Sponsors Link

7 Tanda-tanda Penyakit TB Paru yang Jarang Disadari

Sponsors Link

Seperti yang telah kita ketahui bahwa fungsi paru – paru adalah sebagai alat sistem pernafasan, oleh karena itu jika kalian mengalami ciri-ciri paru-paru tidak sehat maka itu artinya ada kerusakan pada bagian paru-paru kalian yang jika dibiarkan akan bertambah parah dan mengganggu proses pernafasan. Bahkan tak jarang kasus kerusakan paru-paru berujung pada kematian.

ads

Jika kalian telah merasakan gejala-gejala kelainan pada paru-paru kalian, langkah terbaik adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Selain itu kalian juga bisa mencari tahu informasi seputar bagaimana cara mengobati paru-paru yang rusak. Lalu apa saja tanda-tanda penyakit TB paru-paru yang perlu kalian waspadai.

  1. Batuk dalam waktu yang cukup lama

Batuk dalam waktu yang lama sebenarnya bukan merupakan sebuah penyakit, namun sebuah ciri–ciri dari beberapa penyakit tertentu misalnya penyakit paru–paru atau penyakit jantung. Pada penderita TB Paru batuk yang berkepanjangan merupakan sebuah reaksi tubuh atas ketidaknormalan yang terjadi pada paru-paru. Batuk juga bisa menandakan bahwa seseorang sedang mengalami gejala paru-paru hitam yang biasanya disertai rasa nyeri pada dada dan sesak nafas.

  1. Batuk berdahak

Sebenarnya ciri–ciri ini tidak hanya dialami oleh penderita saluran pernapasan saja, banyak juga penderita kelainan saluran pencernaan yang mengalami kondisi ini. Tapi, pada kasus TB paru biasanya batuk berdahak bercampur dengan darah yang dibarengi dengan gangguan sesak napas. Batuk berdarah bisa disebabkan karena adanya penyakit bronkitis dan batuk darah sendiri disebabkan karena adanya peradangan pada jaringan paru-paru.

  1. Demam

Demam banyak dialami oleh seseorang yang mengalami peradangan atau suatu infeksi di dalam tubuhnya. Pada penderita TB paru akan mengalami demam sebagai tanda bahwa paru-parunya tngah mengalami sebuah infeksi.

  1. Keringat berlebih

Tanda-tanda penyakit TB paru selanjutnya adalah keringat berlebih pada malam hari. Biasanya orang yang sehat akan memproduksi keringat yang berlebihan pada siang hari, namun pada penderita TB Paru akan mengalami keringat berlebihan pada malam hari disertai kondisi badan yang menggigil.

  1. Kehilangan nafsu makan

Kehilangan nafsu makan merupakan salah satu tanda penyakit TB paru selanjutnya. Pada penderita TB Paru kehilangan nafsu makan juga disertai oleh adanya penurunan berat badan. Penurunan berat badan bisa terjadi karena kurangnya asupan makanan serta adanya zat-zat yang dikeluarkan oleh kuman yang memecah caadangan makanan dalam tubuh.

  1. Nyeri pada dada

 Dengan gejala sesak napas, banyak orang yang sudah tahu bahwa penderita sedang mengalami ciri-ciri paru-paru tidak sehat. Ada banyak kelainan yang ditandai dengan nyeri pada dada, salah satunya adalah gejala peyakit asma atau TB paru. Mengalami sesak nafas pada penderita TB Paru diakibatkan karena adanya bakteri yang bersarang di paru-paru yang menyebabkan oksigen tidak dapat didistribusikan dengan baik.

Sponsors Link

  1. Cepat lelah

Seseorang yang mengalami keadaan cepat lelah juga bisa menandakan bahwa dirinya sedang mengalami kondisi paru–paru yang tidak sehat. Penderita akan merasa lelah ataupun lesu padahal dirinya sedang tidak melakukan aktifitas berat. Selain itu ciri-ciri anak terkena bronkitis juga mengalami gejala ini.

Jika kalian telah merasakan tanda-tanda penyakit TB paru pada tubuh kalian, ada baiknya supaya segera memeriksakan diri ke dokter. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan guna menyembuhkan kalainan pada paru–paru kalian seperti penyakit TBC, bronchitis, asma ataupun emfisema. Selain itu kalian juga bisa melakukan latihan pernafasan sebagai salah satu cara meningkatkan kapasitas paru–paru dan sebagai salah satu  cara menjaga agar paru–paru tetap sehat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tuberkulosis