Faktor genetika atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit yang sama
  4. Sistem imun atau kekebalan tubuh yang lemah
  5. Ketergantungan Obat Tertentu
  6. Perokok aktif dan pasif
  7. Karena Gejala Penyakit kronis seperti diabetes dan asma
  8. Akibat Efek samping Kemoterapi
  9. Opname di Rumah Sakit
  • Pengobatan Pneumonia

Penyakit paru paru basah atau pneumonia harus segera diobati. Jika tidak, nyawa anda bisa terancam. Berikut ini beberapa tekhnik pengobatan untuk penyakit pneumonia.

1. Antibiotik

Antibiotik diberikan ketika pneumonia masih stadium ringan. Fungsinya adalah meningkatkan energi tubuh sehingga mampu menghilangkan peradangan secara alami. Biasanya ketika diberikan antibiotik, 1-3 hari pasien sudah merasa baikan.

1. Opname

Opname atau rawat inap dilakukan apabila obat telan antibiotik sudah tidak mampu lagi mengatasi penyakit. Sehingga dibutuhkan antibiotik dengan dosis lebih tepat yang disuntikkan pada jarum infus.

1. Tambahan Oksigen

Jika pneumonia disertai dengan sesak napas akibat cairan yang meluap, tambahan oksigen harus dilakukan supaya paru paru masih bisa bekerja dengan baik. Caranya bisa dengan selang infus atau dengan sungkup mulut. Jika hal ini masih terus berlanjut, mungkin tindakan operasi harus segera dilakukan.

Karena pada kondisi seperti itu, sebagian atau bahkan seluruh organ paru paru sudah kolaps dan lemah sehingga membutuhkan perbaikan hingga amputasi jika dimungkinkan.

1. Cuci Darah

Pada penderita pneumonia akut, mungkin radang kantung sudah pecah sehingga cairannya mengkontaminasi darah, sehingga diperlukan cuci darah dan tindakan perawatan ICU.

• Pencegahan Pneumonia

Gejala dan ciri paru paru kotor serta pneumonia bisa dicegah sejak dini. Caranya adalah dengan menjaga saluran udara yang masuk ke dalam tubuh tetap steril dari bakteri. Semakin minus bakteri di dalam paru paru, peluang terjadinya pneumonia menjadi semakin kecil.

Ini dia tindakan pencegahan bakteri penyebab pneumonia masuk ke dalam paru paru anda tanpa minuman pembersih paru paru, yaitu :

1. Rajin melakukan konsultasi medis
  2. Intens mencuci tangan sekalipun tangan sedang bersih
  3. Hindari mengkonsumsi obat tanpa resep dokter
  4. Konsumsi air putih yang banyak
  5. Pastikan udara yang anda hidup segar dan bersih
  6. Segera berobat jika mengalami gejala penyakit
  7. Jauhi Asap Rokok, polusi udara, asap pembakaran dan benda benda yang membuat sesak napas lainnya.

Itulah segala sesuatu tentang penyakit pneumonia sekaligus cara mencegah legionnaires. Semoga artikel ini bisa menambah pemahaman anda tentang penyakit paru paru ini, sehingga kewaspadaan dan kehati-hatian anda terhadapnya semakin besar.

, , , , ,
Kategori : Pneumonia