Sponsors Link

Ini Dia 6 Terapi untuk Sesak Nafas yang Tepat dan Cepat

Sponsors Link

Kalian sering mengalami sesak nafas dan bingung bagaimana cara mengatasinya?. Sesak nafas sendiri adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk bernafas dikarenakan sistem pernafasannya tidak berjalan dengan normal. Sesak nafas sendiri merupakan kondisi yang umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari yang bisa disebabkan karena kelelahan, emosi yang meletup-letup atau paparan polusi.

ads

Namun sesak nafas yang berkepanjangan seringkali mengganggu aktivitas seseorang bahkan sesak nafas yang sudah berjalan cukup lama bisa menjadi pertanda bahwa sedang mangalami ciri-ciri paru-paru tidak sehat. Untuk itu penting bagi kalian untuk mengetahui obat apa yang tepat untuk mengatasi sesak nafas yang diderita, bahkan tak jarang banyak orang yang lebih memilih menggunakan metode pengobatan seperti mengonsumsi ramuan herbal untuk sesak nafas atau  melakukan terapi untuk sesak nafas.

Khusus pada artikel ini kami akan memberikan informasi kepada kalian metode terapi apa saja yang dapat menyembuhkan sesak nafas.

1. Terapi uap air panas

Terapi uap air panas adalah salah satu terapi untuk sesak nafas yang sangat mudah sekali dilakukan. Caranya mudah saja kalian hanya perlu menyiapkan air panas atau air hangat yang masih mengeluarkan uap lalu dicampurkan dengan sedikit minyak kayu putih atau essensial oil sesuai selera.

Setalah itu kalian bisa membungkukkan wajah kalian tepat di atas wadah yang telah terisi air tersebut dan biarkan uap memasuki hidung kalian. Uap air panas yang mengandung aroma minyak kayu putih atau essensial oil dapat membantu paru-paru lebuh rileks sehingga lendir dan kotoran serta peradangan yang terjadi dapat teratasi. Terapi uap panas juga dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan mengi tanpa obat loh.

2. Terapi pijat

Walaupun terapi yang satu ini mudah dilakukan, tetap lebih baik supaya kalian melakukannya dengan bantuan tenaga ahli. Umumnya mereka adalah tukang pijat yang memang sudah paham titik-titik syaraf yang terhubung langsung dengan paru-paru. Terapi ini pun tidak begitu sulit karena terapis hanya akan menekan atau memijat bagian-bagian yang bersangkutan seperti telapak kaki atau jari-jari tangan.

3. Terapi oksigen

Terapi oksigen adalah jenis terapi uang banyak dianjurkan oleh dokter saat seseorang yang mengalami sesak nafas tiba-tiba sudah berada dalam kondisi yang darurat. Tujuan dilakukannya terapi ini adalah supaya penderita sesak nafas tersebut dapat menghirup oksigen dengan maksimal lagi dan menghindarinya dari kematian karena kekurangan oksigen.

4. Terapi antibiotik

Dokter umumnya akan memberikan terapi antibiotik berdosis tinggi untuk kalian yang mengelami tanda-tanda sesak nafas dengan tingkat yang cukup mengkhawatirkan. Tujuannya adalah supaya bakteri di dalam paru-paru yang menyebabkan sesak nafas dapat dibunuh dan dikurangi dengan pemberian antibiotik. 

Sponsors Link

5. Terapi pernafasan

Terapi pernafasan dapat kalian lakukan untuk menenangkan emosi yang sedang melanda kalian. Seperti yang sudah diketahui bahwa esmosi juga merupakan salah satu penyebab asma kambuh pada diri seseorang. Adapun metode terapi pernafasan yang dapat kalian pilih antara lain yoga ataupun buteyko. Tentu terapi pernafasan ini membutuhkan fisioterapis yang ahli dan berpengalaman sehingga dapat mempengaruhi kondisi tubuh kalian.

6. Terapi totok punggung

Terapi totok punggung sangat mudah sekali dilakukan. Walau begitu, kalian tetap membutuhkan orang lain untuk melakukannya. Caranya mudah, kalian hanya perlu duduk dengan tenang. Kemudian biarkan orang lain berada di belakang tubuh kalian.

Dan mintalah dia untuk menotok bagian punggung antara tulang belakang yang bertepatan dengan posisi paru-paru. Totok bagian tersebut sampai gumpalan lemak yang terasa menonjol berangsur-angsur memudar. Dengan begitu sesak nafas yang kalian derita bisa cepat sembuh.

6 terapi untuk sesak nafas yang tepat dan cepat di atas adalah terapi yang sebenarnya sangat mudah sekali dilakukan. Namun alangkan lebih baik jika kalian tetap berusaha menjaga kesehatan paru-paru kalian dengan cara meningkatkan kapasitas paru-paru kalian agar lebih maksimal dalam menghirup oksigen serta dengan rutin berolah raga dan berhenti merokok.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan