Sponsors Link

6 Cara Mengobati Sesak Nafas Setelah Minum Kopi

Sponsors Link

Kopi adalah salah satu minuman yang paling terkenal di dunia. Hampir disetiap negara memiliki masing-masing hasil olahan kopinya yang khas. Di Indonesia saja, setiap pulau bahkan setiap Provinsi memiliki kopi khas masing-masing. Seperti kopi toraja, kopi madura, kopi aceh, dan lainnya. Tak jarang, penggemar kopi di Indonesia juga terhitung banyak mulai dari para kawula muda hingga penggemar dengan usia lanjut.

ads

Meskipun kopi memiliki banyak khasiat seperti menambahkan stamina, mencegah kanker hingga mencegah penyakit parkinson, kita perlu mewaspadai efek samping yang ditimbulkan oleh kopi. Seseorang dapat dikatakan mengalami overdosis kopi jika orang tersebut sudah melewati batas wajar atau batas standar dari pengonsumsian kopi pada selama satu hari.

Umumnya setiap orang dibatasi untuk mengonsumsi kopi cukup 3 cangkir saja setiap harinya atau setara dengan 300mg cafein. Namun, setiap kopi tentu memiliki kandungan kafein yang berbeda-beda. Jadi, tidak perlu sampai 3 cangkir untuk menunjukan bahwa seseorang terkena overdosis kopi jika 1 cangkir saja ternyata sudah mengandung 300mg cafein atau lebih.

Tanda-tanda dari overdosis kopi sendiri bermacam-macam. Mulai dari badan yang gemetar, jantung berdebar, sering bolak-balik ke WC, merasa cemas, lemas hingga sesak nafas. Semua gejala diatas dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman khususnya dengan gejala sesak nafas atau gejala asma.

Sesak nafas ini dapat terjadi bila saluran nafas kita menyempit sehingga aliran udara pada salura pernafasan kita terganggu dan tidak lancar. Selain dikarenakan saluran nafas yang menyempit, naiknya sekat antara paru-paru dan rongga perut juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan sesak nafas itu terjadi. Naiknya sekat antara paru-paru dan rongga perut ini dapat diakibatkan karena tingginya kadar kafein dalam lambung dan menaikan asam lambung.

Untuk itu, berikut ini adalah 6 cara mengobati sesak nafas setelah minum kopi yang dapat dilakukan:

1. Hindari Kopi Sementara Waktu

Jika anda mulai merasakan sesak nafas karena minum kopi dan hal tersebut mulai sering terjadi, cobalah untuk menghindari kopi sementara waktu. Bukan berarti menghentikan 100% kebiasaan minum kopi anda, tetapi mulailah untuk menghindari dan mengurangi intensitas anda untuk mengonsumsi kopi ini. Bisa jadi, sesak nafas adalah satu satu gejala overdosis kopi yang sedang memberitahu anda bahwa kebiasaan minum kopi anda ini mulai tidak sehat.

Jika anda beralasan susah fokus atau kurang berkonsentrasi jika tidak minum kopi, cobalah untuk minum teh. Teh merupakan salah satu minuman yang sama-sama mengandung kafein, namun lebih rendah. Jadi, tanpa kopi pun anda tetap bisa fokus dan konsentrasi dibantu dengan teh yang memiliki kafein ringan dan tidak mengganggu kesehatan anda.

Namun, bila dirasa teh ternyata tidak cukup menggantikan peran kopi dalam hal konsentrasi dan fokus anda, cobalah untuk menjadwal ulang waktu anda meminum kopi. Jika anda perlu diminum saat pagi hari, mulailah hari anda terlebih dahulu dengan sarapan agar kopi tidak menambah kadar asam lambung pada tubuh anda. Selain itu jangan konsumsi setiap hari. Konsumsi kopi beberapa hari sekali dengan diselingi teh atau minuman lain yang lebih menyehatkan.

2. Istirahat Cukup

Istirahat merupakan salah satu cara mengobati sesak nafas setelah minum kopi yang banyak diabaikan oleh penderitanya. Terkadang penderita overdosis kopi ini cenderung melanjutkan aktifitas dan kegiatan sehari-hari bahkan melakukan kegiatan yang lebih berat dengan harapan rasa sesak nafas yang diakibatkan dari kopi ini bisa hilang dengan sendirinya. Padahal hal tersebut merupakan kesalahan besar.

