Sponsors Link

6 Penyebab Sering Sesak Nafas saat Hamil Tua dan Pencegahannya

Sponsors Link

Sering sesak nafas saat hamil adalah satu lagi keluhan pernafasan yang banyak dialami oleh para wanita yang sedang mengandung. Hamil diketahui merupakan masa di mana ibu mengandung janin calon bayi dan anaknya. Keadaan hamil ini diketahui memang keadaan yang sangat penting untuk diberikan perhatian dan penjagaan mengenai keselamatan ibu dan anak. Tidak jarang masa kehamilan pun menimbulkan banyak keluhan kesehatan yang sebelumnya tidak pernah dirasakan. Keluhan paling umum yang biasa disampaikan oleh ibu hamil adalah mual dan muntah. Namun tidak jarang juga ada ibu hamil yang mengeluhkan mengenai intensitas sesak nafas yang menjadi sering.

ads

Keadaan sesak nafas yang timbul di masa kehamilan diketahui dapat terjadi adanya faktor yang menyebabkan tekanan pada kandungan ibu hamil. Keadaan ini kemudian menyebabkan kurangnya kemampuan paru-paru untuk dapat mengantisipasi sesak nafas di masa kehamilan ini. Tentu kemudian anda menjadi penasaran mengenai apa saja sebenarnya penyebab sering sesak nafas saat hamil ini. Simaklah penjelasan lengkap di bagian sebelumnya yang harus anda manfaatkan.

Penyebab Sering Sesak Nafas Ketika Hamil yang Perlu Diketahui

Pada bagian sebelumnya, telah disampaikan bahwa masa kehamilan dapat menimbulkan banyak penyakit. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik internal ataupun eksternal. Khusus untuk sesak nafas yang mungkin anda alami di masa kehamilan, berikut ini daftar 3 penyebab sesak nafas saat hamil yang sering ditemukan.

  1. Akibat Faktor Kekurangan Oksigen

Penyebab pertama yang bisa membuat ibu hamil sesak nafas adalah faktor bahwa ibu hamil merasa kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen ini dapat terjadi karena tekanan udara yang memang sudah tidak normal. Selain itu, sistem paru-paru dalam tubuh ibu hamil pun dapat melemah akibat sesak nafas akibat batuk dan tekanan udara ini, maka tubuh akan lemas dengan demikian ibu akan mengalami kekurangan oksigen seketika selama masa mengandung seorang bayi.

  1. Akibat Adanya Peradangan Asma

Ibu hamil pun juga dapat mengalami kondisi ini sebagai penyebab dari serings sesak nafas ketika hamil ini. Penyebabnya kemungkinan adalah karena adanya peradangan di asma dan asma selama kehamilan akan sangat menyakitkan untuk ibu tersebut. Hal ini disebabkan karena infeksi di salah satu organ lambung sehingga adanya peradangan di asma, maka demikian membuat ibu hamil akan sulit bernapas hingga sesak napas. Segera lakukan pertolongan pertama pada asma tanpa obat, jika anda mengalaminya di masa kehamilan.

  1. Akibat Pengaruh Udara Dingin

Penyebab lainnya yang perlu anda waspadai juga ketika ibu hamil mengalami sesak nafas adalah karena faktor udara dingin. Disebut-sebut sesak nafas dapat terjadi akibat pengaru udara  dingin seperti AC. Hal ini akan membuat sistem tubuh akan melemas dan kemudian akan juga mempengaruhi sistem paru-paru dalam tubuh dan pernafasan pun sulit dilakukan. Segera lakukan penanganan sesak nafas mendadak ini dengan berhati-hati.

Cara Mencegah Sering Sesak Nafas Ketika Hamil

Setelah mengetahui apa saja kemungkinan penyebabnya di atas, maka berikut ini informasi bagaimana anda mencegah penyakit itu dengan cara-cara yang efektif. Ketahui dan gunakanlah informasi mengenai 3 cara pencegahannya berikut ini.

Sponsors Link

  1. Bisa Melakukan Olahraga Aerobik

Cara mencegah yang pertama disarankan adalah dengan melakukan senam aerobik. Jenis senam ini sangat baik untuk melegakan otot otot yang regang dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

  1. Bisa Menghindarkan Diri dari Beban Pikiran

Anda juga tidak boleh berada dalam posisi stress selama kehamilan. Stress ini akan memicu anda memiliki banyak beban pikiran dan kemudian dapat mendesak ke bagian paru-paru. Akhirnya anda pun dapat mengalami sesak nafas tiba-tiba.

  1. Bisa Menghirup Uap Air

Cara terakhir dalam upaya menghindarkan diri dari sesak nafas saat hamil adalah dengan menghirup uap air. Ketika anda tidak lagi mampu menahan rasa sakit anda, maka segeralah hirup uap air yang membawa ketenangan.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai apa saja penyebab sering sesak nafas saat hamil yang harus anda hindari, pun juga apa saja cara mencegahnya terjadi kembali pada anda atau orang disekitar anda. Gunakanlah informasi ini untuk membantu anda memiliki kehamilan yang sehat dan terhindar dari penyakit sesak nafas dan resikonya yang membahayakan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas