Sponsors Link

Sesak Nafas Tiba Tiba – Kenali Gejala Hingga Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sering merasa sesak nafas tiba tiba? Jika pernah mengalaminya, sebaiknya kita harus memerhatikan gejalanya sebab bisa jadi gejala tersebut menimbulkan penyakit yang cukup serius. Kondisi sesak nafas ini bisa saja disebabkan oleh berbagai faktor misalnya terjadi paparan virus atau bakteri atau kondisi lain misalnya sesak nafas karena masuk angin. Atau bisa jadi kita memang mengalami alergi akan hal-hal tertentu.

ads

Sesak nafas atau dengan nama medis dyspnea merupakan kondisi yang menyulitkan kita susah bernafas karena kurangnya oksigen yag masuk ke dalam paru-paru. Normalnya, pernafasan terjadi ketika ada udara masuk dan keluar dari dan ke paru-paru. Dalam prosesnya, pernafasan melibatkan berbagai bagian ttubuh misalnya paru-paru, otot di dinding dada, diafragma bahkan berbagai jaringan saraf yang ada di otak. Kondisi sesak nafas terjadi bila seluruh organ tersebut bekerja keras akibat kurangnya asupan oksigen dalam tubuh.

Untuk itu, ada baiknya kita mengetahui hal-hal apa saja seputar sesak nafas. Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan antara lain gejala serta cara mengtasinya. Selain itu, jangan lupa untuk mengetahui cara menyembuhkan serta cara untuk mencegah  munculnya penyakit sesak nafas ini. Yuk kenali penyakit ini yang dapat mengganggu aktivitas kita.

Gejala

Sesak nafas biasanya diikuti dengan berbagai gejala. Gejala inilah yang biasanya membantu dokter melihat risiko apa yang mungkin terjadi pada seseorang. Sebenarnya apa saja ya gejala sesak nafas yang umum terjadi?

  • Kulit menjadi berubah warna karena kekurangan oksigen

Sesak nafas mengakibatkan gangguan pada sistem pernapasan termasuk mengalami kekurangan oksigen. Maka, jaringan dan organ tubuh akan mengalami kekurangan termasuk bagian kulit yang akhirnya menjadi membiru.

  • Denyut nadi menjadi lebih cepat

Saat beraktivitas kok perasaan tiba-tiba menjadi deg-degan karena denyut nadi yang menjadi lebih cepat. Hal ini bisa saja adanya gangguan pada sistem pernapasan sehingga kerja jantung juga jadi lebih berat untuk memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

  • Menjadi lemas disertai mual dan muntah

Saat seseorang merasa mulai lemas bisa jadi ia mengalami kekurangan oksigen. Tentu saja kekurangan oksigen membuat tubuh menjadi tiba lebih berenergi. Bahkan kerja sistem pernapasan yang berat membuat seseorang mengalami mual muntah. Masalah pada paru-paru dapat membuat tekanan pada lambung. Akibatnya asam lambung menjadi naik sehingga jadi mual dan muntah.

Penyebab

Setelah mengetahui gejala yang akan timbul jika kita sesak nafas. Kita juga perlu memahami apa saja yang bisa menyebabkan sesak nafas. Penyebab ini nantinya penting untuk pengobatan. Obat-obatan atau cara pengobatan yang kita lakukan tentunya harus mengatasi penyebab sesak nafas yang kita alami.

Sponsors Link

1. Tersedak

Penyebab ini menjadi hal yang paling umum terjadi karena terjadi setelah makan. Kira-kira apa penyebab sesak nafas setelah makan? Saat makan, saluran masuk makanan dan udara berdekatan. Maka jika terjadi sedikit kesalahan bisa jadi makanan yang kita konsumsi malah masuk ke saluran nafas. Kondisi ini menyebabkan makanan tersebut menghalangi masuknya oksigen ke dalam tubuh. Maka, kita akan tersedak jika kondisi ini terjadi.

2. Asma

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit kambuhan yang banyak dialami orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Asma sendiri disebabkan oleh banyak hal misalnya karena alergi debu dan alergi dingin. Ketika mengalami asma, otot-otot di sistem pernapasan atas seseorang jadi bermasalah karena adanya paparan virus dan bakteri. Salah satu gejala jika asma kambuh adalah sesak nafas.

