9 Tanda-tanda Sesak Nafas yang Perlu Kalian Sadari

Banyaknya paparan debu dan polusi seringkli membuat saluran pernafasan kita mengalami ciri – ciri paru – paru tidak sehat seperti sesak nafas yang nantinya bakal mempengaruhi tubuh menderita penyakit saluran pernafan seperti gejala pleuritis, gejala penyakit emfisema, ataupun kompliksi bronchitis. Untuk itu penting untuk kalian mengetahui tanda-tanda penyakit sesak nafas agar penangannya bisa dilakukan secepat dan sesegera mungkin. Apa saja Tanda-tanda Sesak Nafas yang patut menjadi perhatian kita?.

1. Kesulitan menghirup udara

Orang yang memiliki sesak nafas biasanya sering ditandai dengan kondisi yang menyulitkan mereka saat menghirup udara dikarenakan saluran pernafasannya mengalami penyempitan. Penyempitan saluran pernafasan bisa disebabkan karena debu atau alergan lainnya.

1. Suara ngik terdengar saat bernafas

Suara ngik yang terdengar saat bernafas juga bisa menjadi ciri-ciri sesak nafas. Bahkan dalam beberapa penyakit yang butuh penanganan serius seperti penyakit jantung juga menampakkan gejal mengi. Perhatikan diri kalian, jika saat bernafas terdengar bunyi ngik itu artinya kalian sedang mengalami kelainan pada paru-paru ataupun jantung. Kalian bisa mencoba cara menghilangkan mengi dengan mengoleskan minyak kayuputih ke dada.

1. Sesak nafas saat malam hari

Sesak nafas bisa terjadi pada saat malam hari. Umumnya gejala sesak nafas pada malam hari sama saja dengan gejala nafas pada umumnya. Kondisi yang demikian bisa terjadi pada tubuh kalian karena adanya perubahan suhu udara pada malam hari yang menjadi lebih dingin dari siang hari.

1. Cepat lelah

Seseorang yang mengalami keadaan cepat lelah juga bisa menandakan bahwa dirinya sedang mengalami kondisi paru–paru yang tidak sehat. Penderita akan merasa lelah ataupun lesu padahal dirinya sedang tidak melakukan aktifitas berat.

1. Nafas pendek-pendek

Ngos-ngosan atau nafas terlihat pendek-pendek. Dalam waktu yang singkat kalian akan sering sekali terlihat mengambil nafas dalam-dalam. Itu bisa jadi pertanda bahwa adanya gangguan pada saluran pernafasan yang mengakibatkan udara yang dihirup tak sebanding dengan kerja saluran pernafasannya sehingga membuat diri kalian ngos-ngosan.

1. Sulit tidur

Tanda-tanda penyakit sesak nafas pada seseorang selanjutnya yaitu kesulitan tidur pada malam hari. Umumnya orang yang menderita sesak nafas akan mengalami kesulitan saat menghirup udara, kondisi tersebut akan bertambah parah saat udara menjadi dingin pada saat malam hari.

1. Terasa terbakar pada bagian ulu hati

Biasanya tanda yang satu ini dirasakan oleh mereka yang menderita sesak nafas karena adanya permasalahan asam lambung yang naik. Asam lambung yang naik menyebabkan saluran pernafasan terisi cairan dan secara reflex tubuh akan menolak keberadaan cairan tersebut yang menyebabkan seseorang terkena sesak nafas.

1. Muncul keringat dingin

Tidak semua penyakit sesak nafas ditandai dengan gejala yang satu ini. Umumnya hanya sesak nafas yang disebabkan oleh penyakit jantung saja yang menunjukkan gejala ini.

1. Nyeri pada dada

Pada penderita sesak nafas karena serangan jantung nyeri pada dada dapat menjalar sampai ke bahu dan ke punggung belakang. Sedangkan pada penderita sesak nafas karena asam lambung yang naik, sesak nafas hanya berpusat pada daerah dada dan ulu hati.

9 tanda-tanda sesak nafas yang perlu kalian sadari di atas akan berbeda pada setiap individu. Jadi pastikan kalian mengetahui apa saja yang menyebabkan terjadinya tanda-tanda tersebut. Sesak nafas bisa terjadi karena beberapa hal seperti sesak nafas karena alergi makanan, bulu hewan, bunga atau suatu penyakit tertentu yang sangat berguna sekali untuk mengetahui  penyebab asma kambuh jika kalian memiliki riwayat penyakit asma.

, , , , , ,
Kategori : Sesak Nafas