Sponsors Link

Istirahatkan tubuh anda dengan berbaring di tempat yang nyaman dan mulai mengatur nafas perlahan. Jika perlu untuk tidur, rileks kan tubuh anda dan mulai lah tidur sejenak. Dengan harapan sesak nafas yang mengganggu akan segera sirna dan nafas anda akan kembali sepeti semula. Karena tidur ini akan mengatur peredaran darah anda kembali dan akan melebarkan saluran nafas pada tubuh anda. Sehingga setelah bangun tidur nanti badan anda akan terasa lebih segar dan ringan karena sudah terbebas dari sesak nafas karena kopi.

3. Air Putih Hangat

Jika anda mulai merasakan sesak nafas sesaat setelah minum kopi, carilah air putih hangat. Meski sederhana, meminum air putih hangat dpat dijadikan cara mengobati sesak nafas setelah minum kopi yang ampuh dan mudah. Minumlah air putih hangat secara perlahan dan aturlah nafas anda. Rasa hangat yang datang dari air putih hangat ini akan mengendurkan otot-otot pada saluran pencernaan dan pernafasan anda sehingga memudahkan anda untuk bernafas dengan lancar dan mudah.

Selain itu, air putih hangat ini akan lebih banyak mengantarkan oksigen pada darah dan menekan kadar kafein yang ada di tubuh anda. Sehingga, perlahan tubuh anda akan kembali segar dan sehat seperti sedia kala.

4. Susu Hangat

Susu sudah terkenal dijadikan penawar untuk makanan dan minuman yang emmiliki efek samping kurang baik dalam tubuh. Bisa dibilang, susu ini adalah anti toksin yang dapat membantu tubuh membebaskan diri dari efek buruk suatu makanan yang sudah kita konsumsi seperti menetralkan tingkat asam pada lambung yang dihasilkan dari makanan atau minuman yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi seperti kopi ini.

Dengan meminum susu hangat ketika kita merasakan sesak nafas karena kopi, kandungan tryptophan pada susu juga dapat membuat dri kita tenang dan lebih rileks. Akibatnya, sesak nafas yang menyerang kita sesaat kita meminum kopi akan perlahan sirna dan akhirnya pergi.

Sponsors Link

5. Teh Chamomile

Meskipun sudah disebutkan bahwa teh merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein, namun teh chamomile ini seidkit berbeda. Teh chamomile ini merupakan teh yang bahannya terbuat dari bunga chamomile yang dikeringkan dan diseduh untuk dapat dikonsumsi. Teh chamomile ini mengandung zat besi, memiliki senyawa fenolik dan anti oksidan yang tinggi.

Selain mendetoks tubuh kita dari racun dan penyakit secara alami, teh chamomile ini mampu melegakan dan melancarkan sistem pernafasan kita karena kandungan zat besi dan aromanya yang menyegarkan. Meskipun sama-sama mengandung kafein, perlu diyakini bahwa dengan mengonsumsi teh chamomile baik saat merasakan sesak nafas karena minum kopi atau menjadikannya pengganti kopi, sama-sama aman dan menyehatkan.

6. Kunjungi Dokter

Solusi terakhir ini merupakan upaya terakhir yang dapat anda lakukan apabila beberapa cara diatas tidak begitu mempan pada tubuh anda. Jadwalkan diri anda untuk mengunjungi dokter kepercayaan anda untuk mengkonsultasikan gangguan yang kerap kali anda rasakan setiap anda meminum kopi ini. Selain itu mintalah obat untuk mengurangi sesak nafas dan gejala lain yang sering anda rasakan. Terakhir, mintalah saran dokter untuk kondisi fisik anda ini dan laksanakan satu persatu saran dokter mulai dari anjuran sampai larangan yang dokter terapkan.

Itulah 6 cara mengobati sesak nafas setelah minum kopi yang dapat anda lakukan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran fisik anda. Atur kembali konsumsi makanan dan minuman yang anda sukai sehingga makanan dan minuman tersebut tidak mengganggu kesehatan dan aktifitas sehari-hari anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Asma