Sponsors Link

5 Ramuan Herbal Radang Paru Paru Paling Aman di Konsumsi

Sponsors Link

Apa yang akan anda lakukan ketika anda terkena penyakit radang paru-paru dan tidak memungkinkan anda untuk keluar rumah? Di dalam artikel ini, anda akan segera menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Seperti yang kita ketahui, radang paru-paru merupakan penyakit gangguan paru-paru yang sangat mudah menyerang manusia, baik pada anak-anak maupun dewasa. Radang paru-paru ini timbul karena peradangan pada kantong udara paru-paru yang sangat kecil disebut dengan alveolus.  Hal tersebut menimbulkan bermacam-macam gejala radang paru-paru. Penyebab radang paru-paru ini tak lain adalah virus dan bakteri.

ads

Untuk itu, perlu kita waspadai akan perubahan kondisi fisik kita sendiri apalagi ketika memasuki musim hujan seperti saat ini. Peralihan antara musim hujan dan musim kemarau ini menjadi kondisi favorit para virus dan bakteri penyebab radang paru-paru untuk menyerang fisik kita dan melemahkan proteksi tubuh kita. Akibatnya, baik orang dewasa maupun anak-anak akan sangat mudah terkena penyakit radang paru-paru ini.

Apabila anda sudah terlanjur terkena radang paru-paru ini, jangan khawatir. Terdapat beberapa bahan-bahan alami atau herbal yang dapat anda manfaatkan sebagai pengobatan pertama. Khususnya apabila anda tidak memiliki kesempatan atau waktu untuk keluar rumah dan pergi ke dokter. Berikut beberapa ramuan herbal radang paru paru:

1. Perpaduan Jahe, Buah Pir, daun Lidah Buaya, dan Madu

Perpaduan dari jahe, buah pir, daun lidah buaya dan madu ini sangat aman. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, jahe menjadi bahan ramuan pengobatan yang terkenal dan manjur. Pasalnya, kita sudah tidak bisa meragukan lagi berbagai macam khasiat dari jahe ini. Selain menyedapkan makanan, jahe juga dapat menghangatkan tubuh.

Jahe sendiri sudah digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati berbagai penyakit seperti pusing, mual, nyeri otot, batuk hingga digunakan sebagai tanaman yang dapat berperan dalam penanganan kanker.

Buah pir merupakan buah yang mengandung anti oksidan yang tinggi. Selain itu, buah pir mampu membantu melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita, merawat dan mencerahkan kulit. Selain itu, buah pir dapat mencukupi asupan Vitamin C pada tubuh kita jika dikonsumsi secara cukup dan dengan kondisi buah yang segar.

Bahan ketiga merupakan lidah buaya yang sangat terkenal dengan khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit dan infeksi pada kulit. Selain itu, daun lidah buaya dapat digunakan sebagai obat pencahar dan obat radang. Sangat cocok bukan digunakan sebagai ramuan penyakit radang paru-paru?

Yang terakhir, madu. Merupakan bahan yang memiliki sejuta khasiat untuk manusia. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, madu mampu menyembuhkan berbagai macam gangguan paru-paru seperi flu, radang paru-paru dan batuk. Madu meruapakan salah satu bahan yang bersifat antibakteri dan mampu memerangi berbagai macam kuman dan bakteri jahat dalam tubuh.

Dari berbagai macam bahan yang disebutkan diatas, sebagai ramuan herbal radang paru paru ini dapat diracik dengan bahan seagai berikut:

  • Ambil jahe berukuran sedang dan potong sebesar 1 ruas jari orang dewasa
  • Buah pir segar berukurang besar 1 buah
  • Daun lidah buaya berukuran sedang, kupas kulitnya
  • Madu secukupnya

Selanjutnya, Rebus semua bahan dengan menggunakan 2 gelas air matang atau sekitar 800ml. Ramuan direbus hingga air menyusut sampai 1 gelas air saja atau 400 ml. Minum ramuan sehari 2 kali selagi ramuan masih hangat.

Sponsors Link

2. Kulit Manggis

Kulit manggis ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga anda. Sejak beberapa tahun lalu muncul berbagai macam produk mengiklankan sebesar apa khasiat kulit manggis ini seperti digunakan sebagai obat anti kanker, digunakan untuk mejaga da mencerahkan kulit, mengobati diare, mencegah penyakit jantung, mengobati radang paru-paru dan lain-lain.

