Sponsors Link

6 Terapi Pneumonia Yang Sangat Di Anjurkan

Sponsors Link

Pneumonia adalah infeksi paru yang menjadi ancaman terbesar untuk kematian manusia, terutama pada anak. Tentu saja ini menjadi kekhawatiran bagi sebagian orang tua. Penyebabnya pun umum, yaitu infeksi paru yang disebabkan bakteri, virus dan jamur.

ads

Penderita pneumonia akan merasakan dada sesak, batuk –batuk dan bahkan kadang hingga merasa mual dan muntah. Untuk meminimalisir gejala awal pneumonia yang dialami oleh penderita, berikut beberapa cara dalam terapi pneumonia:

1. Meredakan Batuk

Batuk merupakan salah satu gejala penyakit pneumonia. Dan batuk pada penderita pneumonia memiliki intensitas yang tinggi sehingga dapat mengganggu waktu istirahat si pasien yang kemudian akan berdampak pada proses penyembuhan nya. Berikut adalah cara mengobati batuk pada pneumonia:

  • Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat  membantu menghilangkan lender pada tenggorokan anda dan meredakan iritasi. Cara membuat:

  1. Larutan ½ std garam ke dalam segelas air hangat
  2. Bekumurlah selama + 30 detik
  3. Ulangi 3 kali sehari
  • Meminum the peppermint, eukaliptus, atau fenugreek

Bahan – bahan herbal ini memiliki fungsi menenangkan pada tenggorokan dan menghilangkan lendir pada tenggorokan. Cara membuatnya adalah :

  • Cuci dan potong daun mint segar dan letakkan pada teko atau cangkir
  • Tambahkan air mendidih dan diamkan selama 5 menit
  • Saring dan sajikan dengan tambahan lemon, madu ataupun susu sesuai selera anda.

2. Mengatasi napas yang pendek

Seorang penderita pneumonia tentu saja memiliki napas yang cepat dan pendek karena pneumonia merupakan penyakit yang menyerang paru – paru. Untuk mengatasi napas yang pendek  ada beberapa acara, antara lain:

3. Mengonsumsi kafein

Dalam kafein terdapat senyawa  yang mirip dengan bronkodilator yang disebut teofilin yang berfungsi untuk memperlancar pernapasan. Maka, dengan mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti the hitam, teh hijau maupun kopi dapat membantu membuka saluran udara di paru – paru yang berpengaruh terhadap membukanya saluran udara  paru – paru yang bisa melegakan pernafasan. Efek yang diberikan kafein dapat bertahan selama 4 jam.

Sponsors Link

4. Menghirup udara hangat dan lembap

Menghirup udara hangat dan lembap dapat melegakan saluran pernapasan sehingga napas terasa longgar. Anda dapat menghirup uap dari segelas air panas atau secangkir the panas.

5. Menggunakan kipas angin genggam

Sebuah study pada tahun 2010 menemukan bahwa penggunaan kipas angin genggam dapat melegakan pernafasan. Sensasi dingin pada wajah yang dihasilkan oleh kipas angin genggam dapat memberikan rasa longgar pada sesak napas.

6. Meredakan nyeri dada

Nyeri dada juga merupakan salah satu gejala yang umum dialami oleh penderita pneumonia. Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa hal antara lain: 

Sponsors Link

  • Meminum teh kunyit

Teh kunyit terbukti dapat mengatasi peradangan yang menjadi penyebab nyeri dada. Cara membuat the kunyit adalah :

  1. Campurkan 1 std bubuk kunyit dengan air mendidih
  2. Biarkan tercampur rata dan aduk perlahan
  3. Saring the kunyit
  4. Tambahkan sedikit lada hitam untuk meningkatkan penyerapan.
  • Teh jahe

Selain teh kunyit, teh jahe juga ampuh dalam mengatasi nyeri dada. Cara membuat teh jahe adalah :

  • Didihkan potongan jahe selama 20 menit
  • Angkat dan saring potongan jahe

Demikian beberapa cara terapi pneumonia yang dapat dilakukan di rumah. Anda dapat memanfaatkan bahan –bahan yang tersedia di rumah dan hindari segala hal yang bekaitan dengan bahaya infeksi paru-paru lainnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pneumonia