3. Keracunan karbon monoksida

Polusi udara di sekitar kita sangat mungkin membuat racun masuk ke dalam sistem pernapasan kita termasuk karbon monoksida. Gas beracun ini masuk ke dalam tubuh kita melalui kendaraan bermotor maupun asap rokok. Karbon monoksida yang masuk ke dalam tubuh kemudian mengganggu aliran oksigen ke seluruh tubuh kita. Kondisi ini tidak bisa disepelekan karena banyak yang mengalami sesak napas kemudian berujung pada kematian.

4. Infeksi saluran napas

Infeksi saluran nafas atau yang kerap disebut ISPA adalah kondisi yang disebabkan oleh bakteri maupu racun. Biasanya ISPA memengaruhi bagian tenggorokan, hidung, amandel hingga kulit. Selain sesak nafas, gejala dari infeksi ini antara lain demam ringan, denyut nadi yang lebih cepat secara tiba-tiba serta sakit tenggorokan. Biasanya infeksi ini juga menimbulkan masalah pada amandel.

5. Gagal jantung

Kondisi ini masuk ke dalam salah satu penyebab sesak nafas tiba tiba yang cukup serius. Gagal jantung adalah kondisi ketika otot pada bagian jantung mengalami kerusakan. Meskipun jantung masih mampu berdenyut, namun otot tak bekerja maksimal sehingga tidak mampu memompa darah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Akibatnya tubuh jadi kekurangan oksigen dan menimbulkan gejala seperti sesak nafas. Kita harus berhati-hati sebab kondisi ini mungkin dialami oleh siapa saja. Apa penyebabnya? Tentu saja gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan buruk, merokok serta mengonsumsi alkohol. Hipertensi, kolesterol tinggi dan obesitas juga dapat jadi penyebab gagal jantung.

ads

Cara Mengobati

Saat seseorang mengalami sesak nafas tentu saja kita perlu pertolongan pertama agar aliran oksigen di dalam tubuh kembali lancar. Sebab jika dibiarkan begitu saja, kondisi fatal sangat mungkin terjadi termasuk dapat berujung pada kematian. Jadi, seperti apa pengobatan atau pertolongan pertama pada orang yang mengalami sesak nafas?

1. Pursed-lip breathing

Pursed-lip breathing merupakan teknik bernapas yang cukup sederhana dan mudah dilakukan untuk mengatasi sesak nafas. Teknik ini bekerja dengan memperlambat laju pernafasan sehingga nafas yang kita hembuskan menjadi lebih efektif. Bagaimana caranya? Cobalah untuk merelaksasikan otot bagian leher dan bahu. Saat bernapas tutup mulut dan ambil nafas secara perlahan melaui hidung dalam hitungan dua. Setelah itu, buang nafas secara perlahan melalui bibir dan mulut pada empat hitungan. Teknik ini sangat mudah dilakukan dan bisa dilakkan kapan saja terutama saat kita sedang membungkuk, menaiki tangga dan mengangkat benda.

2. Berdiri dengan menyandar ke dinding

Kegiatan sederhana ini ternyata bisa membuat tubuh kita jadi rileks termasuk saluran pernapasan. Cobalah untuk berdiri dan bersandar pada dinding engan cara menempelkan bagian pinggul. Jagalah agar kaki terbuka selebar bahu dan kedua tangan berada di samping kedua paha. Condongkanlah badan agak sedikit ke depan. Kita juga bisa menggunakan meja sebagai tempat bertumpu telapak tangan agar otot leher dan bahu menjadi lebih rileks.

3. Duduk dengan posisi agak condong ke depan

Kunci dari mengatasi sesak nafas ini adalah membuat tubuh jadi lebih rileks. Untuk itu, posisi duduk bisa membantu tubuh jadi rileks sehingga nafas menjadi lebih mudah. Duduklah di kursi seperti biasa dan condongkan bagian dada ke depan. Letakkan siku pada bagian lutut atau bisa menahan dagu degan tangan. Otot leher dan bahu harus tetap dalam posisi rileks. Kita bisa melakukannya dengan bertumpu pada meja dengan mengistirahatkan lengan dan kepala di atas meja. Penggunaan bantal direkomendasikan untuk menyangga kepala agar posisi kita jauh lebih nyaman.

