Sponsors Link

Sesak Nafas Karena Alergi: Berikut Penyebab, Pengobatan serta Pencegahannya

Sponsors Link

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang terkena sesak nafas. Dalam beberapa kasus penyakit sesak nafas karena alergi debu, tanaman atau karena mengonsumsi makanan yang menyebabkan sesak nafas umumnya sering menjadi alasan utama seseorang terkena penyakit ini.

ads

Namun banyak sekali orang yang belum menyadari bahwa sesak nafas bisa terjadi karena hal-hal yang sering ditemui pada kehidupan seharia-hari. Pada artikel ini, kami akan menyajikan informsi mengenai penyebab, pengobatan dan cara mencegah sesak nafas karena alergi yang sangat penting untuk diketahui

Penyebab

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak sekali penyabab seseorang mengalami sesak nafas. Bahkan kebanyakn hal-hal tersebut adalah hal sepele untuk sebagian orang dan sering ditemui di sekitar kita. Jika Anda telah merasakan ciri-ciri orang sesak nafas, Anda perlu memperhatikannya karena penyebab sesak nafas bukan hanya karena suatu penyakit ataupun efek samping konsumsi obat. Namun ada juga sesak nafas yang disebabkan oleh alergi di bawah ini.

  1. Alergi bunga

Serbuk sari bunga atau pollen seringkali menyebabkan seseorang terkena sesak nafas. Serbuk sari pada bunga yang terhirup akan memberikan peradangan pada hidung sehingga tubuh akan mengira serbuk sari bunga adalah benda asing yang menyerang tubuh.

  1. Alergi hewan

Umumnya bagian tubuh hewan yang dapat menyebabkan penderita mengalami asma adalah serpihan kulit mati dan juga bulu dari si hewan. Kandungan protein yang tinggi pada kulit hewan, air liur dan juga urin hewanlah yang menjadi penyebab utama.

  1. Alergi debu

Debu bukan hanya saja menyebabkan seseorang terkena alergi pada kulitnya, namun juga mampu memengaruhi saluran pernafasan Anda karena dapat merangsang daya tahan tubuh menghasilkan histamine dan menimbulkan gejala asma.

  1. Alergi makanan

Alergi makanan seperti kedelai, gandum, kerang atau produk olahan susu merupakan makanan yang sering ditemui pada penderita sesak nafas. Penyebab utamanya adalah karena kandungan protein yang sangat tinggi yang berada di dalam makanan tersebut.

Pengobatan

Ada banyak pilihan pengobatan yang dapat Anda pilih baik dengan cara konsumsi obat konvensional ataupun dengan cara mengobati sesak nafas secara tradisional seperti mengonsumsi ramuan herbal untuk sesak nafas dan melakukan terapi untuk sesak nafas. Ada beberapa pilihan metode pengobatan yang dapat Anda pilih untuk mengurangi gejala asma yang muncul seperti:

  • Terapi uap panas
  • Minum kopi
  • Minum ramuan jahe atau bawang putih
  • Berhenti merokok
  • Melakukan olahraga ringan sebagai salah satu cara meingkatkan kapasitas paru-parua
  • Minum obat sesak nafas seperti accolade, kortikosteroid atau theophylline
    Sponsors Link

Cara Mencegah

Ada beberapa cara pencegahan sesak nafas karena alergi yang dapat Anda coba di rumah. Cara yang dilakukan pun tidak begitu sulit karena merupakan cara-cara yang biasanya Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Rajin membersihkan rumah agar debu dan kotoran tidaka menumpuk
  • Jika Anda memiliki riwayat sesak nafas karena alergi makanan, jauhi konsumsi minuman dan makanan penyebab sesak nafas
  • Jangan biarkan hewan berbulu masuk ke dalam rumah Anda
  • Konsumsi makanan untuk orang sesak nafas yang aman
  • Berhenti merokok
  • Gunakan masker saat melewati lingkungan yang berpolusi
  • Kendalikan emosi Anda, karena stress dan depresi berlebihan akan memicu timbulknya sesak nafas
  • Olahraga

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi seseorang mengalami asma, faktor lingkungan, daya tahan tubuh ataupun faktor keturunan. Asma karena alergi dapat juga diminimalisir tingkat keparahannya dengan mulai memperhatikan penyebab munculnya asma tersebut. Dan yang terpenting adalah supaya sebisa mungkin Anda rutin melakukan check up kepada dokter Anda agar diagnose yang diberikan sesuai dengan kondisi Anda.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas