Sponsors Link

5 Penyebab Susah Bernafas Saat Tidur yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Susah bernafas saat tidur adalah keadaan nafas yang tidak mudah ditarik dan dikeluarkan saat anda tidur. Terkadang keadaan susah bernafas ketika tidur ini disebut juga sebagai sleep apnea. Namun, tidak semua kesulitan bernafas saat tidur adalah karena sleep apnea. Pertama tama mari anda pelajari dahulu mengenai sesak nafas tiba tiba yang sering terjadi pada masyarakat.

ads

Sesak nafas sering juga didefinisikan sebagai susah bernafas ditunjukkan dengan kondisi pernapasan yang terasa seperti mengalami penyempitan di dalam pembuluh darah. Akibatnya saluran udara pun tidak dapat bekerja dengan maksimal yang kemudian membuat otot-otot tenggorokan ikut akan terasa lebih lemas dan menyebabkan kesulitan bernafas saat tidur.

Menurut  berbagai sumber informasi diketahui bahwa keadaan bernafas yang sulit dilakukan saat tidur bisa  membuat cairan di otak terus berkurang dan membuat sistem kerja otak tidak berjalan sesuai dan bekerja dengan normal. Keadaan ini tentu harus dihindari semaksimal mungkin karena akan menyebabkan sering sesak nafas di malam hari. Namun untuk lebih jelasnya, ketahuilah informasi mengenai beberapa penyebab susah bernafas saat tidur berikut ini.

Penyebab Susah Bernafas ketika Tidur yang Perlu Diwaspadai

Bagian sebelumnya telah menjelaskan bahwa susah bernafas ketika tidur ada banyak jenis penyebabnya. Berbagai penyebab tersebut diantaranya adalah pada daftar yang disebutkan berikut ini.

  1. Akibat dari Gangguan Sleep Apnea

Penyebab kesulitan bernafas yang terjadi saat anda tidur adalah salah satunya keadaan sleep apnea. Keadaan ini bisa disebabkan adanya kesulitan dalam bernapas sehingga saluran sangatlah tersumbat karena pengaruh penyempitan saluran udara di dinding tenggorokan anda. Dengan demikian keadaan ini akan membuat tubuh dan otot anda terasa lemas. Segera lakukan penanganan sesak nafas mendadak ini dengan sigap.

  1. Akibat Kekurangan  Ion di Tubuh

Lain lagi ada juga penyebab susah bernafas selama tidur terkait dengan kekurangan cairan ion yang dibutuhkan tubuh. Keadaan kekurangan cairan ion dalam tubuh bisa membuat daya tahan tubuh anda semakin menurun sehingga akan mengganggu saraf pernapasan. Pada akhirnya, terjadilah penyempitan di pembuluh darah yang menyebabkan sulit untuk manusia dalam bernafas.

  1. Akibat Pola Hidup yang Tidak Sehat

Kondisi sering susah bernafas saat tidur ini juga bisa terjadi karena adanya kesalahan dalam mengatur pola kehidupan. Misalnya seperti sering mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk ginjal dan menyebabkan keadaan rusak. Selanjutnya, keadaan ini akan membuat gangguan pada sistem organ pernafasan yang menimbulkan kesulitan bernafas atau sesak nafas atau nafas tidak teratur terjadi.

Sponsors Link

  1. Akibat Terlalu Sering Begadang

Seseorang juga dapat mengalami susah bernafas ketika tidur akibat dari atau dikarenakan oleh kebiasaan seseorang yang sering begadang atau tidur larut malam. Keadaan ini pastinya lama kelamaan akan mengurangi daya tahan tubuh anda dan menyebabkan tidur di malam hari anda tidak lagi berkualitas. Pada akhirnya akan terjadi banyak kerusakan internal tubuh dan membuat tidur anda menjadi tidak tenang.

  1. Akibat Lemak yang Meningkat Kandungannya dalam Tubuh

Konsumsi makanan yang mengandung lemak terlalu sering dapat menyebabkan lemak di tubuh anda pun meningkat jumlahnya. Keadaan ini akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menyebabkan pernafasan sulit untuk dilakukan. Efeknya pun mungkin dapat terlihat ketika anda tidur. Jadi lemak pun diketahui adalah penyebab bayi sesak nafas yang harus segera ditanggulangi.

Demikianlah tadi informasi lengkap mengenai apa saja penyebab susah bernafas saat tidur. Semoga anda dapat menjadikan informasi tersebut untuk menjaga diri anda tetap sehat. Pernafasan anda pun dapat lebih terjaga dan tidur anda tidak lagi terganggu karenanya. Jadi selamat mencoba.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sesak Nafas