4. Bernapas degan diafragma

Bagian diafragma kadang menjadi bagian yang terlupakan karena dianggap bernapas hanya melalui dada. Padahal bernafas dengan diafragma dapat mengatasi kondisi sesak nafas tiba tiba ini. Caranya dengan duduk di kursi kemudian buat lutut, bahu, leher serta kepala menjadi lebih rileks. Satu tangan letakkan di depan perut sementara yang satunya di dada. Mulailah bernafas dengan hidung hingga tangan yang ada di perut merasa ada gerakan. Saat mulai menghembuskan nafas cobalah untuk mengencangkan perut. Buang nafas secara perlahan melalui bibir yang sedikit mengerucut. Cobalah memberi penekanan nafas saat menghembusnya dan ulangi gerakan ini sekitar lima menit.

5. Berbaring dengan santai

Saat sesak nafas menyerang cobalah berbaring dengan posisi miring. Letakkan bantal di antara kedua kaki dan buatlah kepala menjadi lebih tinggi dengan bantuan bantal. Jika tidur dengan posisi telentang, posisi kepala harus tetap lebih tinggi dan bagian lutut ditekuk. Gunakan bantal di bawah lutut untuk menyangganya. Dengan kedua posisi ini, sirkulasi dan saluran udara jadi lebih lancar dan bisa bernapas dengan lancar.

6. Batuklah dengan lebih terkontrol

Saat nafas menjadi sulit karena ada lendir dalam tenggorokan atau bagian paru-paru, cobalah untuk batuk dengan lebih terkontrol. Batuk membuat bagian tenggorokan yang tersendat menjadi leih lancar.

7. Gunakan Kipas Angin

Gunakan kipas angin karena banyak studi yang mengungkapkan udara sejuk yang dikeluarkan kipas angin bisa mengatasi sesak nafas. Saat kipas angin menyala, cobalah untuk bernafas seperti biasa.

8. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang sehat menjadi terpenting agar penyebab dari sesak nafas tidak menyerang kita. Asap rokok menjadi salah satu penyebab yang harus dihindari. Olahraga teratur dan pola makan sehat membuat kita terhindar dari obesitas dan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Sponsors Link

Pencegahan

Agar sesak nafas tiba tiba tidak terjadi terus menerus. Tentunya kita harus menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Sebab gaya hidup buruk misalnya sering merokok atau terlalu banyak minum kafein jadi masalah karena bisa muncul sesak nafas setelah minum kopi. Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa kita lakukan agar sistem pernafasan menjadi lebih lancar.

  • Rutin Olahraga

Olahraga secara rutin membuat jantung dan paru-paru kita jadi lebih terlatih. Hal ini membantu tubuh kita tidak mudah lelah dan napas menjadi jauh lebih teratur. Selain itu, olahraga dapat mengatasi berbagai masalah seperti obesitas serta kolesterol tinggi.

  • Kurangi Kebiasaan Merokok dan Hindari Asap Rokok

Menghindari asap rokok atau kebiasaan merokok. Paparan asap rokok yang mengandung banyak zat berbahaya membuat pernapasan kita jadi tergganggu. Hal ini membuat nafas kita menjadi berat dan menyulitkan kita bernapas dengan lebih lancar.

  • Sering bermain ke pantai untuk mengirup udara segar

Banyak penderita asma termasuk orang yang suka sesak nafas memilih udara pantai sebagai cara alami utuk mengatasi kondisi ini. Kita juga bisa meniru kebiasaan ini agar pernapasan lebih lancar.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih karena saat kurang cairan, lendir pada paru-paru menjadi mengental. Kondisi ini membuat kita jadi susah bernafas. Selain itu, minum air putih juga membantu metabolisme tubuh jadi lebih seimbang.

Itu dia berbagai hal seputar sesak nafas yang muncul secara tiba-tiba. Ada baiknya kita mencegah dan menjauhi penyebab serta hal-hal yang berhubungan dengan sesak nafas. Gaya hidup yang lebih sehat tentunya membuat kita juga jauh lebih sehat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Paru