Selain itu, kulit manggis mulai diproduksi dalam bentuk kapsul hingga tablet. Namun ada cara lain menikmati kulit manggis dengan mudah, enak dan menyegarkan. Kulit manggis dapat di jadikan jus yang menyehatkan. Berikut bahan-bahan yang dapat digunakan dalam membuat jus kulit manggis sebagai ramuan herbal yang aman untuk mengobati radang paru-paru:

  • Kulit manggis secukupnya, ambil bagian dalamnya yang lunak,
  • Susu atau madu, sebagai pemanis
  • Alpukat segar secukupnya

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, blender semua bahan sampai tercampur rata. Ramuan ini dapat diminum sehari dua kali di pagi dan malam hari sebelum tidur.

3. Daun Kemangi

Untuk anda yang menyukai lalaban pasti tidak asing dengan daun kemangi ini. Daun yang biasanya tumbuh dengan sendirinya di pekarangan rumah, berwarna hijau segar dan memiliki bau yang khas ini memiliki banyak khasiat yang dapat kita manfaatkan dalam tubuh. Walaupun beberapa orang tidak menyukai rasanya, tapi daun kemangi ini ternyata mampu meningkatkan napsu makan, menghilangkan bau badan dan menyembuhkan radang paru-paru.

Terdapat zat anti oksidan dan anti bakteri dalam daun kemangi ini. Baik dikonsumsi langsung sebagai lalaban atau dibuat sari atau jus, daun kemangi ini tidak akan kehilangan khasiatnya.

Untuk mengobati radang paru-paru, buatlah sari daun kemangi dan dapat dikonsumsi selama 3 kali sehari. Secara perlahan, fungsi paru-paru dan kondisi paru-paru yang meradang akan sembuh dengan sendirinya.

4. Buah-buahan Ber Vitamin C

Untuk anda atau anak anda yang sudah pasti tidak bisa mengonsumsi ramuan diatas, jangan khawatir. Masih ada beberapa bahan yag dapat digunakan  untuk mengobati radang paru-paru secara aman, efektif dan tentunya meruapkan bahan herbal atau alami. Bahan-bahan kali ini merupakan berbagai macam buah-buahan dengan vitamin C. Sudah dapat dibayangkan, bukan?

Sponsors Link

Buah-buahan ini bebas apa saja. Yang terpenting adalah, buah ini mengandung Vitamin C yang tinggi. Seperti jeruk, jambu biji dan berbagai macam berry.  Untuk mendapatkan bahan ini juga tidak susah. Dapat dicari di pasar atau supermarket di bagain buah. Selain menyegarkan dan memiliki rasa yang enak, berbagai macam buah dengan vitamin C ini juga dapat menyembuhkan radang paru-paru anda maupun anak anda dengan cepat dan tepat.

5. Wortel

Meskipun dikenal sebagai sayuran yang dapat mengobati penyakit atau gangguan pada mata, buah berwarna orange atau jingga ini juga mampu mengobati radang paru-paru secara perlahan dan aman. Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel juga ternyata dibutuhkan oleh paru-paru yang sedang terganggu, misalnya karena radang paru-paru.

Selain kandungan vitamin A, wortel juga mengandung anti oksidan yang tinggi dan mampu meluruhkan toksin atau racun yang ada di dalam paru-paru. Sehingga, paru-paru dapat bekerja kembali secara normal.

Untuk mengonsumsi wortel, terdapat berbagai macam cara yang dapat dipilih. Diantaranya:

  • Dimakan langsung: Beberapa orang gemar memakan langsung wortel ini karena segar dan rasanya yang enak.
  • Dibuat jus: Untuk membuat jus wortel juga tidak membutuhkan bahan yang sulit. Cukup membutuhkan wortel, air, gula atau susu sebagai penambah rasa manis
  • Direbus: Cara lain yang dapat diterapkan adalah dengan merebus wortel sebelum dikonsumsi. Selain lebih enak, wortel juga lebih lunak untuk dikonsumsi atau dicerna.

Itulah macam-macam bahan yang dapat digunakan sebagai ramuan herbal yang aman untuk mengobati radang paru-paru baik pada anak maupun dewasa. Dengan semakin mudahnya kita menemukan obat herbal disekitar kita, semakin tepat cara pengobatan radang paru-paru yang kita berikan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Radang Paru Paru